Cara Daftar Mobile Banking Mandiri
Perbankan

30 Cara Daftar Mobile Banking Mandiri di ATM dan Aktivasi M-Banking

Cara Daftar Mobile Banking Mandiri – Sebagai alat penyimpanan uang, bank memiliki fungsi yang dapart digunakan untuk betransaksi. Segala pelayanan transaksi mulai dari setor tunai, pengambilan uang, transfer, pembayaran tagihan dan lainnya, dapat dilakukan melalui pelayanan bank.

Bank-bank di Indonesia selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk para nasabahnya. Pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh bank untuk para nasabahnya, antara lain buku tabungan, kartu ATM atau debit, SMS Banking, Internet Banking hingga Mobile Banking.

Namun, saat ini pelayanan yang banyak digunakan adalah Mobile Banking. Penggunaan Mobile Banking, terbilang sangat efektif karena nasabah tidak perlu memakan banyak waktu pada saat melakukan transaksi.

Selain itu, pengguna Mobile Banking dapat digunakan di mana saja tanpa mengharuskan nasabah mendatangi tempat transaksi. Melakukan transaksi melalui Mobile Banking juga tanpa adanya batasan waktu, karena dapat dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam atau tanpa menunggu jam kerja.

Cara akses Mobile Banking hanya dilakukan melalui aplikasi yang terpasang di smartphone anda serta bantuan koneksi internet. Tetapi, untuk melakukan transaksi Mobile Banking, pastikan anda telah memiliki rekening bank yang bersangkutan.

Bank Mandiri menjadi salah satu bank yang memiliki pelayanan Mobile Banking. Jadi, bagi anda yang telah memiliki rekening Mandiri maka dapat mendaftarkan Mobile Banking.

Melalui Mobile Banking Mandiri, maka anda akan menikmati beberapa fitur yang menguntungkan serta memudahkan transaksi. Jadi, tunggu apalagii? segera daftarkan Mobile Banking Mandiri dengan beberapa langkah di bawah ini.

Tutorial Cara Daftar Mobile Banking Mandiri

Cara Daftar Mobile Banking Mandiri

Untuk melakukan pendaftaran Mobile Banking Mandiri, harus memastikan bahwa anda telah memiliki rekening Mandiri. Nah, bagi yang belum memilikinya maka dapat melakukan pembuatan rekening disertai pendaftaran Mobile Banking secara langsung di kantor cabang bank Mandiri.

Fitur-Fitur

Terdapat beberapa fitur menarik pada Mobile Banking Mandiri dan tentu saja sangat bermanfaat bagi nasabah untuk melakukan transaksi. Adapun fitur-fitur yang dimiliki Mobile Banking Mandiri, sebagai berikut:

  1. Fitur transfer sesama rekening bank Mandiri
  2. Fitur transfer antar  rekening bank Mandiri atau rekening bank lain
  3. Fitur pembayaran tagihan seperti listrik, internet, TV kabel, PDAM, hingga lainnya
  4. Fitur pembayaran e-commerce melaui nomor virtual account
  5. Fitur pembelian isi ulang pulsa, listrik, hingga lainnya
  6. Fitur penyimpanan riwayat transaksi atau mutasi rekening
  7. Mengetahui lokasi ATM serta cabang
  8. Melihat informasi kurs hingga suku bunga
  9. Fitur pengecekan saldo.

Syarat Pendaftaran Mobile Banking Mandiri

Untuk melakukan pendaftaran Mobile Banking Mandiri, maka anda harus mempersiapkan persyaratannya. Persyaratan tersebut dibutuhkan untuk memperlancar proses pendaftaran Mobile Banking. Adapun syarat-syarat yang harus anda persiapkan, silahkan simak pada artikel viralorchard.com berikut ini. 

  1. Anda harus memiliki rekening Mandiri, jika belum bisa mendaftarkannya melalui kantor cabang bank Mandiri
  2. Memiliki kartu debit Mandiri atau kartu ATM Mandiri
  3. Kartu identitas diri berupa KTP
  4. Nomor handphone yang masih aktif dan terdapat pulsa untuk memverifikasi nomor ponsel anda. Untuk nomor yang telah bekerjasama dengan Mandiri yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3 (Tri).
  5. Smartphone berkoneksi internet
  6. Aplikasi “Mandiri Online” yang bisa didaptkan melalui PlayStore atau AppStore pada smartphone anda
  7. Nasabah harus mengaktifkan SMS Finansial serta memiliki M-PIN terlebih dahulu
  8. Untuk proses pengaktifan SMS Finansial dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang bank Mandiri terdekat
  9. Kemudian, untuk proses mendapatkan MPIN maka nasabah dapat melakukannya dengan mendatangi kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas, buku tabungan dan kartu debit.

Cara Daftar Mobile Banking Mandiri

Untuk mengaktifkan mobile banking Mandiri, anda harus terlebih dahulu mendaftar di ATM untuk meregistrasikan nomor handphone. Setelah itu anda harus datang ke kantor cabang untuk mengaktifkan SMS banking finansial dan membuat MPIN. Kemudian langkah terakhir adalah melakukan registrasi di aplikasi Mandiri Online yang digunakan untuk bertransaksi menggunakan mobile banking Mandiri.

Cara daftar mobile banking Mandiri memang cukup pajang. Apabila ingin lebih mudah tanpa perlu ke kantor cabang maka harus membuat rekening tabungan secara online melalui join.bankmandiri.co.id.  Sebab dengan membuka rekening secara online sekaligus mengaktifkan SMS banking finansial dan mendapatkani MPIN sehingga tidak perlu mendaftar di ATM dan aktivasi di kantor cabang.

Bagi yang sudah terlanjur memiliki rekening Mandiri maka mau tidak mau harus mengikuti setiap langkah pendaftaran mobile banking Mandiri. Nah untuk mengetahui bagaimana cara daftar mobile banking Mandiri silahkan simak informasi berikut.

1. Pendaftaran Mobile Banking di ATM

Langkah pertama adalah mengaktifkan mobile banking di ATM dan mendaftarkan nomor handphone yang digunakan untuk bertransaksi. Pastikan nomor handphone aktif dan memiliki pulsa untuk verifikasi. Selain itu anda harus menggunakan nomor telepon dari provider Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren atau 3 (Tri). Setelah semua siap tinggal mengikuti tutorial cara daftar mobile banking Mandiri di ATM dengan langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan datang ke gerai ATM Mandiri terdekat, lalu masukan kartu ATM ke slot yang tersedia
  2. Kemudian pilih Bahasa Indonesia untuk memudahkan cara daftar mobile banking Mandiri
    Cara Daftar Mobile Banking Mandiri di ATM
  3. Selanjutnya masukan PIN ATM
    Masukan PIN ATM
  4. Setelah masuk ke menu utama pilih Transaksi Lainnya
  5. Lalu pilih Pendaftaran E-Banking
    Cara Mendaftar Mobile Banking Mandiri di ATM
  6. Kemudian pilih Mobile Banking
    Cara Mendaftar Mobile Banking Mandiri di ATM
  7. Lalu konfirmasi nomor handphone, silahkan pilih Lanjut
  8. Setelah itu masukan nomor handphone yang akan didaftarkan mobile banking Mandiri
  9. Berikutnya anda harus membuat PIN Mandiri SMS
  10. Silahkan masukan sekali lagi kembali Pin Mandiri SMS yang sudah dibuat
    Cara Daftar Mobile Banking Mandiri Lewat ATM
  11. Selanjutnya akan muncul informasi Notifikasi Mandiri SMS. Silahkan pilih Ya
  12. Kemudian masukan tanggal lahir
  13. Setelah itu anda akan mendapatkan kode OTP yang dikirim lewat SMS dari nomor 3355. Silahkan masukan kode OTP tersebut ke ATM
  14. Selanjutnya anda akan mendapatkan struk yang menandakan bahwa pendaftaran mobile bankin Mandiri di ATM telah berhasil.

Silahkan mengikuti setiap langkah cara daftar mobile banking Mandiri di ATM yang kami sampaikan di atas. Setelah berhasil mendaftar maka langkah selanjutnya adalah datang ke kantor cabang Mandiri terdekat untuk aktivasi layanan SMS Finansial dan membuat MPIN.

2. Aktivasi SMS Finansial dan MPIN

Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri
Sebenarnya mobile banking Mandiri sudah bisa digunakan tanpa perlu aktivasi di kantor cabang. Namun transaksi yang bisa dilakukan hanya sebatas cek saldo. Apabila ingin menggunakan mobile banking untuk transfer dan bayar tagihan, anda wajib melakukan aktivasi SMS Finansial di kantor cabang Mandiri terdekat.

Apa saja yang harus dibawa? Saat datang ke kantor cabang anda hanya perlu membawa kartu identitas, kartu debit dan buku mandiri tabungan. Kemudian petugas bank Mandiri akan membantu mengaktifkan SMS Finansial dan membuat MPIN. Untuk lebih jelasnya silahan simak cara daftar mobile banking Mandiri di kantor cabang sebagai berikut.

  1. Silahkan datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dengan membawa KTP, kartu debit, dan buku tabungan. Untuk mengetahui alamatnya silahkan Cek Di Sini
  2. Kemudian ambil nomor antrian
  3. Silahkan tunggu sampai nomor anda dipanggil
  4. Setelah dipanggil anda akan menemui customer service Mandiri
  5. Selanjutnya anda tinggal meminta bantuan untuk melakukan aktivasi SMS Finansial dan membuat MPIN Mandiri Online
  6. Kemudian petugas akan membantu proses aktivasi dan anda akan diminta untuk membuat MPIN.

Perlu diingat, MPIN hanya bisa dibuat di kantor cabang Mandiri. Fungsinya adalah sebagai kode otentikasi transaksi saat bertransaksi menggunakan aplikasi mobile banking Mandiri.

3. Registrasi di Aplikasi Mobile Banking Mandiri

Cara Mengaktifkan Mobile Banking Mandiri
Setelah mengaktifkan SMS Finansial dan membuat MPIN di kantor cabang maka langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi aplikasi Mandiri Online. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi mobile banking Mandiri yang dikhususkan untuk pengguna iPhone dan Android.

Ada banyak sekali fitur yang tersedia pada aplikasi Mandiri Online. Salah satu fitur yang menarik adalah fitur untuk membuka rekening deposito dan rekening tabungan berjangka. Selain itu kita bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk transfer, cek saldo, dan beragam transaksi perbankan lainnya.

Nah untuk mengetahui bagaimana cara daftar mobile banking Mandiri melalui aplikasi Mandiri Online silahkan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Silahkan instal atau unduh aplikasi “Mandiri Online” yang terdapat di PlayStore atau AppStore pada smartphone anda
  2. Jika telah berhasil menginstal aplikasi tersebut, silahkan buka aplikasi Mandiri Online dan dilanjutkan dengan memilih menu “Mulai
  3. Anda akan ditampilkan beberapa syarat dan ketentuan Mandiri Online. Untuk melanjutkan proses pendaftaran, maka pilihlah menu “Setuju
  4. Silahkan dilanjutkan dengan memasukkan nomor kartu debit/ ATM, masa berlaku kartu, hingga tanggal lahir anda. Sebelum memilih menu “Lanjut” pastikan data tersebut sudah benar
  5. Untuk langkah kelima, anda akan ditampilkan laman SMS Verifikasi. Calon pengguna akan mendapatkan format SMS yang harus dikirimkan sebagai verifikasi nomor telephone. Jika telah melakukan pengiriman SMS tersebut, silahkan kembali membuka aplikasi Mandiri Online
  6. Langkah selanjutnya, anda diminta untuk membuat User ID serta Password yang akan digunakan login Mandiri Online. Dalam pembuatan User ID, sebaiknya gunakan perpaduan angka dan huruf. Contohnya: Viralorchard12. Kemudian untuk pembuatan kata sandi, gunakanlah huruf besar pada awal kalimat dan dipadukan dengan angka, sebagai contoh : Katasandi12. Setelah pembuatan User ID dan Password, silahkan pilih menu “Lanjut
  7. Anda diminta mengisi data tambahan, seperti alamat email serta foto profil. Silahkan isi alamat email anda, namun untuk foto profil dapat dikosongkan. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Buat Akun
  8. Selanjutnya, anda diminta untuk memasukkan M-PIN yang telah dibuat di kantor cabang bank Mandiri. Jika M-PIN telah dimasukkan, silahkan pilih menu “OK
  9. Pendaftaran Mandiri Online telah berhasil dilakukan dan anda dapat membuktikannya melalui login apliksi tersebut yakni dengan memasukkan User ID serta Password Mobile Banking. Jika sudah, silahkan dilanjut dengan memilih menu “Login
  10. Jika anda telah berhasil login Mandiri Online, maka pelayanan Mobile Banking sudah dapat dlakukan untuk bertransaksi.

Apabila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran Mandiri Online silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Daftar Mandiri Online“.  Setelah pendaftaran berhasil maka anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk bertransaksi secara mudah dan cepat.

Kesimpulan

Mandiri Online memungkinkan semua nasabah bank Mandiri untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke ATM. Selain itu, Mandiri Onlien juga bisa digunakan untuk cek saldo Mandiri lewat hp dan melihat history transaksi.

Sayangnya aplikasi Mandiri Online hanya bisa digunakan pada hp Android dan iPhone. Jadi bagi yang memiliki hp jadul tanpa koneksi internet tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan layanan SMS Banking Mandiri.

Jika sudah mendaftar mobile banking, anda tidak perlu lagi mendaftar SMS Banking. Sebab pendaftaran mobile banking sekaligus mengaktifkan SMS Banking. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara daftar mobile banking Mandiri silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Daftar Mobile Banking Mandiri Harus Ke Bank?

Pendaftaran mobile banking Mandiri bisa dilakukan di ATM. Namun agar bisa digunkan untuk bertransaksi secara finansial seperti transfer dan bayar tagihan maka harus ke bank untuk mengaktifkan SMS Finansial dan membuat M-PIN

Apakah Daftar M-Banking Mandiri Dikenakan Biaya?

Tidak, anda tidak akan dipungut biaya saat mendaftar M-Banking atau Mobie Banking Mandiri

Apa Saja Syarat Mengaktifkan M-Banking Mandiri?

Syarat yag utama adalah memiliki nomor handphone yang aktif untuk didaftarkan di ATM.

Nomor Apa Saja Yang Bisa Digunakan Untuk Mendaftar?

Layanan mobile banking Mandiri mendukung nomor dari provider Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3 (Tri).

Kenapa Tidak Bisa Mendaftar Mobile Banking Mandiri?

Apabila terjad kendala saat mendaftar mobile banking Mandiri silahkan hubungi Mandiri Call di nomor 14000 atau langsung datang ke kantor cabang Mandiri terdekat.

Demikianlah informasi seputar cara daftar mobile banking Mandiri yang kami lansir dari bankmandiri.co.id. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi nasabah Bank Mandiri yang belum mengetahui cara daftar dan aktivasi mobile banking. Simak pula artikel sebelumnya mengenai cara cek saldo BCA lewat hp dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *