Cara Membuat E-Money Mandiri
Digital Payment

6 Cara Membuat E-Money Mandiri : Fitur, Keuntungan & Jenis Kartu

Cara Membuat E-Money Mandiri – E-Money dapat dikatakan sebagai uang digital dalam bentuk kartu yang bisa digunakan untuk bertransaksi sebagai pengganti uang cash. E-Money sendiri merupakan produk dari bank Mandiri yang mendukung teknologi (Radio Freguency Indentification) RFID yang memungkinkan pengguna ataupun pemilik kartu melakukan transaksi hanya melalui sentuhan dengan waktu beberapa detik saja.

Memang, keberadaan E-Money Mandiri di Indonesia menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki karena adanya kartu tersebut, pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai jika ingin melakukan suatu transaksi. Selain itu proses transaksi dengan E-Money bisa dilakukan dengan cepat karena, cukup melakukan tapping atau sentuhan pada mesin maka transaksi yang anda lakukan akan berhasil.

Mungkin banyak orang mengatahui bahwa penggunaan kartu E-Money hanya bisa dilakukan untuk transaksi pembayaran Toll saja. Namun, sebenarnya E-Money ini bisa dilakukan untuk pembayaran di minimarket Indomart, Alfamart, restoran, hingga pembelian tiket busway dan computerline.

Kemudian, untuk cara mendapatkan kartu E-Money ini juga cukup mudah karena tidak perlu datang ke bank. Lalu bagaimana cara mendapatkan kartu tersebut ? Simaklah ulasan-ulasan di bawah ini:

Cara Membuat Kartu E-Money Mandiri

Cara Daftar E-Money Mandiri

Sebelum memasuki cara pembuatan kartu E-Money, sebaiknya anda mengerti lebih detail terlebih dahulu mengenai E-Money Mandiri. Adapun hal-hal yang harus anda ketahui mengenai E-Money Mandiri, sebagai berikut:

Jenis-Jenis Kartu E-Money

Terdapat tiga jenis kartu yang harus anda ketahui sebelum pembuatan kartu E-Money. Tujuan dari mengetahui jenis kartu E-Money yakni agar anda tidak salah memilihnya.

  1. Kartu Gazcard merupakan salah satu jenis kartu E-Money Mandiri yang dapat digunakan untuk pembelian bahan bakar di pertamina. Untuk penggunaan kartu Gazcard cukup mudah, karena hanya tinggal menempel kartu pada mesin pembayaran dan saldo anda secara otomatis akan terpotong.
  2. Kartu Indomart Card menjadi jenis kartu E-Money yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di Indomart serta bisa manfaatkan untuk menikmati berbagai promosi yang ditawarkan. Tidak hanya itu, memiliki kartu E-Money jenis Indomart Card juga dapat dijadikan sebagai kartu member Indomart.
  3. Kartu E-Tall Card yang dapat digunakan untuk pembayaran tol diseluruh Indonesia.

Keuntungan Penggunaan E-Money Mandiri

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat anda nikmati dalam penggunaan uang digital E-Money. Hal yang dapat anda nikmati melalui E-Money Mandiri, sebagai berikut:

  1. Melalui E-Money Mandiri, segala transaksi belanja akan lebih mudah karena cukup menempelkan kartu pada mesin pembaca
  2. Untuk proses transaksi hanya dilakukan beberapa detik saja, jadi cukup sangat efektif bagi pengguna yang tidak memiliki waktu luang
  3. Pengguna kartu E-Money Mandiri bebas dimiliki oleh siapapun, tidak mengharuskan para nasabah Mandiri saja
  4. Kartu E-Money Mandiri dapat dipindah tangankan dan digunakan oleh siapapun untuk melakukan transaksi digital
  5. Penggunaan kartu E-Money cukup aman, karena pengguna tidak melibatkan uang tunai dalam proses transaksi

Fitur Pelayanan E-Money Mandiri

Terdapat beberapa fitur pelayanan E-Money Mandiri yang dapat anda gunakan. Adapun fitur-fitur tersebut sebagai berikut:

  1. Bisa digunakan untuk pembayaran jalan tol, antara lain Bandung, Jabodetabek, Medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya, Makasar hingga hampir seluruh jalan tol di Indonesia
  2. Dapat digunakan untuk pembayaran parkir kendaraan dan PTE
  3. Kartu e-money Mandiri bisa digunakan untuk pembayaran di SPBU
  4. Bisa digunakan untuk pembayaran di toko retail seperti Alfamart atau Indomart
  5. Dapat digunakan untuk pembayaran di toko mitra yang telah bekerja sama dengan E-Money
  6. Kartu e-money dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di tempat hiburan pariwisata, hingga restoran yang telah bekerjasama dengan E-Money

Cara Membuat Kartu E-Money Mandiri

Setelah anda mengetahui beberapa informasi mengenai E-Money Mandiri, dan saat ini telah yakin untuk memilikinya maka terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan. Untuk cara-cara membuat kartu E-Money sebagai berikut:

1. Mendatangi Cabang Bank Mandiri Terdekat

Cara pertama yang dapat anda lakukan dalam proses pembuatan kartu E-Money Mandiri yakni mendatangi cabang bank Mandiri terdekat. Setelah anda mendatangi cabang bank Mandiri, maka dapat meminta bantuan kepada customer service dalam proses pembuatan ini.

Semua orang bisa mendapatkan kartu E-Money Mandiri tanpa harus menjadi nasabah bank Mandiri. Selain itu, proses pembuatan kartu E-Money terbilang cukup singkat dan mudah, tidak seribet pembuatan rekening baru Mandiri.

2. Melalui Merchant Retail Offline

Beberapa outlet di Indonesia telah menyediakan kartu e-money dan diperjual belikan secara bebas. Anda dapat mendatangi toko retail seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dandan, Gunung Agung, Sogo, Mitra 10, dan Gramedia . Pembuatan kartu E-Money melalui toko-toko retail tersebut cukup mudah dan efektif, karena banyak toko yang buka selama 24 jam sehingga anda tidak perlu menunggunya serta membuatnya pada jam-jam kerja.

Dengan outlet rekanan ini, tentu sangat membantu bagi anda yang akan membuat kartu E-Money dalam waktu darurat seperti akan memasuki jalan tol atau bepergian secara mendadak. Melalui outlet rekanan, anda tidak hanya bisa membuat kartu E-Money tetapi dapat digunakan untuk isi ulang saldo E-Money.

3. Melalui Kantor Gerbang Tol

Selain cara di atas, anda juga dapat membuat kartu E-Money melalui kantor gerbang tol tetapi hanya menyediakan kartu E-Tall saja. Kemudian, yang menyediakan kartu e-money rata-rata hanya pada kantor gerbang tol Jabodetabek saja.

4. E-Commerce

Selain membuat E-Money secara offline, anda juga bisa membuatnya secara online melalui E-commerce tertentu seperti Blibli.com, Dinomarket, Tokopedia, dan Shopee.

5. Halte Transjakarta

Bagi yang sering berpergian menggunakan Transjakarta bisa membuat e-money melalui Halte Transjakarta. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Cara menggunakan e-money di Transjakarta juga mudah. Anda hanya perlu menempelkan kartu e-money pada reader yang tersedia di halte atau bus kemudian secara otomatis saldo e-money akan berkurang sesuai dengan tarif bus yang berlaku.

Tak hanya Transjakarta saja, mandiri e-money juga bisa digunakan sebagai media pembayaran Transjogja dan BatikSolo Trans.

6. Vending machine e-money

Masih ada satu lagi cara membuat e-money, yakni melalui vending machine e-money. Sayangnya jumlah vending machine yang tersedia belum terlalu banyak dan hanya tersedia di kota-kota besar saja. Padahal dengan adanya vending maching maka cara membut kartu e-money menjadi semakin mudah.

Kesimpulan

Nah, di atas menjadi sedikit informasi yang dapat anda ketahui mengenai kartu e-money. Tentu saja, bagi anda para generasi milenial harus memiliki kartu E-Money untuk mempermudah proses transaksi atau pengganti uang cash.

Melalui E-Money, segala transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat karena hanya cukup scan kartu pada mesin pembayaran. Jika berminat, segera lakukan pembuatan kartu E-Money dan nikmati berbagai keuntungannya.

Cukup sekian informasi viralorchard.com yang kami lansir dari situs resmi E-Money Mandiri. Simak pula artikel sebelumnya mengenai cara daftar internet banking Bank Jateng dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *