Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI
Perbankan

8 Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI

Dari banyaknya pengguna rekening bank BRI, pasti pernah mengalami rekening dormant atau rekening pasif. Adapun hal yang dimaksud dengan rekening dormant adalah rekening yang tidak pernah melakukan transaksi kurang lebih 540 hari, sehingga dari pihak bank BRI menonaktifkan atau memblokirnya secara sementara.

Namun dalam rekening BRI dormant ini, hanya berlaku bagi nasabah yang tidak memiliki saldo di bawah minimum pada rekeningnya. Dengan adanya jumlah saldo di bawah minimum pada rekening BRI anda, tentu saja nasabah tidak dapat membayarkan biaya administrasi setiap bulannya sehingga secara otomatis pihak bank BRI akan menonaktifkan rekening sementara.

Untuk ciri-ciri yang mudah dipahami oleh nasabah mengenai rekening dormant yakni apabila anda melakukan transaksi melalui ATM dan layar akan memunculkan transaksi gagal (rekening dormant). Dengan adanya permasalahan rekening dormant ini, maka nasabah tidak dapat melakukan transaksi sementara.

Nah dengan adanya permasalahan tersebut, sebaiknya nasabah tidak perlu khawatir karena terdapat solusinya atau cara mengatasinya. Adapun cara mengatasi rekening BRI dormant, silahkan simak ulasan ViralOrcard.com di bawah ini:

Ciri-Ciri Rekening BRI Dormant

Sebelum masuk pada inti pembahasan mengenai cara mengatasi rekening BRI dormant, sebaiknya nasabah ketahui terlebih dahulu ciri-cirinya agar dapat memastikan bahwa rekening anda terjadi dormant atau tidaknya. Adapun ciri-ciri rekening dormant, sebagai berikut

  1. Pada saat melakukan transaksi di ATM maka layar ATM akan menampilkan informasi bahwa transaksi telah gagal dikarenakan “Rekening Dormant” atau “Rekening Pasif”
  2. Tidak bisa menerima transfer dari rekening lain sehingga transfer menjadi gagal
  3. Pada saat melakukan penyetoran tunai di mesin Cash Deposit Machine (CDM), maka layar akan menampilkan informasi bahwa dana yang disetor tidak berhasil masuk di rekening.

Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI

 Cara Mengaktifkan Rekening BRI Dormant

Setelah mengetahui ciri-ciri rekening dormant, sebaiknya anda segera atasi permasalahan ini. Adapun cara mengaktifkan rekening BRI dormant cukuplah mudah, karena nasabah hanya tinggal mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan.

Untuk persyaratan yang harus terkumpulkan dalam mengatasi rekening dormant, yaitu meliputi kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Paspor, buku rekening tabungan, serta kartu ATM. Setelah persyaratan terkumpul, silahkan datangi kantor cabang bank BRI tanpa adanya perwakilan atau harus pemilik rekeninglah yang mengurusnya.

Kemudian, untuk langkah-langkah cara mengaktifkan rekening BRI dormant sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan
  2. Sesampainya di kantor bank, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju customer service dan tunggulah hingga nomor antrian anda terpanggil
  3. Jika nomor antrian anda telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni ingin mengaktifkan kembali rekening pasif atau rekening dormant
  4. Petugas customer service akan meminta anda untuk menyerahkan beberapa dokumen persyaratan yang telah disiapkan
  5. Untuk proses pengaktifkan kembali rekening dormant, maka petugas customer service akan melakukan verifikasi data diri anda
  6. Silahkan lakukan pengisian formulir yang telah diberikan petugas customer serive. Isilah formulir tersebut dengan data yang sesuai dan lakukan tanda tangan pada formulir tersebut
  7. Ketika proses pengaktifan rekening dormant berhasil, petugas customer service akan menginformasikan kepada anda bahwa rekening BRI anda telah aktif kembali
  8. Untuk menghindari terjadinya permasalahan rekening dormant, silahkan lakukan penyetoran dengan jumlah minimal Rp 100.000.

Kesimpulan

Di atas merupakan langkah mudah yang dapat anda lakukan dalam mengatasi rekening BRI dormant atau pasif. Meskipun, mengatasi rekening dormant cukuplah mudah sebaiknya nasabah harus tetap mempehatikan rekeningnya atau janganlah memiliki saldo di bawah minimum, serta tidak adanya riwayat transaksi yang telah ditentukan oleh pihak bank.

FAQ 

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara mengatasi rekening BRI dormant, silahkan hubungi Call BRI di nomor 14017 / 1500017 dan simak halaman FAQ di bawah ini:

Hal apa yang terjadi ketika mengalami permasalahan rekening dormant atau pasif?

Tentu saja nasabah tidak dapat melakukan transaksi, baik setor tunai, tarik tunai. transfer, pembayaran, hingga transaksi lainnya.

Bagaimana cara mengatasi agar tidak terjadi rekening dormant?

cara mengatasinya yaitu uang yang ada di dalam rekening anda masih mencukupi untuk membayar biaya administrasi atau biaya bulanan rekening.

Apakah dalam menonaktifkan rekening dormant, nasabah akan mendapatkan rekening baru?

Tentu tidak. Nasabah tetap mendapatkan rekening lama bukan rekening baru karena pihak bank hanya perlu melakukan pengaktifan kembali saja atau sama halnya dengan ATM disable.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengaktifkan rekening BRI dormant. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda semua. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya mengenai “Cara Menjadi Agen BNI 46” serta artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *