Cara Daftar SMS Banking BCA
Perbankan

16 Cara Daftar SMS Banking BCA : Syarat dan Biaya

Viralorchard.com – Banyak nasabah Bank BCA yang belum mengetahui cara daftar SMS Banking BCA. Padahal layanan perbankan ini sangat membantu nasabah bank BCA untuk bertransaksi melalui handphone atau smartphone. 

Untuk pelayanan-pelayanan yang ada di SMS Banking BCA, sebenarnya hampir sama dengan kartu debit serta buku tabungan. Pelayanan yang ada di SMS Banking BCA antara lain yakni cek saldo rekening, mutasi rekening BCA, informasi deposito, informasi tagihan kartu kredit, dll. 

Agar bisa bertransaksi menggunakan SMS Banking, anda harus terlebih dahulu mendaftarkan nomor handphone. Proses pendaftaran nomor handphone dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui petugas customer service serta ATM BCA.

Prosedur pendaftaran SMS Banking BCA di ATM dan kantor cabang sangat mudah. Nah bagi yang belum mengetahui cara daftar SMS Banking BCA silahkan simak informasi yang kami lansir dari situs resmi BCA berikut ini.  

Tuturial Cara Mendaftar SMS Banking BCA

Syarat dan Cara Daftar SMS Banking BCA

Keuntungan Memiliki SMS Banking

Bank BCA memiliki beragam layanan mobile banking dan internet banking yang memudahkan nasabah bank BCA untuk bertransaksi lewat hp. Namun kedua layanan tersebut hanya bisa digunakan secara online menggunakan handphone yang memiliki fitur internet.

Tentu tidak semua nasabah Bank BCA memiliki handphone canggih yang bisa digunakan untuk mengakses internet banking maupun mobile banking. Oleh karena itulah BCA memberikan solusi dengan menghadirkan layanan SMS Banking yang bisa digunakan di semua tipe hp tanpa perlu koneksi internet.

Dengan SMS Banking BCA anda bisa bertransaksi di mana dan kapan saja secara mudah dan cepat. Selain itu, anda juga mendapatkan berbagai macam keuntungan sebagai berikut. 

  1. Nasabah dapat megaksesnya di manapun dan kapanpun, tanpa harus menunggu jam kerja kantor
  2. Proses transaksi melalui SMS Banking tidak tergantung pada sinyal internet
  3. Akses SMS Banking dapat dilakukan di semua handphone 
  4. Hampir semua jenis operator di Indonesia dapat digunakan untuk akses SMS Banking, yang terpenting nomor card anda telah terdaftar di SMS Banking BCA

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun layanan SMS Banking BCA memiliki kekurangan. Dimana kekurangannya adalah tidak bisa untuk transfer dan beragam transaksi finansial lainnya.

Anda hanya bisa menggunakan SMS Banking BCA untuk cek saldo BCA lewat hp atau cek mutasi rekening BCA . Sedangkan untuk transaksi finansial hanya bisa dilakukan menggunakan layanan mobile banking dan internet banking BCA.

Syarat Daftar SMS Banking BCA

Bagi yang tertarik mendaftar di ATM maupun kantor cabang BCA, maka harus terlebih dahulu memenuhi syarat daftar SMS Banking BCA. Syaratnya sangat mudah, karena yang terpenting adalah memiliki nomor handphone yang digunakan untuk bertransaksi melalui SMS Banking. Sedangkan untuk syarat lainnya silahkan simak di bawah ini. 

  1. Membawa kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passport yang masih berlaku
  2. Membawa buku tabungan
  3. Membawa kartu debit atau kartu ATM
  4. Menyiapkan nomor handphone masih aktif dari provider Telkomsel (KartuHALO, simPATI, AS), Indosat (Matrix, Mentari, IM3), XL, Tri, Axis atau Smartfren.

Cara Daftar SMS Banking BCA

Seperti yang kami sampaikan di atas, ada dua cara daftar SMS Banking BCA. Yang pertama adalah melalui kantor cabang BCA terdekat dan yang kedua melalui ATM. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi viralorchard.com di bawah ini.  

1. Kantor Cabang

Cara pendaftaran SMS Banking melalui kantor bank BCA terdekat dapat dikatakan sebagai cara yang mudah, karena nasabah akan dibantu oleh petugas customer service. Namun, kelemahan dari ini semua yakni nasbah harus mengantrinya di kantor cabang bank BCA dan tentu saja cara tersebut akan memakan banyak waktu.

Bagi yang memilih mendaftar di kantor cabang maka harus membawa beberapa persyaratan yang terdiri dari KTP, Buku Tabungan, dan kartu ATM. Setelah itu anda tinggal mengikuti prosedur cara daftar SMS Banking BCA yang kami sampaikan di bawah ini. 

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa persyaratan di atas
  2. Sesampainya di bank BCA, silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju customer service dan tunggulah hingga nomor antrian terpanggil
  3. Setelah nomor antrian terpanggill, silahkan datangi customer service dan beritahu tujuan anda yakni pendaftaran SMS Banking BCA
  4. Anda diminta menyerahkan beberapa persyaratan pendaftaran SMS Banking
  5. Petugas customer service akan memproses pendaftaran SMS Banking hingga berhasil
  6. Jika proses pendaftaran telah berhasil, maka fitur pelayanan SMS Banking sudah bisa digunakan

2. ATM BCA

Proses pendaftaran SMS Banking BCA melalui ATM BCA akan lebih mempersingkat waktu, karena nasabah tidak perlu mengantrinya seperti di kantor bank BCA. Selain itu, proses ini juga terbilang cukup mudah dan simpel, yang membedakannya yaitu pendafatran SMS Banking BCA melalui gerai ATM tidak dibantu atau dilakukan secara pribadi.

Terdapat keuntungan yang lain dalam proses pendaftaran SMS Banking BCA melalui geran ATM, yaitu nasabah tidak perlu melakukan pendafatran pada saat jam kerja. Pendaftaran SMS Banking BCA dapat dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam dan dilakukan dengan cukup cepat, hal ini sangat menguntungkan bagi nasabah yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Cara daftar SMS Banking BCA di ATM juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasukan nomor handphone yang akan didaftarkan layanan SMS BCA. Nah untuk mengetahui bagaimana cara daftar SMS Banking BCA di ATM silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini. 

  1. Silahkan datangi gerai ATM BCA dengan membawa kartu ATM
  2. Sesampainya di gerai ATM, silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu. Pastikan kartu pada posisi yang benar untuk menghindari tertelannya kartu ATM atau nasabah dapat mengikuti tutorial gambar yang ada di bawah slot kartu ATM
  3. Setelah masuk ke menu utama ATM BCA, kemudian pilih menu “Daftar E-Banking
    Daftar E-Banking BCA
  4. Berikutnya, silahkan pilih menu “SMS BCA” yang ada di sebelah kanan layar ATM
    Cara Daftar SMS Banking BCA di ATM
  5. Layar ATM akan memunculkan tulisan berupa informasi pendaftaran yang berisi, apakah nantinya nasabah akan setuju tentang syarat dan ketentuan SMS Banking BCA. Jika nasabah setuju dan ingin melanjutkan proses pendaftaran, silahkan pilih menu “YA
  6. Nasabah diminta untuk mengisi nomor handphone yang masih aktif. Jika nomor handphone telah di isi, silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Benar
  7. Silahkan masukkan kode akses yang terdiri dari empat digit angka sesuai pilihan anda dan jika sudah membuat kode akses, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Benar“. Kode akses tersebut nantinya akan digunakan setiap anda melakukan sebuah transaksi melalui SMS Banking
  8. Nasabah akan ditampilkan informasi mengenai keyakinan nomor handphone milik anda untuk mencegah segala penipuan. Jika yakin dan sudah benar, silahkan pilih menu “YA
    Cara Pendaftaran SMS Banking BCA
  9. Silahkan tunggu hingga proses transaksi dilakukan.
  10. Jika proses transaksi berhasil, maka slot print akan mengeluarkan struk sebagai bukti keberhasilan pendaftaran. Pendaftaran berhasil, maka fitur pelayanan SMS Banking dapat digunakan.

Biaya SMS Banking BCA

Silahkan mencoba cara daftar sms banking BCA yang kami sampaikan di atas. Setelah layanan SMS Banking aktif maka anda bisa menikmati kemudahan transaksi lewat SMS di handphone maupun smartphone. Namun perlu diingat, transaksi menggunakan SMS Banking tidaklah gratis.

Setiap transaksi akan dikenakan biaya untuk sms yang dikirim dan sms yang diterima oleh nasabah. Adapun tarifnya sekitar Rp. 500 sd Rp. 1670, tergantung dari provider yang diigunakan. Sebagai contoh untuk provider Telkomsel akan dikenakan tarif Rp. 300 sd Rp. 1.320 per SMS.

Sedangkan untuk provider Indosat dikenakan tarif Rp. 400 sd Rp. 600 per SMS. Kemudian untuk Smartfren dikenakan tarif Rp. 150 sd Rp. 1.000 per SMS. 

Meskipun tidak gratis, namun SMS Banking memiliki kelebihan bisa digunakan untuk bertransaksi di mana dan kapan saja tanpa perlu koneksi internet. Alhasil anda bisa mengandalkannya untuk bertransaksi lewat hp.

Kesimpulan

Silahan memilih salah satu cara daftar SMS Banking BCA yang kami sampaikan di atas. Bagi nasabah yang tidak mau ribet, maka bisa mendafar melalui kantor bca BCA agar bisa dibantu oleh customer sevice. Nah, bagi nasabah yang tidak memiliki waktu luang ke kantor cabang maka lebih baik mendaftar melalui gerai ATM BCA terdekat.

Sebenarnya mengaktifkan SMS Banking saja tidak cukup. Sebab SMS Banking BCA tidak bisa digunakan untuk transfer. Kami sarankan untuk mengaktifkan mobile banking BCA agar bisa transfer maupun beragam transaksi finansial lainnya.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara daftar SMS Banking BCA silahan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apa Itu SMS Banking BCA?

SMS Banking BCA merupakan layanan perbankan untuk bertransaksi melalui ponsel atau smartphone dengan cara mengirimkan peritah SMS khusus.

Apakah SMS Banking BCA Bisa Transfer?

Sayangnya SMS Banking BCA tidak bisa digunakan untuk transfer. Transaksi yang bisa dilakukan hanya sebatas transaksi non-finansial seperti mutasi rekening dan cek saldo

Apakah Mendaftar SMS Banking BCA Harus Ke Bank?

Tidak, anda bisa mendaftar SMS Banking BCA di gerai ATM terdekat.

Apakah Bisa Mengaktifkan SMS Banking BCA Lewat Hp?

Sayangnya tidak bisa. Proses aktivasi SMS Banking hanya bisa dilakukan lewat ATM atau kantor cabang BCA

Berapa Biaya Aktivasi SMS Banking BCA?

Pendaftaran SMS Banking tidak dikenakan biaya adminstrasi alias gratis.

Apakah SMS Banking BCA Kena Biaya?

Yah, setiap transaksi menggunakan SMS Banking BCA akan dikenakan biaya untuk sms yang dikirim dan sms yang diterima dengan tarif sesuai kebijakan masing-masing provider.

Provider Apa Saja Yang Mendukung SMS Banking BCA?

Anda bisa mendaftar SMS Banking BCA menggunakan nomor dari provider Telkomsel (KartuHALO, simPATI, AS), Indosat (Matrix, Mentari, IM3), XL, Tri, Axis dan Smartfren.

Apabila terjadi kendala saat mendaftar SMS Banking BCA silahkan menghubungi Halo BCA di nomor 1500888. Nah demikianlah informasi seputar cara daftar SMS Banking BCA. Simak pula informasi sebelumnya mengenai Cara Mengaktifkan M-Banking BNI beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.