Cara Daftar Internet Banking BRI
Perbankan

Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM : Syarat & Cara Aktivasi

Cara Daftar Internet Banking BRI – Kebutuhan internet banking dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan oleh perkembangan zaman yang modern.

Untuk zaman modern ini, segala sesuatunya serba dimudahkan oleh perkembangan tekhnologi. Segala tekhnologi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, salah satunya tekhnologi bertransaksi.

Adanya internet banking, sangat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Segala jenis transaksi dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor cabang bank atau gerai ATM.

Hampir semua jenis bank di Indonesia telah menerapkan pelayanan internet banking untuk nasabhanya, salah satunya adalah bank BRI. Bank BRI memberikan pelayanan internet banking dengan tujuan memudahkan serta menjamin keamanan nasabah dalam bertransaksi.

Hebatnya dari internet banking BRI yaitu bank tersebut telah menyadiakan pelayanan customer service yang dapat melayani nasabah selama 24 jam. Pelayanan customer service sangat membantu nasabah dalam menghadapi segala kendala betransaksi.

Untuk menikmati pelayanan internet banking BRI cukuplah mudah, nasabah hanya tinggal mendaftarkannya. Untuk mengetahui cara daftar internet banking BRI silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini. 

Syarat Membuat Internet Banking BRI

Syarat Membuat Internet Banking BRI

Sebelum melakukan pendaftaran internet banking BRI, sebaiknya memperhatikan beberapa persyaratan yang dibutuhkan agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar. Syarat pendaftaran internet banking sebagai berikut:

  1. Sudah menjadi nasabah bank BRI
  2. Membawa buku rekening atau buku tabungan bank BRI
  3. Membawa kartu identitas diri seperti KTP, SIM, Paspor dan KIMS
  4. Memiliki nomor ponsel aktif serta operator yang bekerjasama dengan bank BRI, seperti Indosat, Telkomsel, XL, Three, Telkom Flexi, Bakrie Telecom
  5. Memiliki alamat email aktif
  6. Mengisi formulir aplikasi internet banking di kantor cabang bank BRI.

Syarat daftar Internet Banking BRI di atas merupakan persyaratan yang harus kalian siapkan saat mendaftar Internet Banking BRI di ATM dan melakukan aktivasi di kantor cabang.  Meskipun prosesnya cukup ribet, namun menurut kami cara daftar internet banking BRI tidaklah terlalu sulit. 

Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM

Cara Daftar Internet Banking BRI di ATM

Setelah mengumpulkan persyaratan pendaftaran internet banking BRI, maka dilanjutkan dengan proses registrasi awal untuk membuat password internet banking BRI. Proses pendaftarannya sangat mudah, kalian hanya perlu datang ke ATM BRI terdekat dan mengikuti setiap langkah cara daftar internet banking BRI yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Silahkan cari dan datangi gerai ATM BRI terdekat.
    ATM BRI
  2. Setelah menemukan gerai ATM BRI, masukkan kartu ATM BRI ke slot mesin dengan benar. Jangan paksakan jika kartu ATM tidak dapat masuk ke slot, karena dapat merusak kartu. Anda dapat melihat stiker yang terdapat di atas slot sebagai contoh atau cara memasukkan kartu ATM dengan benar.
    Memasukan Kartu ATM
  3. Anda diminta memilih salah satu bahasa yang ditampilkan di monitor. Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris, untuk memudahkan proses pendaftaran internet banking BRI maka pilihlah bahasa Indonesia. Namun, bagi pengguna yang paham dan mengerti bahasa Inggris dapat menggunakan bahasa tersebut.
    Cara Mendaftar Internet Banking BRI
  4. Kemudian, anda diminta memasukkan PIN ATM terdiri dari 6 gigit angka pada pinpad yang berada di bawah monitor. Pastikan tidak salah memasukkan PIN secara berulang-ulang sebanyak 3 kali, karena sistem akan memblokir secara otomatis ATM anda dengan tujuan menghindari segala bentuk kejahatan.
  5. Monitor akan menampilkan beberapa pilihan. Untuk pilihan pendaftaran internet bankig BRI, pilihlah menu “Menu Lainnya“.
    Daftar Internet Banking BRI
  6. Langkah ketujuh, silahkan anda memilih menu “Registrasi Info Lain” untuk proses pendaftaran.
    Registrasi Internet Banking BRI di ATM
  7. Dilanjutkan dengan memilih menu “Internet Banking“.
    Cara Membuat Internet Banking Bank BRI
  8. Selanjutnya nasabah akan diminta untuk menginput PIN sebanyak dua kali yang akan digunakan sebagai password internet banking.
    Pin Internet Banking BRI
  9. Munculah sebuah notifikasi yang bertuliskan “Registrasi internet banking berhasil dilakukan” Setelah menerima notifikasi keberhasilan registrasi, monitor akan menampilkan sebuah User ID yang digunakan untuk login.
  10. Proses registrasi telah selesai, maka akan keluar struk melalui slot print yang berisi User ID.
  11. Sebelum meninggalkan gerai ATM BRI, jangan lupa ambilah kartu ATM anda.
    Mengambil Kartu ATM

Seperti yang kalian lihat di atas, cara daftar internet banking BRI di ATM memang sangat mudah. Namun cara daftar internet banking BRI di atas hanyalah registrasi awal untuk membuat password yang digunakan untuk login internet banking BRI. Selanjutnya kalian perlu melakukan aktivasi mTOKEN agar bisa menggunakan layanan tersebut.

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara Aktivasi Internet Banking BRI di Kantor Cabang

Sebenarnya layanan internet banking BRI sudah bisa digunakan setelah melakukan registrasi di mesin ATM. Namun hanya sebatas transaksi non finansial seperti cek saldo rekening tabungan dan cek mutasi rekening.

Nah agar bisa digunakan untuk transfer dan transaksi lainnya, maka perlu aktivasi mTOKEN. Sayangnya proses aktivasi mTOKEN hanya bisa dilakukan di kantor cabang BRI terdekat. Adapun caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Datanglah ke kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan pendafaran internet banking BRI
  2. Masuk dan ambilah nomor antrian menuju customer service. Jika nasabah bingung, silahkan minta bantuan kepada satpam kantor cabang bank BRI
  3. Silahkan tunggu antrian
  4. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan datangi customer service.
  5. Beritahu kepada petugas CS bahwa anda memiliki tujuan untuk aktivasi internet banking BRI
  6. Kemudian petugas akan memberikan formulir permohonan yang harus diisi dan ditandatangani
  7. Silahkan mengisi semua formulir yang diberikan dan petugas CS akan memproses aktivasi hingga berhasil. 

Cara Menggunakan Internet Banking BRI

Internet Banking BRI

Setelah aktivasi mTOKEN di kantor cabang BRI, maka kita bisa langsung menggunakannya untuk bertransaksi. Lalu bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, kalian tinggal membuka situs internet banking BRI dengan mengakses  ib.bri.co.id/ib-bri.

Silahkan kalian login dengan User ID dan Password yang didapatkan saat daftar Internet Banking BRI di ATM dan kantor cabang. Kemudian masukan kode validasi dan klik Masuk. Setelah itu kita bisa menimati semua fitur yang tersedia. Untuk mengetahui apa saja fiturnya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Cek infromasi saldo tabungan, deposito, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan
  2. Melakukan mutasi rekening
  3. Melakukan transfer sesama bank BRI maupun antar bank, serta RTGS
  4. Melakukan beberapa pembayaran tagihan seperti, listrik, telepon, hingga kartu kredit
  5. Melakukan pembelian pulsa dan uang elektronik
  6. Komunikasi dengan pertugas Customer Service BRI tanpa batasan waktu hingga 24 jam melalui inbox internet banking.

Sebagai catatan: untuk keamanan internet banking anda, jangan pernah berbagai user ID dan Password kepada siapapun, karena saat ini banyak kejahatan dan kecurangan yang merajalela

Kesimpulan

Dari informasi di atas bisa kita simpulkan bahwa cara daftar internet banking BRI tidaklah sulit. Namun nasabah bank BRI tetap perlu datang ke kantor cabang untuk aktivasi mToken yang nantinya digunakan untuk bertransaksi.

Perlu kalian ketahui, bahwa mToken BRO berbeda dengan Token pada umumnya. Sebab mToken BRI tidak membutuhkan perangkat tambahan, karena kode token akan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang didaftarkan.

Bagi yang memiliki pertanyaan seputar cara daftar internet banking BRI, silahkan menyimak beberapa FAQ di bawah ini.

Berapa Biaya Pembuatan Internet Banking BRI?

Proses pembuatannya tidak dikenakan biaya

Apakah Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI Bisa Tanpa Harus Ke Bank?

Bisa, namun hanya sebatas untuk transaksi non-finansial seperti cek saldo dan cek mutasi rekening. Untuk transaksi finansial harus menggunakan mToken yang diaktifkan di kantor cabang Bank BRI

Apakah Internet Banking BRI Kena Biaya?

Apabila bertransaksi menggunakan m-token akan dikenakan biaya sms yang diambil dari pulsa hp. Namun untuk transaksi non-finansial tidak akan dikenakan biaya

Apakah Bisa Mengganti Nomor Handphone mTOKEN BRI?

Ada dua cara untuk mengganti nomor yang terhubung dengan mToken BRI, yakni melalui Call Center BRI (14017 / 1500017) dan datang ke kantor cabang BRI terdekat.

Bagaimana Cara Login Internet Banking BRI?

Silahkan mengakses situs https://ib.bri.co.id

Bagaimana Cara Mengatasi Lupa Password dan User ID Internet Banking BRI?

Silahkan menghubungi Call Center Bank BRI di nomor 14017 atau 1500017

Apakah Internet Banking BRI Bisa Digunakan di luar negeri?

Bisa, asalkan anda mengaktifkan paket rooming atau selama kartu yang didaftarkan aktif di negara yang dikunjungi

Apakah Internet Banking BRI Pakai Pulsa?

Ya, pulsa digunakan agar bisa bertransaksi melalui mToken BRI

Mengapa Internet Banking BRI Saya Terblokir?

Masalah tersebut disebabkan karena salah memasukan password sebanyak 3 kali. Untuk mengaktifkannya kembali, silahkan menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017

Apa Saja Nomor Handphone Yang Bisa Didaftarkan?

Pendaftaran internet banking BRI hanya bisa bisa menggunakan nomor handphone dari operator Indosat, Telkomsel, XL, Three, Telkom Flexi, dan Bakrie Telecom

Nah demikianlah informasi seputar cara daftar internet banking BRI beserta syarat dan cara aktivasi. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi bagi nasabah Bank BRI yang ingin mengaktifkan layanan internet banking. Simak pula informasi sebelumnya mengenai Syarat Buka Rekening Mandiri dan beragam artikel perbankan lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *