Cara Membuat Rekening BRI Syariah
Perbankan

Cara Membuat Rekening BRI Syariah 2020 dan Syarat Buka Tabungan

Cara Membuat Rekening BRI Syariah 2020 – Di Indonesia jenis bank terbagi menjadi dua, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank konvensional adalah bank yang memiliki sistem perbankan pada umumnya dan bank syariah adalah bank yang memiliki sistem keislaman sesuai dengan hadist dan alqur’an.

Dari banyaknya umat islam di Indonesia, bank-bank di Indonesia mengeluarkan jenis bank syariah yang kini mudah untuk didapatkan. Salah satu bank syariah yang mudah ditemukan adalah bank BRI Syariah.

Fungsi bank BRI Syariah sama seperti bank BRI Konvensioal. Bank BRI konvensional dan syariah, sama-sama melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan finansial dalam hal menabung atau menyimpan uang.

Dalam BRI Syariah, pihak bank telah mengeluarkan berbagai jenis rekening beserta persyaratannya jika anda ingin membuat rekeningnya. Adapun jenis-jenis dari tabungan dan syarat pembuatan rekening BRI Syariah sebagai berikut.

Syarat Membuat Rekening BRI Syariah

Syarat Membuat Rekening BRI Syariah
Syarat Membuat Rekening BRI Syariah

1. Tabungan Faedah Bris

Tabungan faedah bris merupakan jenis tabungan yang akan digunakan untuk kebutuhan transaksi. Nasabah faedah bris dapat menggunakan saldo tabungannya untuk keperluannya.

Pengguna faedah bris juga akan mendapatkan kartu ATM, sehingga lebih memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi. Untuk syarat yang diperlukan jika akan membuat tabungan faedah bris sebagai berikut:

  1. Memiliki KTP Elektronik aktif
  2. Memiliki NPWP
  3. Setoran awal pembuatan rekening adalah Rp 100.000

2. Tabungan Impian Bris

Tabungan Impian Bris adalah tabungan yang akan menyimpan uang anda dengan aman dan nyaman. Tabungan ini hanya memenuhi kebutuhan nasabahnya untuk menyimpan uang tanpa ada biaya administrasi setiap bulannya.

Nah untuk peryaratan pembuatan tabungan impian bris sebagai berikut:

  1. Memiliki KTP Elektronik aktif
  2. Memiliki NPWP
  3. Setoran awal sangat ringan yaitu Rp 20.000

3. Tabunganku BRI Syariah

Tabungan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan investasi para nasabahnya. Untuk sistem kerja tabungan BRI Syariah adalah bagi hasil atau Mudharabah, jadi nasabah akan tetap mendapatkan keuntungan bagi hasil terhadap uang yang didepositkan.

Persyaratan yang harus dilengkapi untuk mendaftar tabunganku BRI Syariah, sebagai berikut:

  1. Telah memiliki Tabungan Faedah
  2. Fotocopy KTP
  3.  Saldo Minimal yang dilakukan untuk berinvestasi sebesar Rp 2.500.000

4. Tabungan untuk Pelajar

Jenis tabungan ini sangat bermanfaat bagi anak, karena anak dilatih untuk menabung. Untuk mendapatkan tabungan ini cukup mudah, orangtua dapat mengajukan permohonan kepada pihak bank BRI Syariah.

Syarat pembuatan rekening Tabungan untuk Pelajar, sebagai berikut:

  1. Memiliki perjanjian kerjasama antara bank BRI Syariah dengan sekolah
  2. Melengkapi dokumen siswa seperti Kartu Keluarga, NISN, NIS dan untuk orang tua/ wali KTP
  3. Memiliki setoran awal Rp 1000

5. Tabungan Deposito BRI Syariah

Jenis tabungan Deposito BRI Syariah adalah tabungan yang cocok untuk keperluan yang akan datang atau pada masa depan. Persyaratan yang diperlukan untuk membuka tabungan Deposito BRI Syariah:

  1. Fotocopy KTP aktif
  2. Fotocopy NPWP
  3. Memiliki rekening Tabungan Faedah BRI Syariah iB sebagai rekening induk
  4. Memiliki setoran awal Rp 50.000

Setelah mengetahui semua jenis dan syarat membuka tabungan BRI Syariah, selanjutnya mari kita membahas mengenai cara membuat rekening BRI Syariah yang bisa kalian simak informasinya di bawah ini. 

Cara Membuat Rekening BRI Syariah

Cara Membuat Rekening Tabungan BRI Syariah
Cara Membuat Rekening BRI Syariah

Setelah mengetahui berbagai jenis tabungan BRI Syariah yang dapat anda pilih sesuka hati, selanjutnya adalah cara pembuatan rekening BRI Syariah. Sebenarnya pembuatan rekening BRI Syariah sama saja seperti membuat rekening pada bank BRI Konvensional, sama-sama harus mendatangi kantor bank.

Adapun cara membuat rekening BRI Syariah sebagai Berikut:

  1. Mendatangi kantor bank BRI Syariah terdekat. Sebelum pergi ke kantor bank, jangan lupa membawa beberapa dokumen persyaratan pembuatan rekening BRI Syariah.
  2. Mengambil nomor antrian untuk menuju customer service dan menunggu nomor antrian terpanggil
  3. Setelah nomor antrian terpanggil, pergilah ke customer service dan beritahu bahwa anda ingin mendaftar rekening bank BRI Syariah
  4. Petugas customer service bank BRI Syariah akan menjelaskan secara detail, jenis-jenis rekening yang dapat anda pilih
  5. Jika telah memilih jenis rekening sesuai dengan keinginan kalian, petugas customer service akan memberikan formulir yang harus anda isi dengan benar dan lengkap.
  6. Setelah formulir telah di isi, petugas customer service akan meminta anda menyerahkan dokumen sebagai persyaratan dan formulir yang telah di isi tadi.
  7. Dokumen dan formulir telah ditangan customer service, maka pembuatan rekening bank BRI Syariah diproses hingga berhasil

Ternyata cara membuat rekening tabungan BRI Syariah sangat mudah.  Selain mudah anda juga menggunakan tabungan BRI Syariah sesuai dengan sistem Alqur’an dan hadist sehingga lebih barkah dan terhindar dari riba. 

FAQ Tentang BRI Syariah

Apakah Bri Syariah Bebas Riba

Berbeda dengan bank konvesional, BRI Syariah tidak menggunakan skema bunga sehingga terhindar dari riba.

Apakah Nasabah BRI Syariah Akan Mendapatkan Bunga Tabungan?

BRI Syariah tidak menerapkan sistem bunga. Sebagai gantinya, Bank BRI Syariah menerapkan sistem bagi hasil atau nisbah sesuai dengan ajaran islam. Alhasil saldo tabungan nasabah tetap bisa bertambah, meski tidak ada bunga.

Berapa Biaya Adminstrasi Bank BRI Syariah

Tidak ada biaya administrasi bulanan untuk tabungan ataupun kartu ATM, sehingga sepenuhnya gratis

Berapa Saldo Mengendap Minimum?

Saldo mengendap minimum adalah sebesar Rp. 50.000

Berapa Biaya Penutupan Rekening BRI Syariah

Biaya penutupan rekening adalah sebesar Rp. 25.000

Berapa Biaya Penggantian Buku Tabungan BRI Syariah Karena Habis?

Tidak dikenakan biaya alias GRATIS

Berapa Biaya Penggantian Buku Tabungan BRI Syariah Yang Hilang atau Rusak?

Biayanya adalah sebesar Rp 5.000

Berapa Biaya Pembuatan Kartu ATM Karena Hilang Atau Rusak?

Biayanya adalah sebesar Rp 15.000

Berapa Biaya Apabia Saldo Mengendap Dibawah Minimum?

Rp 12.500 /bulan

Nah sekian informasi viralorchard.com kali ini, semoga informasi mengenai cara membuat rekening BRI Syariah yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat. Jangan lupa simak pula informasi mengenai cara memblokir ATM Mandiri yang hilang pada artikel sebelumnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *