Cara Daftar SMS Banking BRI
Perbankan

11 Cara Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM dan Cara Aktivasi

Cara Daftar SMS Banking BRI – Nikmati kemudahan bertransaksi melalui handphone menggunakan fasilitas SMS Banking BRI. Agar bisa menggunakan layanan ini, nasabah Bank BRI harus terlebih dahulu mendaftar di ATM BRI terdekat.

Tujuan mendaftar di ATM adalah untuk merigistrasikan nomor telepon yang digunakan untuk bertransaksi. Layanan perbankan ini memang sepenuhnya menggunakan nomor handphone sehingga transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Dengan adanya SMS Banking BRI maka transaksi semakin mudah dan cepat. Namun perlu diingat, bahwa SMS Banking BRI tidaklah gratis. Setiap transaksi akan dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan masing-masing provider.

Apabila ingin bertransaksi dari handphone secara gratis, kami sarankan untuk mendaftar Internet Banking BRI. Adapun cara mendafatarnya silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar Internet Banking BRI“.

Keunggulan 

Cara Mengaktifkan SMS Banking BRI

Meskipun tidak gratis, namun SMS Banking BRI memiliki banyak keunggulan dibanding Internet Banking BRI. Nah untuk mengtahui apa saja keunggulannya silahkan simak informasi viralorchard.com di bawah ini.

  1. SMS Banking BRI mendukung berbagai jenis handphone. Bahkan anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi pada handphone jadul yang belum mendukung internet.
  2. Fasilitas SMS Banking BRI bisa digunakan kapan saja dan dimana saja tanpa membutuhkan koneksi internet
  3. Transaksi melalui SMS Banking sangat mudah, karena hanya perlu mengirimkan SMS untuk bertransaksi.
  4. Saat ini layanan SMS Banking BRI bisa diakses melalui aplikasi BRI Mobile yang tersedia untuk smartphone Android dan iOS.
  5. SMS Banking BRI mendukung berbagai jenis transaksi, seperti Info Saldo, Transfer, Pembayaran Tagihan, dan Beli Isi Ulang Pulsa.

Yah, kita bisa menggunakan SMS Banking BRI untuk transfer dan berbagai macam transaksi finansial lainnya. Namun agar bisa mendapatkan fasilitas tersebut, anda harus terlebih dahulu melakukan aktivasi di kantor cabang BRI terdekat.

Sebenarnya SMS Banking BRI bisa langsung digunakan tanpa perlu melakukan aktivasi di kantor cabang. Namun transaksi yang bisa dilakukan hanya terbatas untuk cek saldo saja. Nah untuk mengetahui cara daftar SMS Banking BRI dan cara aktivasinya silahkan simak di bawah ini.

Cara Daftar SMS Banking BRI di ATM

Tidak ada persyaratan khusus untuk mendaftar SMS Banking BRI. Yang paling penting anda memiliki rekening tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) dan Giro (Perorangan). Selain itu anda harus memiliki kartu ATM BRI yang statusnya aktif agar bisa mendaftar di ATM. Adapun cara daftar SMS Banking BRI lewat ATM adalah sebagai berikut. 

  1. Silahkan datang ke gerai ATM BRI terdekat. Kemudian masukan kartu ATM yang anda miliki.
  2. Lalu akan ada opsi bahasa Indonesia dan Inggris. Silahkan pilih Indonesia untuk memudahkan proses pendaftaran SMS banking BRI di ATM.
    Pilih Bahasa Indonesia
  3. Kemudian masukan PIN ATM BRI yang anda miliki.
  4. Selanjutnya anda akan masuk ke menu utama ATM BRI. Nah agar bisa daftar SMS banking BRI di ATM, silahkan pilih menu Transaksi Lain.
    Cara Pendaftaran Mobile Banking BRI di ATM
  5. Setelah itu akan muncul pilihan jenis transaksi, sepert penarikan, transfer, pembelian, info rekening, pembayaran, ubah pin, dan lainnya. Silahkan piilih menu Lainnya.
  6. Kemudian pada bagian menu Lainnya, silahkan pilih Menu Registrasi
  7. Kemudian dilanjutkan dengan memilih Menu Mobile Banking
  8. Langkah selanjutnya anda harus memasukan nomor handphone yang akan digunakan untuk bertransaksi menggunakan SMS banking BRI. Jika sudah, silahkan pilih Benar.
    Registrasi Mobile Banking BRI
  9. Setelah itu anda harus membuat PIN Mobile Banking BRI. Pastikan PIN yang dibuat bukan merupakan tanggal lahir atau nomor yang bisa ditebak oleh orang lain. Jika sudah pilih Benar.
    PIN BRI Mobile
  10. Masukan kembali PIN yang sudah dibua sebelumnya untu konfirmasi, lalu tekan Benar.
  11. Tunggu proses pendaftaran selesai, kemudian anda akan mendapatkan struk yang berisi bahwa pendaftaran telah berhasil.

Seperti yang anda lihat di atas, cara daftar SMS Banking BRI di ATM memang sangat mudah. Namun proses pendaftaran di ATM hanya sebatas untuk transaksi non-keuangan seperti cek saldo, dan mutasi rekening. Nah agar bisa digunakan untuk transfer, bayar tagihan, dan beli isi pula, anda harus melakukan aktivasi transaksi perbankan di kantor cabang BRI terdekat.

Cara Aktivasi SMS Banking BRI di Kantor Cabang

Agar bisa menggunakan layanan SMS Banking BRI secara maksimal, anda wajib melakukan aktivasi di kantor cabang BRI terdekat. Nah untuk mengetahui lokasi kantor cabang BRI, silahkan simak pada halaman berikut bri.co.id/web/guest/lokasi.

Proses aktivasi di kantor cabang sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir registrasi SMS Banking dengan melampirkan fotocopy KTP yang masih berlaku dan fotocopy kartu ATM. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku rekening tabungan.

Nantinya petugas Bank BRI akan membantu proses aktivasi sampai berhasil agar nomor yang anda daftarkan bisa digunakan untuk bertransaksi secara finansial. Menariknya lagi, proses aktivasi ini tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Setelah proses registrasi dan aktivasi berhasil, maka anda bisa langsung menggunakan SMS Banking BRI untuk bertransaksi secara finansial maupun non-finansial. Ada dua cara yang bisa dipilih, yakni menggunakan format SMS Banking BRI dan aplikasi BRI Mobile.

Bagi yang menggunakan hp jadul maka bisa memilih bertransaksi menggunakan format SMS Banking BRI, lalu kirim ke nomor 3300. Adapun formatnya silahkan simak tabel di bawah ini.

Transfer ke Sesama Rekening BRITRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
Transfer ke Bank LainTRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
Cara Cek Saldo SMS Banking BRISALDO <spasi> PIN
Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRIBELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN
Cara SMS Banking BRI Isi PulsaPULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN

Silahkan mengetikan format di atas, lalu kirim ke nomor 3300. Setiap transaksi akan dikenakan biaya yang dipotong dari pulsa. Adapun biayanya adalah maksimal Rp. 1.000.  Jadi pastikan pulsa mencukup saat bertransaksi menggunakan SMS Banking BRI.

Sebagai contoh, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Transfer SMS Banking BRI” dan “Cara Cek Saldo SMS Banking BRI“. Jika ingin bertransaksi secara mudah tanpa perlu memasukan format SMS Banking BRI, maka kami sarankan untuk bertransaksi melalui aplikasi BRI Mobile.

Silahkan download aplikasi tersebut di Play Store maupun App Store. Kemudian buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu Mobile Banking. Setelah itu anda tinggal memilih jenis transaksi SMS Banking yang diinginkan.

Kesimpulan

Pada dasarnya SMS Banking BRI sama saja dengan Mobile Banking BRI. Layanan perbankan ini berbeda dengan Internet Banking BRI karena bisa digunakan tanpa internet. Alhasil anda bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja diberbagai jenis handphone dan smartphone. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara daftar SMS Banking BRI silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apa Itu SMS Banking BRI?

SMS Banking BRI merupakan layanan perbankan yang bisa digunakan untuk bertransaksi melalui handphone dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 3300 atau melalui aplikasi BRI Mobile.

Apakah Bisa Daftar SMS Banking BRI Lewat Hp?

Tidak bisa, karena cara daftar SMS Banking BRI harus melalui ATM. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan aktivasi transaksi finansial di kantor cabang BRI

Apakah Registrasi SMS Banking BRI Dikenakan Biaya?

Tidak, anda bisa mendaftar secara gratis

Apakah SMS Banking BRI Bisa Transfer?

Bisa, anda bisa transfer antar rekening ataupun antar bank menggunakan SMS Banking BRI. Namun agar bisa transfer, anda harus terlebih dahulu melakukan aktivasi transaksi finansial di kantor cabang.

Apa Saja Syarat Mengaktifkan SMS Banking BRI?

Syarat yang dibutuhkan hanyalah fotocopy KTP dan fotocopy kartu ATM. Silahkan membawa syarat tersebut ke kantor cabang BRI terdekat, lalu mengisi formulir registrasi SMS Banking BRI

Berapa Biaya Bertransaksi Menggunakan SMS Banking BRI?

Biaya SMS Banking BRI tergantung dari kebijakan masing-masing provider. Namun biaya maksimal pertransaksi adalah sebesar Rp. 1.000.

Bertransaksi menggunakan SMS Banking BRI memang tidak gratis, namun sebanding dengan kemudahan transaksi yang didapatkan. Sebab SMS Banking BRI bisa digunakan kapan saja dan dimana saja disemua handphone tanpa perlu internet. Nah demikianlah informasi mengenai cara daftar SMS Banking BRI, simak pula artikel sebelumnya mengenai Format SMS Banking BNI dan beragam informasi menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *