Cara Daftar Pertashop Pertamina
Peluang Bisnis

15 Cara Daftar Pertashop Pertamina : Syarat & Modal

Cara Daftar Pertashop Pertamina – Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Pertashop Pertamina yang ada di berbagai daerah pedesaan. Hal terjadi karena pertamina telah membuka peluang usaha bagi masyarakat Indonesia yang ingin menambah pengasilan yakni dengan cara menjadi mitra Pertashop.

Untuk Pertashop sendiri merupakan SPBU mini yang telah bekerjasama dengan perusahaan pertamina. Pertamina membuka kebebasan bagi pemerintah desa, koperasi, pelaku usaha (UMKM) di seluruh Indonesia.

Sebenarnya Pertashop tidak hanya menyediakan kebutuhan BBM non subsidi saja, tetapi juga terdapat LPG non subsidi serta berbagai produk ritel pertamina lainnya yang belum terlayani oleh lembaga penyalur pertamina lain. Nah untuk pasokan BBM yang ada di Pertashop nantinya akan diisi oleh truk-truk tangki pertamina.

Bagi anda yang ingin bergabung menjadi mitra Pertashop Pertamina sebaiknya tak perlu khawatir akan pendapatannya, karena untuk harga BBM sama seperti harga di SPBU maka secara otomatis konsumen tidak segan segan membelinya.

Syarat Mendirikan Pertashop Pertamina

Syarat Mendirikan Pertashop Pertamina

Pertashop Pertamina bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Sebab Mitra Pertamina akan mendapatkan produk dengan takaran dan kualitas standar Pertamina. Selain itu, Mitra Pertamina bisa menjual BBM dengan harga yang sama seperti SPBU Pertamina.

Bagi yang tertarik mendapatkan keuntungan di atas maka bisa mencoba mendaftar menjadi Mitra Pertashop. Namun sebelum mendaftar harus terlebih dahulu memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan pihak Pertamina. Adapun syarat mendirikan Pertashop Pertamina adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki usahan berbadan hukum seperti CV, Koperasi atau PT.
  2. Memiliki legalitas perusahaan yang terdiri dari akta perusahaan, NPWP, KTP, SIUP, SITU, dan TDP
  3. Memiliki bukti kepemilikan lahan (Sertifikat) atau surat penguasaan atas lahan.
  4. Harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa dan surat perizinan yang diterbitkan oleh otoritas pemerintah daerah setempat dan instansi terkait.
  5. Lokasi Pertashop harus mudah diakses oleh mobil tangki pengisian BBM dan akses pengiriman modular.
  6. Ketersediaan jaringan listrik pada lokasi Pertashop.
  7. Lokasi yang akan dibangun Pertashop memiliki potensi omset yang baik secara keekonomian.
  8. PT. Pertamina (Persero) akan melakukan Evaluasi kelayakan lokasi yang akan dibangun Pertashop.

Apabila memenuhi semua syarat dan kreteria mendirikan Pertashop Pertamina maka anda bisa mengajukan permohonan secara online. Namun sebelum membahas cara daftar Pertashop Pertamina, silahkan simak terlebih dahulu skema bisnis yang ditawarkan.

Skema Bisnis

Dilansir dari situs resmi Pertamina, ada dua skema bisnis yang ditawarkan kepada calon agen Pertashop. Yang pertama adalah DODO. Skema bisnis ini mengharuskan Mitra untuk menanggung semua biaya investasi dan biaya operasional.

Sedangkan skema bisnis yang kedua adalah CODO. Untuk skema bisnis ini, Mitra hanya mengeluarkan uang untuk biaya operasional. Sedangkan untuk biaya investasi berasal dari PT. Pertamina. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah modal yang dibutuhkan untuk menjadi Mitra Pertashop?

Biaya dan Modal Menjadi Mitra Pertashop

Biaya dan Modal Mendirikan Pertashop

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi Mitra Pertashop tidaklah sedikit. Mitra harus mengeluarkan uang sebesar +/- Rp. 80 Juta untuk skema bisnis CODO. Sedangkan untuk Skema Bisnis DODO mencapai +/- Rp. 250 Juta.

Yah, anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 250 Juta untuk biaya investasi Pertashop Pertamina dengan skema bisnis DODO. Biaya yang dibutuhkan sangatlah besar karena biaya investasi dan biaya operasional sepenuhnya ditanggung oleh Mitra Pertashop.

Selain itu, skema bisnis DODO terbagi menjadi 3 kategori, yakni Gold, Platinum dan Diamond. Untuk mengetahui perbedaannya, silahkan lihat gambar di atas.

Ketiga kategori di atas berhak untuk memasarkan produk Pertamax, Dexlite, Elpiji 12 kg, Bright Gas, dan Peluas. Namun untuk kategori Platinum juga bisa memasarkan produk UMKM. Apabila ingin lebih lengkap bisa memilih kategori Diaomond yang bisa sekaligus membuat Minimarket dan Warkop.

Dibanding membangun SPUB biasa tentu biaya mendirikan Pertashop Pertamina jauh lebih terjangkau. Sebab untuk SPUB membutuhkan biaya belasan hingga puluhan Miliar. Nah bagi yang tertarik menjadi mitra, silahkan simak informasi cara daftar Pertashop Pertamina berikut ini.

Cara Daftar Pertashop Pertamina

Cara Daftar Agen Pertashop Pertamina

Saat ini menjadi agen mitra Pertashop dapat menunjang peluang usaha serta pendapatan masyarakat pedesaan. Oleh sebab itu perusahaan pertamina, memprioritaskan lembaga desa sebagai pengeloaan pertshop.

Nah bagi masyarakat pedesaan yang berminat menjadi agen Pertashop, maka harus mendaftarkan diri secara online. Calon mitra Pertashop bisa melakukan pendaftaran melalui laman https://ptm.id/MitraPertashop dan untuk langkah-cara daftar Pertashop Pertamina silahkan simak ulasan viralorchard.com di bawah ini:

1. Proses Penginputan Data

Untuk proses penginputan data pendaftaran mitra Pertashop memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

1. Pemilihan Lokasi

Dalam langkah pemilihan lokasi, calon mitra diminta untuk memilih pilihan lokasi yang tersedia seperti provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, hingga alamat detail lokasi Pertashop didirikan. Nah bagi calon mitra yang tidak menemukan lokasi yang diinginkan, maka dapat melakukan pengajuan lokasi dengan meng-klik tautan yang tersedia.

2. Registrasi

Langkah kedua dalam penginputan data adalah proses registrasi. Dalam proses registrasi calon mitra diminta untuk mengisi nama perusahaan, alamat e-mail, serta nomor handphone yang masih berlaku serta dapat digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran mitra pertamina yang dimilikinya.

3. Aktivasi Akun

Untuk proses aktivasi akun maka calon mitra akan menerima email yang berisi menu aktivasi akun serta pesan SMS yang berisi kode aktivasi. Nah dalam proses ini, silahkan pilih menu “Aktivasi Akun” dan masukkan kode aktivasi yang ada di menu SMS pada kolom yang telah tersedia.

4. Mengisi Profil Pengusaha

Terdapat beberapa data yang harus diisi oleh calon mitra pada data profil usaha yakni meliputi riwayat pendidikan calon mitra, pekerjaan, serta kewirausahaan calon mitra dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana profesi calon mitra dalam menjalankan usahanya.

5. Mengisi Profil Perusahaan

Tujuan dari pengisian profil perusahaan yakni untuk mengetahui sejauh mana performansi serta kemampuan finansial perusahaan calon mitra Pertashop.

6 Tata Letak

Langkah selanjutnya calon mitra diminta untuk mengisi data yang spesifik mengenai lokasi bentuk lahan, posisi, kondisi serta segala sesuatu yang meyangkut lokasi mitra Pertashop nantinya. Pengisian menu tata letak disini antara lain bentuk lahan, kondisi, posisi, serta sesuatu yang menyangkut lokasi mitra Pertashop.

2. Proses Verifikasi Awal

Terdapat dua proses verifikasi awal, yakni sebagai berikut:

  1. Perusahaan pertamina akan memproses verifikasi awal dengan cara menyeleksi kesiapan, kemampuan finansial calon mitra Pertashop
  2. Kedua yakni pertamina akan memproses verifikasi mengenai kesiapan lahan. Hal ini bertujuan apakah nantinya lahan yang akan dijadikan mitra Pertashop layak atau tidak.

3. Proses Verifikasi Lapangan

Langkah terakhir adalah proses verifikasi lapangan. Proses ini dilakukan dengan tujuan menyamakan data yang telah diinput oleh calon mitra dengan fakta yang ada di lapangan.

Setelah calon mitra dinyatakan layak dalam proses verifikasi lapangan, maka calon mitra akan mendapatkan persetujuan pendirian mitra Pertashop oleh PT Pertamina.

4. Adminstrasi

Setelah proses verifikasi selesai maka dilanjutnya dengan proses Adminstrasi. Ada dua hal yang penting, yakni Persyaratan Pemda dan Penguasaan Lahan.

5. Izin Bangun

Proses selanjutnya adalah mulai pembangun Pertashop. Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu mengajukan desain ke pihak Pertamina. Apabila desain disetujui maka baru masuk ke proses pembangunan.

6. Kontrak

Langkah berikutnya adalah tanda tangan perjanjian kesepakatan kerja antara Pertamina dengan Mitra yang berisi mengenai jangka waktu kontrak 10 tahun.

7. Operasional

Setelah semuanya beres maka Mitra bisa mulai mengoperasikan Pertashop Pertamina.

Kesimpulan

Sebenarnya cara daftar Pertashop Pertamina cukup mudah. Sebab pendaftaran dilakukan secara online. Setelah selesai mendaftar maka selanjutnya pihak Pertamina akan melakukan evaluasi dan verifikasi lokasi yang akan digunakan sebagai lokasi Pertashop.

Apabila memenuhi kriteria dan syarat mendirikan Pertashop Pertamina maka permohonan akan disetujui dan anda bisa mendirikan Pertashop dilokasi yang sudah dipilih. Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu memilih skema bisnis, apakah CODO atau DODO.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar syarat dan cara daftar Pertashop Pertamina silahkan simak mendownload brosur Pertashop “KLIK DI SINI” dan simak pula halaman FAQ di bawah ini.

Apa Itu Pertashop Pertamina?

Pertashop adalah program dari Pertamina yang bertujuan sebagai penyalur Pertamina skala kecil. Melalui program ini masyarakat bisa menjalin kemitraan dengan Pertamina untuk melayani kebutuhan BBM Non-Subsidi, LPG Non-Subsidi, Pelumas, dll.

Bagaimana Skema Kemitraan Pertashop?

Ada dua skema kemitraan yang ditawarkan. Pertama adalah DODO (Biaya Investasi dan Baya Operasi oleh MITRA) dan yang kedua CODO (Biaya Investasi PT. Pertamina dan Biaya Operasi MITRA)

Berapa Modal Mendirikan Pertashop Pertamina?

Untuk skema bisnis CODO membutuhkan biaya investasi minimal Rp. 80 Juta. Sedangkan DODO minimal Rp. 250 Juta.

Apa Saja Produk Pertashop?

Produk utama Pertashop adalah Petamax, Dexlite, LPG Non Subsidi, dan Pelumas

Bagaimana Cara Daftar Mitra Pertashop?

Untuk pendaftaran Pertashop dilakukan secara online melalui halaman kemitraan.pertamina.com

Apa Keuntungan Menjadi Mitra Pertashop?

Dengan menjadi Mitra Pertashop, anda bisa menjual BBM ataupun produk lainnya dengan harga jual sama dengan SPUB Pertamina. Selain itu, anda akan mendapatkan takaran dan kualitas produk sesuai standar Pertamina.

Nah demikianlah informasi mengenai syarat dan cara daftar Pertashop Pertamina. Dapat kita simpulkan bahwa Pertashop merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Namun sayangnya peluang bisnis ini membutuhkan biaya dan modal cukup besar.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Menggunakan Shopee Paylater” dan beragam informasi bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *