Cara Membuka Blokir ATM BCA
Perbankan

Cara Membuka Blokir ATM BCA Tanpa ke Bank

Cara Membuka Blokir ATM BCA  – Penggunaan ATM sebagai alat transaksi perbankan sudah banyak digunakan oleh warga Indonesia. Banyak para pemilik kartu ATM di Indonesia merasa dimudahkan dalam melakukan segala transaksi perbankan, seperti setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran, hingga investasi.

Dalam penggunaan kartu ATM untuk bertransaksi, pengguna akan dibekali nomor PIN rahasia yang terdiri dari enam digit angka. Nomor PIN ATM tersebut bertujuan untuk mengamankan serta menyamankan anda dalam bertransaksi.

Meskipun telah diamankan serta dinyamankan dengan PIN ATM, tetapi masih banyak pemilik ATM yang teledor pada penggunaan ATM untuk bertransaksi. Dari ketledoran penggunaan PIN ATM dapat mengakibatkan kartu ATM anda terblokir oleh sistem.

Biasanya kesalahan ini disebabkan oleh pengguna yang salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali secara berurutan. Jika kartu ATM telah terblokir oleh sistem, maka segala transaksi di mesin ATM atau mesin EDC tidak bisa digunakan kembali.

Kejadian-kejadian seperti ini seringkali terjadi oleh pemilik kartu ATM bank-bank yang ada di Indonesia, salah satunya adalah pemilik ATM BCA. Nah untuk mengatasi hal ini, maka anda harus mereset atau mengaktifkan kembali kartu ATM BCA anda.

Lalu, bagaimana cara membuka blokir ATM BCA? Apakah bisa buka blokir tanpa ke bank? Nah bagi nasabah Bank BCA yang memiliki pertanyaan seperti itu, silahkan simak jawabannya pada artikel viralorchard.com berikut ini.

Tutorial Cara Membuka Blokir ATM BCA

Cara Membuka Blokir ATM BCA Tanpa Ke Bank

Cara Buka Blokir ATM BCA Tanpa Ke Bank

Kesalahan memasukan PIN ATM menjadi penyebab utama kartu ATM terblokir. Apabila mengalami hal ini, maka nasabah bisa mencoba cara membuka blokir ATM BCA tanpa ke bank. Caranya cukup mudah, karena hanya perlu menghubungi call center BCA (Halo BCA).

Namun perlu diingat, cara ini hanya berlaku bagi nasabah bank BCA yang masih mengingat PIN ATM. Nantinya petugas Halo BCA akan melakukan reset PIN ATM yang terblokir dan membuka blokir kartu ATM BCA agar bisa digunakan kembali.

Sebelum menghubungi Halo BCA, pastikan memiliki pulsa yang cukup. Setiap panggilan akan dikenakan biaya sesuai tarif setiap provider. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan kartu ATM, buku rekening dan kartu identitas untuk menjawab pertanyaan dari petugas Halo BCA.

Setelah semuanya siap, maka tinggal mengikuti cara membuka blokir ATM BCA tanpa ke bank berikut ini.

  1. Silahkan lakukan telephone ke nomer Call Center BCA di nomor 150088
  2. Silahkan tunggu beberapa saat hingga petugas call center BCA mengangkat telephone anda
  3. Silahkan berikan maksud tujuan anda menghubungi call center BCA yakni membuka kartu ATM BCA yang terblokir
  4. Berikutnya, petugas call center akan menanyakan beberapa pertanyaan berupa data diri anda dan buku tabungan untuk proses verifikasi data. Biasanya petugas akan menanyakan nomor rekening, nama lengkap, alamat sesuai dengan KTP, nomor kartu ATM BCA anda, jumlah saldo terkahir, kapan terakhir melakukan transaksi serta lokasi terakhir transaksi
  5. Selain itu, petugas call center BCA juga akan menanyakan alasan kenapa kartu ATM bisa terblokir
  6. Jika proses pertanyaan telah dijawab dengan benar oleh anda, silahkan tunggu beberapa saat untuk proses reset kartu ATM oleh petugas call center BCA
  7. Jika proses reset atau unblock berhasil dilakukan, maka kartu ATM anda sudah bisa digunakan kembali untuk bertransaksi.

Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Terblokir Lewat Kantor Bank BCA

Bagi nasabah yang lupa dengan PIN ATM maka bisa membuka blokir ATM BCA melalui kantor cabang BCA terdekat. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa buka blokir ATM BCA di kantor cabang. Adapun persyaratannya silahkan simak di bawah ini.

  • Siapkan buku tabungan BCA anda
  • Siapkan kartu ATM yang anda miliki,  baik gold, silver, maupun platinum
  • Siapkan kartu identitas diri berupa KTP yang masih aktif.

Setelah menyiapkan semua persyaratan di atas, maka selanjutnya tinggal datang ke kantor cabang BCA terdekat dan mengikuti prosedur cara buka blokir ATM BCA berikut ini.

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa beberapa persyaratan di atas
  2. Sesampainya di kantor cabang bank BCA, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju ke customer service. Jika merasa kesulitan dalam pengambilan nomor antrian di mesin antri, maka nasabah dapat meminta bantuan kepada satpam bank BCA
  3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian anda terpanggil
  4. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni membuka kartu ATM yang terblokir
  5. Silahkan serahkan persyaratan-persyaratan berupa buku tabungan, kartu debit, serta KTP ke petugas customer service
  6. Petugas customer service akan memberikan beberapa pertanyaan sebagai proses verifikasi keamanan, yang meliputi tanggal lahir, nama lengkap, serta nama ibu kandung
  7. Selanjutnya, silahkan tunggu petugas customer service mereset kartu ATM anda kembali. Jika berhasil, maka kartu ATM BCA anda sudah bisa digunakan lagi untuk bertransaksi.

Cara Membuka Blokir Kartu ATM BCA Hilang/Rusak

Cara membuka blokir ATM BCA di atas berlaku bagi nasabah yang lupa PIN ATM. Lalu bagaimana dengan nasabah yang kartu ATM-nya terblokir dikarenakan hilang atau rusak? Apabila hal ini terjadi maka perlu penggantian kartu ATM.

Proses penggantian kartu ATM bisa dilakukan di kantor cabang BCA tedekat. Namun jika ada perubahan data pada KTP, maka pergantian Kartu ATM BCA harus di lakukan di cabang asal buka rekening.

Saat datang ke kantor cabang jangan lupa membawa persyaratan yang terdiri dari buku rekening, kartu ATM BCA, dan KTP asli. Selain itu, nasabah harus membayar biaya penggantian kartu ATM BCA, sesuai dengan jenis kartu ATM BCA yang dimiliki. Adapun biayanya silahkan simak di bawah ini.

  1. Kartu ATM BCA Silver : Rp10.000
  2. Kartu ATM BCA Blue : Rp10.000
  3. Kartu ATM BCA Gold : Rp15.000
  4. Kartu ATM BCA Platinum : Rp20.000
  5. Kartu ATM BCA Xpresi : Rp25.000

Owh yah hampir lupa, apabila kartu ATM hilang jangan lupa untuk membawa surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian. 

Kesimpulan

Demikian cara-cara yang dapat anda lakukan dalam proses pengaktifan kembali kartu ATM yang terblokir. Pesan saya, setelah kartu ATM berhasil unblock maka gunakan baik-baik dengan cara menjaga PIN ATM, mengingat PIN, serta merahasiakan PIN ATM kepada siapapun termasuk petugas bank.

Selain itu, anda harus mengganti PIN ATM secara berkala. Bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan simak informasi berikut “Cara Ganti PIN ATM BCA“. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara membuka blokir ATM BCA, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Kartu ATM BCA Yang Terblokir Bisa Diaktifkan Kembali?

Bisa. Apabila masih ingat dengan PIN ATM maka bisa membuka blokir ATM BCA lewat call center BCA di nomor 150088. Namun apabila lupa pin ATM maupun kartu ATM hilang atau rusak maka harus membuka blokir lewat kantor cabang terdekat.

Apa Saja Syarat Buka Blokir ATM BCA?

Syarat yang dibutuhkan adalaha buku tabungan, kartu atm, dan ktp asli. Silahkan bawa persyaratan tersebut ke kantor cabang.

Apa Penyebab Kartu ATM BCA Terblokir?

Mungkin dikarenakan salah memasukan PIN sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Selain itu, kartu ATM BCA bisa terblokir dikarenakan kartu atm hilang, tertelan, atau rusak.

Apakah Saldo Rekening Tetap Aman Saat Kartu Terblokir?

Saldo rekening tetap aman, jadi anda tidak perlu merasa takut ataupun khawatir.

Cukup sekian informasi viralorchard.com. Simak pula informasi sebelumnya mengenai “Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir” dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *