Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja
Birokrasi

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja 2020 dan Syarat Pendaftaran

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja Berita yang sedang hangat di Indonesia yaitu pendaftaran kartu prakerja. Kartu prakerja merupakan sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki ketrampilan.

Kartu prakerja ini dimunculkan karena adanya pandemi virus corona di Indonesia, dan tujuan dari kartu ini yaitu membantu perekonomian warga Indonesia. Masyarakat yang berhak mendaftar kartu prakerja yaitu mulai dari pekerja, pencari kerja, pelaku usaha kecil dan mikro yang terdampak dari covid 19.

Untuk program kartu prakerja ini, pemerintah telah menyediakan dana sebesar 20 triliun dengan target sebanyak 5,6 juta orang di Indonesia. Selain itu, pemerintah menyediakan kuota kepada masyarakat Indonesia sebanyak 164.000 setiap minggunya untuk mendaftar kartu prakerja.

Hadirnya kartu prakerja menjadi solusi yang paling tepat untuk mengatasi PHK masal yang disebabkan oleh virus corona. Namun saat ini program kartu prakerja masih dalam tahap awal sehingga wajar apabila kuotanya terbatasi. Kami yakin kedepannya akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang mendapatkan kartu tersebut.

Banyak orang yang tertarik membuat kartu prakerja karena intensif yang diberikan. Namun sebenarnya bukan itu saja tujuan utama hadirnya kartu prakerja, yakni sebagai sarana pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, sesuai dengan yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja.

Persaingan dunia kerja memang semakin berat. Bagi yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi, tentu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Nah bagi kalian yang tertarik mendapatkan kartu tersebut, silahkan simak informasi yang kami rangkum pada artikel berikut ini.

Tutorial Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja
Cara Mendaftar Kartu PraKerja

1. Waktu Pendaftaran

Kapan tanggal pendaftaran kartu prakerja? pendaftaran kartu prakerja telah dibuka sejak tanggal 11 April 2020 hingga 16 April 2020 atau pergelombang setiap minggunya. Nah, bagi yang telah terlewati tanggal tersebut, tidak perlu khawatir karena selalu dibuka setiap minggunya atau gelombang selanjutnya hingga akhir gelombang pendataran minggu ke-4 bulan November 2020.

Selanjutnya, bagi yang telah mendaftar digelombang pertama, pengumuman peserta yang lolos diumumkan di tanggal 17 April 2020. Untuk pendaftar gelombang berikutnya, peserta yang lolos diumumkan satu hari setelah pendaftaran gelombang tersebut ditutup.

Bagi peserta yang gagal juga tidak perlu khawatir nih, karena diberi kemudahan untuk dapat mendaftar digelombang berikutnya. Jumlah gelombang pendaftaran kartu prakerja cukuplah banyak, hingga 30 gelombang pendaftaran.

2. Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja
Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

Syarat pendaftar kartu prekerja cukup simpel yaitu:

  • Sebagai warga negara Indonesia
  • Calon pendaftar memiliki usia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak terlibat atau mengikuti pendidikan formal

3. Intensif yang Diberikan

Intensif Kartu Prakerja
Intensif Kartu Prakerja

Intensif atau jumlah yang diberikan kepada pemilik kartu prakerja terbilang cukup banyak yaitu Rp 3.550.000 per-orang. Namun, dari jumlah nominal tersebut dibayarkan dalam bentuk cicilan selama 4 bulan atau di era pandemi covid 19 saja.

Untuk rincian pembayarannya sebagai berikut:

  • Mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra
  • Intensif penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 perbulan selama 4 bulan (Rp 2.400.000)
  • Intensif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 persurvei 3 kali survei (Rp 150.000)
  • Intensif tunai akan ditransfer melalui rekening bank, e-wallet Link Aja, Ovo atau GoPay milik peserta.

4. Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Terdapat 3 tahapan untuk berhasil mendaftar kartu prakerja. Tiga tahapan tersebut, sebagai berikut:

Membuat Akun Prakerja

  1. Silahkan masuk ke situs pendaftaran resmi www.prakerja.go.id
  2. Masukkan nama lengkap, alamat email, serta kata sandi baru
  3. Silahkan cek email anda, dan ikutilah langkah atau petunjuk untuk konfrimasi akun email
  4. Setelah konfrimasi akun berhasil, silahkan masuk lagi ke situs www.prakerja.go.id.

Mengisi Data Diri

  1. Silahkan masuk ke akun anda dengan memasukkan email serta kata sandi baru yang telah dibuat
  2. Masukkan nomor KTP, tanggal lahir, jika sudah klik menu “Berikutnya”
  3. Silahkan isi data diri anda secara lengkap pada formulir pendafatran kartu prakerja, antara lain: nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, foto selfie dengan memegang KTP. Jika telah mengisi formulir tersebut, silahkan klik menu “Berikutnya”
  4. Kemudian, masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS

Mengikuti Tes

  1. Silahkan ikuti tes tentang kemampuan dasar selama 15 menit dan jangan lupa siapkan alat tulis serta kertas bila diperlukan
  2. Setelah menyelesaikan tes, silahkan tunggu email masuk dari prakerja
  3. Jika telah mendapatkan email, silahkan masuk pada situs www.prakerja.go.id dan gabunglah ke gelombang pendaftaran
  4. Ketika langkah di atas telah terlewati, peserta tinggal menunggu notifikasi tentang diterima atau tidaknya anda sebagai peserta kartu prakerja di tahun 2020.

Apabila masih bingung dengan penjelasan kami mengenai cara mendapatkan kartu Prakerja, silahkan kalian menyimak video di atas. Pada intinya cara mendapatkan kartu prakerja harus melewati tes terlebih dahulu untuk membuktikan apakah seseorang layak mendapatkan kartu Prakerja atau tidak.

Selesai nih untuk cara mendapatkan kartu prakerja. Informasi di atas tidak hanya cara mendaftarnya saja, namun juga waktu pendaftaran, syarat pendaftar, besesaran  intensif yang diberikan hingga langkah detail pendaftaran kartu Prakerja yang terbagi menjadi tiga step

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Kredit Hp di Home CreditSyarat Pengajuan KPR BRI
Syarat Pengajuan KUR BRI Syarat Pengajuan KUR Mandiri

Nah cukup sekian informasi viralorchard.com kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi referensi bagi kalian yang bingung bagaimana cara mendapatkan kartu Prakerja. Apabila sudah berhasil mendapatkan kartu Prakerja, maka kalian tinggal memanfaatkan kartu tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *