Cara Ganti PIN ATM BRI
Perbankan

20 Cara Ganti PIN ATM BRI di Mesin ATM dan Lewat Bank

Cara Ganti PIN ATM BRI – Kepemilikan rekening bank menjadi hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Saat ini, bagi para pemilik rekening bank tidak hanya dibekali buku tabungan saja, tetapi nasabah akan dibekali sebuah kartu ATM.

Bank BRI merupakan salah satu bank milik pemerintah Indonesia yang mewajibkan nasabahnya memiliki kartu ATM. Bank BRI memberikan pelayanan kartu ATM dengan tujuan untuk mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi di gerai ATM.

Untuk melakukan transaksi melalui kartu ATM maka akan dilindungi PIN rahasia untuk menjaga keamanan akses tabungan anda. Biasanya awal pembuatan ATM maka anda akan mendapatkan PIN ATM dan diwajibkan mengganti PIN ATM secara berkala.

Penggantian PIN tersebut bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan kartu ATM oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu saja, bagi nasabah yang kesulitan mengingat atau lupa terhadap PIN ATMnya maka harus mengganti PINnya terlebih dahulu agar dapat melakukan transaksi.

Tutorial Cara Ganti PIN ATM BRI 

cara mengganti pin atm bri yang lupa

Terdapat beberapa cara ganti pin ATM BRI. Cara pertama adalah melalui mesin ATM BRI.  Cara ini dipilih bagi yang menginginkan penggantian PIN ATM secara berkala. Sedangkan cara yang kedua yakni melalui kantor cabang bank BRI terdekat.

Penggantian PIN ATM di kantor cabang bisa dilakukan bagi nasabah yang lupa PIN ATM atau PIN-nya terblokir. Nah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana caranya silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini.

Cara Ganti Pin ATM BRI Lewat ATM

Sebelum melakukkan penggantian PIN ATM, sebaiknya persiapkan PIN ATM BRI yang baru berupa enam digit angka. Untuk mengganti PIN ATM, usahakan untuk menggunakan angka yang susah di tebak oleh orang dan janganlah menggunakan angka tanggal lahir anda.

Untuk langkah-langkah penggantian PIN ATM BRI, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM BRI terdekat
  2. Silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu yang telah tersedia di bawah layar monitor
  3. Kemudian pilih bahasa menu ATM. Silahkan memilih Bahasa Indonesia untuk memudahkan proses ganti PIN ATM BRI
    Cara Mengganti PIN ATM BRI
  4. Silahkan masukkan enam digit PIN ATM yang lama atau bagi nasabah baru, maka masukkan PIN ATM yang diberikan oleh pihak bank. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali secara berurutan, karena secara otomatis kartu ATM sistem akan memblokir kartu ATM anda
  5. Anda akan ditampilkan beberapa menu pilihan. Untuk ganti PIN ATM, maka pilihlah “Menu Lainnya
  6. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Ubah PIN
    Cara Mengubah PIN ATM BRI
  7. Berikutnya, silahkan masukkan PIN lama anda yang terdiri dari enam digit angka. Jika sudah, maka dapat dilanjut dengan memilih menu “Benar
  8. Selanjutnya akan muncul instruksi untuk membuat PIN ATM baru. Silahkan buat 6 digit PIN baru sesuai keinginan.
  9. Kemudian, masukkan lagi 6 Digit PIN ATM baru untuk konfirmasi pembautan PIN ATM BRI yang baru
  10. Silahkan tunggu mesin ATM memproses permintaan transaksi anda.
  11. Jika proses permintaan ubah PIN berhasil, maka layar ATM akan menampilkan informasi bahwa Transaksi Berhasil. Anda bisa melanjutkan transaksi dengan memilih Ya atau Tidak untuk mengakhiri transaksi.
  12. Selain itu slot print akan mengeluarkan struk berupa konfrimasi pergantian PIN ATM.
  13. Setelah transaksi selesai, jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.

Seperti yang anda lihat di atas, cara ganti PIN ATM BRI di mesin ATM sangatlah mudah. Namun yang paling penting adalah menjaga kerahasian PIN yang baru dibuat. Kami sarankan untuk memilih nomor PIN secara acak agar orang lain tidak mengetahuinya.

Cara Mengganti PIN ATM BRI Yang Lupa

Bagi nasabah Bank BRI yang lupa atau PIN ATM-nya terblokir, maka bisa melakukan penggantian PIN di kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa persyaratan berupa kartu identitas, buku tabungan, dan kartu ATM.

Nah untuk mengetahui bagaimana prosedur penggantian PIN ATM BRI di kantor cabang silahkan simak berikut ini.

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan
  2. Sesampainya di kantor cabang, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju customer service. Anda dapat meminta bantuan kepada satpam bank jika merasa kebingungan dalam mengambil nomor antrian
  3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian anda terpanggil.
  4. Ketika nomor antrian anda telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengganti PIN ATM karena lupa atau terblokir
  5. Silahkan berikan beberapa persyaratan berupa KTP, buku tabungan serta kartu ATM kepada petugas customer service
  6. Customer service akan memproses permintaan anda dengan cara meriset ulang nomer PIN ATM anda. Jika proses selesai, maka petugas customer service akan meminta anda untuk PIN ATM yang baru
  7. Pastikan selalu mengingat PIN ATM yang dibuat agar tidak terbolokir karena kesalahan memasukan PIN saat bertransaksi di ATM BRI.

Perlu kalian ketahui, PIN akan diblokir apabila salah memasukan PIN ATM BRI sebanyak 3 kali di mesin ATM.

Kesimpulan

Setelah berhasil melakukan penggantian pin ATM BRI yang lupa di kantor cabang BRI, kami sarankan untuk melakukan penggantian PIN secara rutin dan berkala untuk menjaga keamanan rekening. 

Silahkan melakukan penggantian PIN secara berkala di ATM BRI terdekat. Jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan pin dan memilih PIN yang sulit ditebak oleh orang lain. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini. 

Apakah Penggantian PIN ATM BRI Dikenakan Biaya?

Proses penggantian PIN sepenuhnya gratis 100% jadi anda tidak perlu khawatir saldo rekening akan berkurang.

Apakah Bisa Ganti PIN ATM BRI Lewat Hp?

Untuk saat ini proses penggantian PIN ATM BRI hanya bisa dilakukan di mesin ATM atau kantor cabang.

Mengapa PIN ATM Harus Diganti?

Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan rekening.

Mengapa PIN ATM Yang Diganti Tidak Bisa Digunakan?

Mungkin anda lupa dengan PIN yang sudah dibuat. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan datang ke kantor cabang BRI terdekat dan meminta penggantian PIN yang lupa.

Apa Saja Syarat Ganti PIN ATM BRI Yang Lupa?

Silahkan membawa buku tabungan, kartu identitas dan kartu ATM ke kantor cabang BRI terdekat

Nah demikianlah informasi singkat mengenai cara ganti PIN ATM BRI. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah Bank BRI yang lupa PIN atau hanya sekedar ingin mengganti PIN ATM secara berlaka. Simak pula informasi sebelumnya mengenai cara daftar Merchant Dana dan beragam artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *