Cara Daftar Internet Banking BNI
Perbankan

21 Cara Daftar Internet Banking BNI dan Aktivasi Lewat Hp

Cara Daftar Internet Banking BNI – Seluruh bank di Indonesia telah memfalisitasi pelayanan-pelayanan yang dapat membuat nasabah merasa lebih puas karena dapat melakukan transaksi lebih mudah. Salah satunya adalah bank BNI.

Pelayanan yang dapat mempermudah dalam melakukan transaksi adalah Internet Banking. BNI Internet Banking merupakan fasilitas e-banking dari BNI yang dapat digunakan untuk mengakses rekening melalui jaringan internet sekaligus dapat digunakan untuk bertransaksi secara online.

Produk canggih Internet Banking BNI ini dapat dilakukan untuk melakukan transaksi keuangan seperti cek saldo, transfer sesama rekening, transfer antar rekening, mutasi rekening, penggantian PIN, hingga membeli tiket pesawat. Semua transaksi tersebut dapat dilakukan di mana saja, tidak harus mendatangi gerai ATM ataupun kantor cabang bank BNI.

Kemudahan bertransaksi menjadi kelebihan utama Internet Banking BNI. Namun layanan perbankan tersebut tidak akan aktif secara sendirinya. Nasabah harus terlebih dahulu mendaftar di ATM, lalu dilanjutnya dengan proses aktivasi.

Meskipun terdengar cukup ribet, namun sebenarnya cara daftar Internet Banking BNI cukup mudah. Yang paling penting anda mengetahui setiap langkah yang harus dilakukan. Nah bagi yang belum mengetahui caranya silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini.

Tutorial Cara Daftar Internet Banking BNI

Cara Mengaktifkan Internet Banking BNI

Transaksi-Transaksi pada Internet Banking Mandiri

Transaksi yang dapat digunakan di Internet Banking Mandiri ada dua jenis yaitu transaksi non-finansial dan transaksi finansial. kedua jenis transaksi tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain yaitu:

Transaksi Non-Finansial

  1. Cek saldo
  2. Dapat digunakan untuk mengecek dan print 10 transaksi terakhir
  3. Cek dan print mutasi rekening
  4. Simulasi pengembangan dana
  5. Secured e-mail
  6. Ganti user-id serta password
  7. Personalia akun
  8. Unduh BNI m-secure
  9. Simulasi perencanaan dana
  10. Simulasi perencanaan anggaran.

Transaksi Finansial

  1. Transfer sesama bank BNI, transfer antar bank dalam negeri maupun luar negeri
  2. Transfer terjadwal terjadwal dan rutin sesuai dengan waktu yang dikehendaki
  3. Pembayaran tagihan seperti, kartu listrik, listrik PLN, telepon/seluler, TV kabel, speedy, angsuran pinjaman
  4. Pembayaran pajak, zakat, kurban, serta biaya pendidikan
  5. Pemesan atau pembelian tiket pesawat (Garuda, Air Asia, Lion Air)
  6. Pembelian isi ulang atau voucher telepon seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, SmartFren, Esia, Flexi, 3/Three, serta Axis.
  7. Pembukaan deposito.

Syarat Membuat Internet Banking BNI

Seperti yang kalian lihat di atas, ada banyak sekali transaksi yang bisa dilakukan menggunakan Internet Banking BNI. Namun untuk mendaftar internet Banking BNI ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syaratnya tergolong sangat mudah, dan untuk mengetahui apa saja persayaratan yang dibutuhkan silahkan simak di bawah ini.

  1. Sebagai nasabah BNI dengan bukti memiliki buku rekening, serta kartu debit/ATM BNI.
  2. Memiliki alamat email masih aktif
  3. Kartu identitas, seperti KTP, atau SIM
  4. Memiliki nomor telepon aktif dan dapat dihubungi
  5. Melakukan aktivasi finansial apabila ingin menggunakan Internet Banking BNI untuk transaksi finansial

Cara Daftar Internet Banking BNI di ATM

Cara Daftar Internet Banking BNI di ATM

Langkah pertama dalam mengaktifkan Internet Banking BNI adalah mendaftar di ATM. Nasabah bisa melakukan pendaftaran di semua gerai ATM BNI di seluruh Indonesia. Cara daftar Internet Banking BNI di ATM sangat mudah, karena hanya perlu memilih menu Registrasi E-Channel, kemudian pilih BNI Internet Banking. 

Selanjutnya nasabah tinggal membuat PIN Internet Banking yang nantinya digunakan untuk bertransaksi menggunakan layanan tersebut. Nah bagi yang masih bingung bagaimana cara daftar Internet Banking BNI di ATM silahkan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Silahkan cari dan datangi gerai ATM BNI terdekat
  2. Silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu yang tersedia. Masukkan kartu dengan benar, jangan paksakan kartu jika tidak dapat masuk ke slot kartu karena dapat merusak kartu ATM.
  3. Silahkan pilih bahasa, mesin ATM menyediakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan anda dalam mendaftar internet banking, silahkan pilih bahasa Indonesia atau memilih bahasa sesuai dengan kepemahaman anda.
  4. Masukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka pada pinpad yang telah tersedia di layar monitor. Masukkan PIN ATM dengan bener, jangan sampai salah memasukkan PIN hingga 3 kali secara berturut-turut, maka sistem akan secara otomatis memblokir kartu ATM anda.
  5. Langkah kelima, pilihlah menu “Registrasi E-Channel” yang berada di sebelah kiri monitor mesin ATM.
  6. Selanjutnya, monitor akan menampilkan beberapa pilihan dan untuk pendafatran internet banking, pilihlah menu “BNI Internet Banking”.
  7. Minitor akan menampilkan pernyataan, maka langsung saja memilih menu “Setuju“.
  8. Silahkan input PIN atau membuat PIN baru untuk BNI iBank yang terdiri dari 6 digit angka. Jika telah membuatnya, silahkan pilih menu “Benar
  9. Kemudian, monitor akan menampilkan “Apakah Ingin Melanjutkan Transaksi?” maka pilihlah menu “Ya“.
  10. Silahkan tunggu keluarnya struk pada slot print. Struk tersebut berisi kode aktivasi BNI Internet Banking.
  11. Silahkan ambil kartu ATM anda dengan memilih menu “Tidak”. Pastikan tidak meninggalkan kartu ATM, untuk menghindari segela kejahatan.

Proses Aktivasi BNI Internet Banking

Cara Aktivasi Internet Banking BNI

Setelah proses pendaftaran di ATM berhasil, maka selanjutnya nasabah harus melakukan aktivasi. Ada dua proses aktivasi yang harus dilakukan. Pertama adalah aktivasi transaksi non-finansial melalui situs internet banking BNI.

Kemudian proses aktivasi yang kedua adalah mengaktifkan layanan transaksi finansial yang harus dilakukan di kantor cabang BNI terdekat. Hal ini perlu dilakukan agar nasabah bisa menggunakan Internet Banking BNI untuk transfer, pembayaran tagihan, isi pulsa, dll.

Bagi nasabah yang belum mengaktifkan layanan transaksi finansial tidak perlu khawatir. Nasabah tetap bisa bertransaksi, namun hanya sebatas transaksi non-finansial seperti cek saldo, mutasi rekening dan mengecek informasi tagihan.

Proses aktivasi bisa dilakukan lewat hp karena menggunakan sistem online. Nah untuk mengetahui bagaimana proses aktivasi Internet Banking BNI lewat hp silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan kunjungi laman resmi internet banking BNIdengan alamat https://ibank.bni.co.id
  2. Kemudian akan muncul tampilan login Internet Banking BNI. Nah untuk proses aktivasi, silahkan klik tulisan “klik disini” pada bagian aktivasi.
  3. Anda diminta untuk memasukkan kode aplikasi. Masukkan kode aplikasi tersebut yang tertera dalam struk ATM, kode Captcha, serta PIN yang anda buat saat proses pendaftaran internet banking di gerai ATM.
  4. Selanjutnya anda diminta memverifikasi nomor handphone. Anda akan mendapatkan kode verifikasi berupa OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui SMS pada nomor handphone yang telah terdaftar.
  5. Setelah mendapatkan kode OTP, silahkan masukkan kode tersebut dengan benar dan sesuai untuk melanjutkan proses aktivasi. Namun, jika anda salah memasukkan kode OTP, secara otomatis proses aktvasi akan dihentikan.
  6. Ketika proses aktvasi dilanjutkan, anda diminta memasukkan password sebanyak dua kali. Password pertama berfungsi sebagai pilihan dan yang kedua sebagai konfirmasi dengan catatan, sistem akan memproses password dengan jumlah minimal 8 hingga 12 karakter berupa kombinasi angka dan huruf.
  7. Kemudian, anda akan ditunjukkan beberapa User ID oleh sistem, data rekening dan nomor handphone serta alamat email. User ID yang ditampilkan tersebut akan berfungsi untuk login Internet Banking, untuk itu selalu ingat dan hafalkan.
  8. Berikutnya akan ditampilkan pilihan “apakah ingin aktifkan akses BNI iBank di mobile browser atau tidak”. Jika anda tidak setuju, silahkan hilangkan tanda centang pada “Akses Mobile Browser”.
  9. Silahkan klik menu “Proses” sebagai tanda telah aktifnya BNI Internet Banking
  10. Terakhir, secara otomatis anda akan diarahkan untuk melakan otorisasi transaksi finalsial dengan BNI m-Secure. Namun, jika penggun ingin mengggunakan kode yang lain dapat mendatangi kantor cabang BNI terdekat.

Cara Aktivasi Transaksi Finansial

Token BNI

Seperti yang kami sampaikan di atas, nasabah harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan transaksi finansial apabila ingin menggunakan Internet Banking BNI untuk transfer, beli pulsa, bayar tagihan, dan beragam transaksi finansial lainnya.

Proses aktivasi finansial hanya bisa dilakukan di kantor cabang BNI terdekat. Sebelum datang ke kantor cabang, kalian harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa persyaratan yang terdiri dari Buku Rekening, Kartu ATM, dan kartu identitas.

Setelah semua persyaratan siap, kemudian tinggal datang ke kantor cabang BNI terdekat yang lokasinya bisa kalian Cek Di Sini. Kemudian minta bantuan ke Customer Service BNI untuk mengaktifkan transaksi finansial internet banking BNI.

Nantinya customer service akan membantu proses aktivasi dan memberikan token BNI e-Secure. Token tersebut berfungsi sebagai alat pengaman tambahan untuk bertransaksi menggunakan internet banking BNI.

Setelah mendapatkan token BNI e-Secure maka nasabah bisa bertransaksi secara finansial menggunakan Internet Banking BNI. Nantinya setiap transaksi harus menggunakan token tersebut sehingga wajib dijaga dan jangan sampai lupa pin.

Kesimpulan

Dengan mengaktifkan internet banking, maka nasabah Bank BNI bisa bertransaksi secara mudah tanpa perlu datang ke ATM. Selain itu, Bank BNI juga memiliki layanan Mobile Banking yang sama-sama bisa digunakan untuk bertransaksi lewat hp.

Menurut kami, bertransaksi menggunakan mobile banking jauh lebih mudah. Sebab mobile banking BNI tidak mebutuhkan token. Nah bagi yang belum mengaktifkan layanan perbankan tersebut, silahkan simak caranya pada artikel berikut “Cara Daftar Mobile Banking BNI“.

Ada baiknya mengaktifkan semua layanan perbankan yang dimiliki Bank BNI agar transaksi bisa semakin mudah. Nah demikianlah informasi mengenai cara daftar internet banking BNI, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Cetak Rekening Koran BNI” dan beragam informasi perbankan lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *