Cara Ganti Kartu ATM BRI
Perbankan

12 Cara Ganti Kartu ATM BRI : Syarat dan Biaya

Cara Ganti Kartu ATM BRI – Seiring berkembangnya teknologi modern, semakin berkembangnya pula kejahatan yang merajalela yakni salah satunya terjadi pada pencuian data pada kartu ATM atau skimming. Untuk menghindari kejahatan pencurian data serta kenyamanan transaksi, saat ini bank BRI telah memunculkan jenis kartu ATM BRI berteknologi chip.

Selain sebagai keamanan transaksi nasabah, fungsi kartu ATM BRI chip juga mempunyai kapasitas penyimpanan data lebih besar dan dapat memproses transaksi lebih cepat. Adapun teknologi chip yang terpasang di kartu ATM BRI ini menyerupai sim card ponsel pada bagian depan dan chip ini akan memproduksi kode setiap nasabah melakukan transaksi.

Nah dengan adanya pembaruan teknologi chip, maka pihak bank BRI menghimbau kepada nasabahnya untuk beralih ke ATM BRI chip dengan cara menggantinya di kantor cabang bank terdekat. Sebenarnya, untuk proses mengganti kartu ATM tidak hanya berlaku bagi kartu ATM yang belum berteknologi chip saja, tetapi berlaku juga bagi kartu ATM yang telah rusak maupun kaduluarsa.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengganti kartu ATM BRI chip maupun karena rusak atau kaduluarsa, sebaiknya simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Tutorial Cara Ganti Kartu ATM BRI 

syarat ganti kartu atm bri

Dengan adanya pergantian teknologi chip pada kartu ATM BRI, tentu saja nasabah akan merasa semakin nyaman dan aman dalam bertransaksi serta menyimpan dananya di bank. Untuk bentuk kartu ATM BRI chip yakni berwarna biru dengan logo GPN dan dilengkapi dengan chip.

Adapun proses pergantian kartu ATM chip ini dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah yakni dengan melengkapi persyaratan. Namun persyaratan tersebut sama seperti mengurus kartu ATM yang rusak maupun kadulursa.

Syarat Ganti Kartu ATM BRI

Di bawah ini merupakan syarat ganti kartu ATM BRI baik chip, rusak maupun kaduluarsa:

  1. Kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passpor yang masih berlaku
  2. Buku rekening tabungan BRI
  3. Kartu debit atau ATM lama.

Cara Ganti Kartu ATM BRI

Cara Mengganti Kartu ATM BRI

Setelah menyiapkan beberapa persyaratan di atas, maka nasabah sudah bisa mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat untuk proses mengganti kartu ATM. Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan seperti di atas. Apabila bingung mencari lokasi kantor cabang BRI, silahkan simak pada halaman bri.co.id/web/guest/lokasi
  2. Sesampainya di kantor cabang bank BRI terdekat, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju customer service. Nasabah dapat meminta bantuan kepada satpam bank BRI untuk proses pengambilan nomor antrian di mesin antri
  3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian anda terpanggil
  4. Setelah nomor antrian terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengganti kartu ATM BRI baik karena ingin berganti ke teknologi chip, rusak maupun kadaluarsa
  5. Petugas customer service akan memproses permintaan nasabah dan meminta anda untuk menyetorkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan
  6. Langkah berikutnya, anda diminta mengisi formulir pergantian kartu ATM yang meliputi nama, alamat, nama ibu kandung, serta tanda tangan anda sebagai nasabah. Jika formulir tersebut telah disii sesuai dengan data diri anda, silahkan berikan kembali form tersebut kepada petugas customer service
  7. Saat petugas customer service memproses permintaan anda, silahkan tunggu sebentar
  8. Ketika proses ganti kartu berhasil, maka petugas customer service akan menyerahkan kartu ATM yang baru beserta dengan persyaratan yang telah diberikan kepada petugas CS sebelumnya
  9. Proses pergantian kartu ATM telah berhasil, maka anda sudah dapat melakukan transaksi kembali melalui kartu ATM BRI chip dengan aman dan nyaman.

Biaya Penggantian Kartu ATM

Hal yang sering ditanya-tanya oleh para nasabah yakni berapa biaya ganti kartu ATM. Harus anda ketahui, bahwa proses ganti kartu ATM BRI ke teknologi chip tidak dikenakan biaya atau gratis.

Namun apabila nasabah mengganti kartu ATM BRI karena rusak, hilang maupun kaduluarsa, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.

Kesimpulan

Proses pergantian kartu ATM lama ke ATM baru dengan adanya teknologi chip, menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap nasabah bank BRI. Tidak hanya karena tuntutan pihak bank, tetapi bertujuan juga untuk menjaga keamanan serta kenyamanan nasabah dalam bertansaksi dan terhindar dari kejahatan skimming.

Untuk proses pergantian kartu ATM ke ATM BRI chip cukup mudah, yakni sama seperti ganti kartu karena hilang, rusak maupun kaduluarsa. Nasabah cukup mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan maka proses ini akan berhasil dilakukan.

Setelah proses ganti kartu ATM ini berhasil, sebaiknya nasabah tetap memperhatikan keamanan transaksi yakni dengan cara mengganti PIN ATM secara berkala guna meminimalisir kebobolan rekening, merahasiakan dengan benar-benar PIN ATM, serta jangan mudah percaya jika ada telepon yang mengatas namakan pihak bank dengan meminta nomor telepon, nama ibu kandung, hingga nomor PIN.

FAQ

Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut mengenai cara ganti kartu ATM, sebaiknya simak FAQ di bawah ini:

Apa fungsi ganti kartu ATM lama ke ATM baru dengan teknologi chip?

Adapun fungsinya yaitu untuk menjaga keamanan nasabah dari pencurian data pada kartu ATM atau skimming

Apakah proses pergantian kartu ATM BRI dapat diwakilkan?

Tidak. Nasabah harus mendatangi sendiri proses ganti kartu ATM, demi mengantisipasi dari hal yang diinginkan seperti kejahatan.

Apakah proses ganti kartu ATM dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BRI?

Tentu saja bisa. Nasabah dapat mengganti kartu ATM BRI di seluruh kantor cabang BRI terdekat.

Apakah proses ganti kartu ATM memiliki biaya?

Untuk proses ganti kartu ATM lama ke baru dengan teknologi chip, maka tidak dikenakan biaya (gratis). Namun, untuk ganti kartu karena hilang, rusak maupun kaduluarsa, memiliki biaya sebesar Rp 15.000.

Di atas merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara ganti kartu ATM baik ke teknologi chip, rusak, hilang maupun kaduluarsa. Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Simak pula artikel sebelumya mengenai “Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking Mandiri” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *