Cara Ganti PIN ATM BCA
Perbankan

19 Cara Ganti PIN ATM BCA Yang Lupa & Terblokir

Viralorchard.com – Tips aman bertrasanski di ATM BCA adalah mengganti PIN ATM secara berkala. Lalu bagaimana cara ganti PIN ATM BCA? Caranya sangat mudah, kalian bisa menggantinya di gerai ATM terdekat atau datang langsung ke kantor cabang BCA.

Mengapa harus ganti PIN ATM BCA secara berkala? Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasian PIN. Banyak kasus pembobolan rekening dikarenakan keteledoran nasabah Bank BCA yang memberitahukan PIN ATM ke orang lain, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Hanya pemilik rekening saja yang boleh mengetahui PIN ATM. Apabila diketahui oleh orang lain maka bisa mengakibatkan pembobolan rekening. Tentu kalian semua tidak menginginkan hal tersebut. Oleh karena itulah kami sarankan untuk menjaga kerahasian PIN dengan mengganti PIN secara berkala minimal 3 bulan sekali.

Bagi yang penasaran ingin mengetahui bagaimana cara ganti PIN ATM BCA di ATM maupun kantor cabang, silahkan simak informasi yang dirangkum redaksi viralorchard.com berikut ini.

Tutorial Cara Ganti PIN ATM BCA

Cara Ganti PIN ATM BCA Lewat ATM

Cara Ganti PIN di ATM BCA

Bagi yang tidak ada waktu ke kantor cabang, lebih baik mengganti PIN ATM BCA lewat mesin ATM. Caranya sangat mudah dan cepat. Yang paling penting anda mengetahui PIN ATM yang lama. Apabila ternyata lupa maka tidak bisa melakukan penggantian PIN di ATM BCA.

Untuk yang lupa PIN, kami sarankan untuk melakukan penggantian PIN di kantor cabang. Hal ini juga berlaku bagi nasabah Bank BCA yang mengalami PIN ATM terblokir. Perlu kalian ketahui, PIN ATM bisa terblokir apabila salah memasukan PIN sebanyak 3 kali secara berturut-turut.

Saat melakukan penggantian PIN ATM BCA di mesin ATM kami sarankan untuk mengingat baik-baik PIN yang dibuat. Apabila pelupa tidak ada salahnya mencatat PIN yang baru. Nah untuk mengetahui bagaimana cara ganti PIN ATM BCA lewat mesin ATM silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM BCA terdekat dengan membawa kartu debit BCA
  2. Sesampainya di gerai ATM BCA, silahkan masukkan kartu ATM di slot kartu pada posisi yang benar. Nasabah BCA dapat mengikuti tutorial memasukkan kartu ATM yang ada di bawah slot kartu berupa gambar stiker
  3.  Anda diminta memilih bahasa transaksi. Silahkan piliha bahasa Indonesia agar lebih memudahkan nasabah dalam bertransaksi
  4. Silahkan masukkan PIN ATM lama anda yang masih aktif.
  5. Terdapat beberapa menu pilihan transaksi, untuk proses ganti PIN ATM BCA maka pilih menu “Transaksi Lainnya
    Cara Mengganti PIN ATM BCA
  6. Kemudian, dilanjutkan dengan memilih menu “Ganti PIN
    Cara Ubah PIN ATM BCA
  7. Silahkan masukkan enam digit angka PIN lama yang digunakan saat ini.
  8. Berikutnya, silahkan masukan enam digit PIN ATM yang baru baru. Pastikan hanya anda yang mengetahuinya
  9. Kemudian konfrimasi pergantian PIN ATM BCA dengan cara memasukkan kembali PIN ATM yang baru.
  10. Silahkan tunggu beberapa saat untuk proses penggantian PIN dan jika berhasil, maka layar monitor ATM akan memunculkan pemberitahuan berupa tulisan “PIN anda sudah berubah demi keamanan, hindari penggunaan PIN lama kembali”
  11. Terakhir, silahkan pilih menu “Tidak” jika anda tidak ingin melakukan transaksi kembali dan menu “YA” jika akan melakukan transaksi lagi
  12. Jangan lupa ambil kartu ATM anda sebelum meninggalkan gerai ATM agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Setelah proses penggantian PIN berhasil maka pin yang lama sudah tidak berlaku dan anda harus menggunakan PIN yang baru saat bertransaksi di ATM. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasian PIN dan mengingat baik-baik PIN yang dibuat. Lalu bagaimana jika lupa?

Cara Ganti PIN ATM Karena Lupa PIN atau Terblokir

Banyak nasabah Bank BCA yang mengalami masalah lupa PIN atau PIN ATM terblokir karena salah memasukan pin sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka harus mengganti PIN ATM. Namun proses ganti pin yang lupa atau terblokir tidak bisa dilakukan lewat ATM BCA.

Cara ganti PIN ATM BCA yang lupa dan terblokir hanya bisa dilakukan lewat kantor cabang BCA terdekat. Nantinya penggantian PIN akan dibantu oleh petugas Customer Service. Namun sebelum itu silahkan terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan.

Syaratnya sangat mudah, karena cukup membawa buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas. Lalu bagaimana prosedur penggantian PIN di kantor cabang? Untuk mengetahuinya silahkan simak informasi berikut.

  1.  Silahkan datangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa beberapa persyaratan di atas
  2. Sesampainya di kantor cabang BCA, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju ke customer service di mesin antri. Nasabah dapat meminta bantuan kepada satpam bank jika merasa kesulitan dalam pengambilan nomor antrian
  3. Silahkan tunggu beberapa saat hingga nomor antrian anda terpanggil
  4. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengganti PIN ATM karena terblokir atau lupa
  5. Petugas cutsomer service akan memproses permintaan anda dan silahkan berikan beberapa persyaratan tersebut kepada petugas CS
  6. Petugas customer service akan meriset ulang PIN ATM lama anda. Kemudian, anda diminta membuat PIN baru anda sebanyak dua kali untuk proses konfrimasi
  7. Pembuatan PIN ATM baru melalui customer service, maka akan dibantu dengan mesin EDC bank BCA.

Kesimpulan

Nah demikianlah informasi mengenai cara ganti PIN ATM BCA lewat mesin ATM dan kantor cabang. Jangan sekali-kali memberitahukan PIN ke orang lain, termasuk ke petugas Bank BCA. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kerahasian PIN ATM sehingga bisa bertransaksi secara aman. 

Jika terjadi kendala saat melakukan penggantian PIN jangan ragu untuk menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 atau lewat email halobca@bca.co.id. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Ganti PIN ATM BCA Dikenakan Biaya?

Tidak, proses penggantian PIN sepenuhnya gratis

Apakah Bisa Mengganti PIN ATM BCA Lewat Hp?

Pergantian PIN kartu ATM hanya bisa melalui mesin ATM BCA atau kantor Cabang. Anda tidak bisa melakukan penggantian PIN melalui fasilitas m-BCA pada aplikasi BCA mobile di handphone.

Mengapa Harus Ganti PIN ATM?

Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan PIN dan meningkatkan keamanan saat bertransaksi di ATM BCA

Apa Saja Syarat Ganti PIN di Kantor Cabang?

Anda hanya perlu membawa buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Ganti PIN ATM BNI” dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *