Cara Mendapatkan Kartu Brizzi
Digital Payment

8 Cara Mendapatkan Kartu Brizzi : Harga, Fungsi & Cara Menggunakan

Cara Mendapatkan Kartu Brizzi – Uang elektronik saat ini sedang marak digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial. Mereka menganggap melalui uang elektronik segala pembayaran dan transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Bank BRI menjadi salah satu perusahaan perbankan milik pemerintah Indonesia yang menyediakan pelayanan kartu Brizzi. Melalui kartu Brizzi, pengguna tidak perlu menyediakan uang tunai untuk melakukan transaksi. Cukup dengan menempelkan kartu ke mesin EDC, maka transaksi dapat berhasil dalam waktu singkat.

Kerennya dari kartu Brizzi ini yakni dapat dimiliki oleh siapapun tanpa harus memiliki rekening bank BRI. selain itu, transaksi yang dapat dilakukan di berbagai merchant yang jumlahnya terus bertambah. 

Cara mendapatkan kartu Brizzi cukuplah mudah, karena saat ini telah tersedia di berbagai merchant-merchant. Namun, sebelum anda mengetahui cara mendapatkan kartu tersebut, silahkan simak terlebih dahulu beberapa keuntungan memiliki kartu Brizzi di bawah ini.

Kartu Brizzi

Keuntungan Memiliki kartu Brizzi

Banyak generasi milenial yang melek atas uang elektronik Brizzi, karena mereka menganggap banyak keuntungan yang dapat dinikmati. Adapun keuntungan-keuntungan yang dimiliki oleh kartu Brizzi, sebagai berikut:

  1. Pemilik kartu Brizzi tidak hanya pemilik rekening bank BRI saja, tetapi semua elemen masyakat Indonesia bisa memilikinya
  2. Saldo yang terdapat di kartu Brizzi dapat di isi ulang atau Top Up dengan mudah
  3. Pemilik kartu Brizzi dapat mengisi ulang saldo melalui rekening BRI, bank lain, hingga merchant yang bekerjasama dengan Brizzi
  4. Kartu Brizzi tidak hanya digunakan pembayaran jalan tol, tetapi dapat dilakukan untuk transaksi di merchant yang bekerjasama dengan Brizzi
  5. Melalui kartu Brizzi maka dapat mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari Rp 1 hingga Rp 2.000.000
  6. Pemilik kartu Brizzi dapat menikmati berbagai promo
  7. Melakukan pembayaran dengan Brizzi, pengguna cukup menempelkan kartu pada mesin EDC sehingga dapat memudahkan serta mempersingkat waktu transaksi.
  8. Pemilik kartu Brizzi tidak akan dikenakan biaya adminstrasi per bulan

Fungsi Kartu Brizzi

Terdapat beberapa fungsi yang dapat dinikmati melalui kartu BRI Brizzi. Adapun fungsi-fungsi kartu Brizzi, sebagai berikut:

  1. Dapat digunakan untuk pembayaran transportasi umum seperti MRT, KRL, hingga TransJakarta
  2. Dapat digunakan untuk pembayaran e-Toll area Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Palikanci, Bali, Surabaya, hingga Makasar
  3. Kartu BRI Brizzi dapat digunakan untuk pembayaran bahan bakar kendaraan di SPBU
  4. Bisa digunakan untuk pembayaran parkir TPE (Tempat Parkir Elektronik)
  5. Melalui kartu BRI Brizzi anda dapat menggunakannya untuk pembayaran makan di restoran
  6. Kartu BRI Brizzi dapat digunakan untuk pembayaran wahana wisata
  7. Kemudian, kartu BRI Brizzi bisa digunakan untuk transaksi di toko-toko seperti toko buku, elektronik, hingga minimarket yang telah bekerjasama.

Cara Mendapatkan Kartu BRI Brizzi

Untuk mendapatkan kartu Brizzi terbilang cukup mudah, karena pihak BRI telah memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Anda bisa mendapatkan kartu Brizzi di kantor cabang BRI terdekat
  2. Kartu Brizzi bisa didapatkan di minimarket Alfamart atau Indomaret terdekat
  3. Berikutnya, anda bisa mendapatkan kartu Brizzi melalui sales representative Brizzi di berbagai gerbang toll tertentu
  4. Kartu Brizzi bisa di dapatkan di stasiun kereta terdekat dari tempat tinggal anda
  5. Selain itu, kartu Brizzi juga bisa didapatkan di halte-halte TransJakarta
  6. Kemudian, anda bisa mendapatkan kartu Brizzi di berbagai merchant atau marketplace yang telah bekerjasama
  7. Selanjutnya, kartu Brizzi bisa anda dapatkan di Vending machine untuk e-Money.
  8. Anda bisa mendapatkan kartu Brizzi di berbagai toko online, seperti Tokopedia, BliBli, Shopee, dll

Harga Kartu Brizzi

Harga Kartu Brizzi

Kemudian soal harga, anda bisa membeli kartu Brizzi dengan harga termurah sekitar Rp. 25.000. Harga kartu tersebut merupakan harga kartu kosong, belum termasuk saldo. Selain itu, Bank BRI juga menyediakan kartu Brizzi edisi khusus yang biasanya dibanderol lebih mahal.

Bisa dikatakan harga kartu Brizzi tergantung dari gambar serta edisi yang dipilih. Bahkan di marketplace seperti Tokopedia tersedia kartu Brizzi Custom yang memungkinkan kita mencetak gambar sesuka hati. Harga kartu Brizzi Custom biasnya lebih mahal, sekitar Rp. 45-65 Ribu.

Tarif dan Limit Kartu Brizzi

Setelah mendapatkan kartu Brizzi maka langkah selanjutnya tinggal mengisi saldo agar bisa digunakan untuk bertransaksi. Namun sebelum mengisi saldo, silahkan simak terlebih dahulu tarif dan limit kartu Brizzi pada tabel di bawah ini.

JenisJumlah (Rp)
Biaya PerdanaRp. 20.000
Minimum Top Up NFC (Android)Rp. 100.000
Minimum Top Up Non NFCRp. 1
Saldo MinimumRp. 0
Saldo MaksimumRp. 2.000.000
Batas Maksimum Saldo TertundaRp. 10.000.000
Maksimum Top Up Per BulanRp. 20.000.000

Seperti yang anda lihat di atas, kartu Brizzi hanya bisa menyimpan saldo maksimum Rp. 2 Juta dengan maksimum top up per bulan mencapai Rp. 20 Juta. Nilainya cukup besar sehingga bisa diandalkan untuk bertransaksi di berbagai merchant yang menerima pembayaran menggunakan kartu Brizzi.

Menariknya lagi, kepemilikan kartu Brizzi tidak dikenakan biaya adminstrasi bulanan dan saldo yang tersimpan memiliki masa berlaku hingga 10 Tahun. Anda bisa menggunakannya sampai kapanpun selama kartu masih terbaca. Lalu bagiamana jika kartu rusak? apakah saldo akan hilang?

Apabila kartu rusak dan sudah tidak bisa terbaca maka anda bisa mengajukan penggantian kartu Brizzi di kantor cabang BRI terdekat. Nantinya saldo Brizzi yang lama akan dipindahkan ke kartu yang baru.

Penggantian kartu Brizzi tidaklah gratis. Mulai tanggal 1 Januari 2019, penggantian kartu Brizzi akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000. Namun apabila nasabah memiliki kartu pengganti yang kondisinya bagus maka tidak perlu membayar biaya penggantian.

Cara Isi Ulang Saldo Brizzi

Setelah mendapatkan kartu Brizzi maka anda sudah bisa menggunakanya untuk pembayaran atau transaksi. Namun, untuk melakukan itu semua maka anda membutuhkan saldo Brizzi yang mencukupi.

Untuk itu, anda harus mengisi ulang saldo Brizzi terlebih dahulu dan kami akan memberikan cara pengisian ulang saldo Brizzi melalui Minimarket Alfamart atau Indomaret. Adapun cara-caranya sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi minimarket Alfamart atau Indomart terdekat dengan membawa kartu Brizzi
  2. Silahkan datangi kasir minimarket dan beritahu tujuan anda yakni isi ulang saldo Brizzi
  3. Petugas kasir minimarket akan memproses isi ulang saldo dan serahkan kartu Brizzi kepada petugas kasir
  4. Petugas kasir akan menanyakan kepada anda mengenai nominal pengisian uang saldo Brizzi dan silahkan berikan uang tunai kepada petugas kasir untuk proses pembayaran isi ulang kartu Brizzi
  5. Jika proses isi ulang saldo Brizzi berhasil, maka petugas kasir akan memberikan struk sebagai bukti transaksi.

Selain melalui mesin EDC yang tersedia di Indomaret dan Alfamart, pengisian saldo Brizzi juga bisa dilakukan melalui ATM, Internet Banking, dan SMS/Mobile Banking. Untuk mengetahui cara isi ulang saldo Brizzi secara lengkap, silahkan simak informasi berikut “Cara Top Up Kartu Brizzi”.

Cara Menggunakan Kartu Brizzi

Setelah melakukan pengisian saldo, maka kartu Brizzi bisa langsung digunakan untuk bertransaksi di berbagai merchant yang menyediakan metode pembayaran Brizzi. Cara menggunakan kartu ini sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkannya ke alat EDC yang tersedia di setiap merchant.

Sebelum bertransaksi, anda bisa terlebih dahulu mengecek saldo Brizzi melalui mesin EDC. Setelah itu tinggal menempelkan kartu Brizzi ke mesin EDC dan secara otomatis transaksi akan diproses. Anda tidak perlu memasukan pin terlebih dahulu sehingga transaksi lebih mudah dan lebih cepat.

Dari segi keamanan sebenarnya sangat kurang. Seharusnya kartu Brizzi dilengkapi PIN layaknya kartu ATM. Sebab apabila kartu hilang maka saldo Brizzi bisa digunakan oleh orang lain. Terlebih kartu yang hilang tidak bisa diblokir ataupun diganti dengan kartu yang baru.

Kesimpulan

Kami sarankan untuk mengisi saldo Brizzi seperlunya saja. Jangan menimbun saldo untuk mengantisipasi kartu hilang. Nah apabila masih ada pertanyaan silahkan mengakses situs resmi BRI Brizzi dan menyimak  halaman FAQ di bawah ini.

Apa Itu Brizzi?

BRIZZI merupakan uang elektronik yang disediakan Bank BRI sebagai pengganti uang tunai.

Apa Fungsi Kartu Brizzi?

Pada intinya kartu Brizzi berfungsi sebagai alat pembayaran untuk membayar transaksi belanja atau transaksi lainnya di Merchant yang bekerjasama dengan Brizzi.

Berapa Maksimal Saldo Kartu Brizzi?

Maksimal Rp. 2.000.000 dan dengan maksimum top-up per bulan mencapai Rp. 20.000.000

Apakah Saldo Kartu Brizzi Bisa Diuangkan?

Tidak bisa, saldo yang sudah ada di kartu Brizzi hanya bisa digunakan untuk belanja atau membayar suatu barang di merchant Brizzi.

Apakah Kartu Brizzi Bisa Untuk Transfer?

Tidak bisa. Anda hanya bisa menggunakannya untuk belanja atau pembayaran lainnya

Apakah Kartu Brizzi Dilengkapi PIN?

Tidak, oleh karena itulah anda harus hati-hati jangan sampai kartu hilang

Apakah Kartu Yang Hilang Bisa Diblokir?

Sayangnya tidak bisa. Kehilangan kartu menjadi tanggung jawab Pemegang Kartu sepenuhnya.

Apakah Kartu Brizzi Dikenakan Biaya Admin Bulanan?

Pemilik kartu Brizzi tidak dikenakan biaya admin bulanan (gratis)

Nah demikianlah informasi seputar kartu Brizzi. Simak pula informasi sebelumnya mengenai “Cara Top Up E-Money Mandiri ” yang notabennya memiliki fungsi sama persis dengan kartu Brizzi, yakni sebagai uang digital atau uang elektronik. Bedanya Brizzi di sediakan Bank BRI dan E-Money merupakan produk dari Bank Mandiri.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *