Cara Cetak Rekening Koran BNI
Perbankan

13 Cara Cetak Rekening Koran BNI Online dan Di Kantor Cabang

Cara Cetak Rekening Koran BNI – Bank BNI merupakan perusahaan perbankan milik pemerintah Indonesia yang memiliki berbagai pelayanan keuangan untuk nasabahnya. Namun, semua pelayanan yang dimiliki oleh bank BNI tidak semata-mata hanya pelayanan tentang keuangan tetapi terdapat pelayanan berupa cetak rekening koran.

Adanya pelayanan cetak rekening koran ini bertujuan agar nasabah BNI mengetahui ringkasan transaksi yang terjadi pada rekeningnya. Biasanya para nasabah bank dalam melakukan cetak rekening koran tidak hanya untuk mengetahui ringkasan transaksi saja, tetapi sering juga digunakan sebagai suatu kebutuhan seperti pengajuan pinjaman, lelang, audit keuangan perusahaan, hingga lainnya.

Untuk proses cetak rekening koran sendiri, bank BNI memberikan dua pilihan yakni melalui offline serta online. Cetak rekening koran offline, mungkin seringkali terdengar oleh nasabah karena cara ini dilakukan melalui kantor cabang terdekat.

Sedangkan untuk cetak rekening koran BNI melalui online, memiliki cara yang lebih mudah dan cepat karena nasabah dapat melakukannya melalui sebuah fitur pelayanan BNI Internet Banking. Cara cetak rekening koran melalui fitur Internet Banking bisa dikatakan lebih cepat dan mudah, karena nasabah hanya mengaksesnya melalui smartphone/ PC/ Laptop yang terhubung dengan jaringan internet serta dapat dilakukan di mana dan kapanpun dalam waktu 1x 24 jam.

Tutorial Cara Cetak Rekening Koran BNI

Cara Cetak Rekening Koran BNI Online

Sama halnya dengan cetak rekening koran BCA serta cetak rekening BRI, nasabah Bank BNI bisa melakukan melakukan pencetakan rekening koran melalui Internet Banking. Nah untuk mengetahui bagaimana cara cetak rekening koran secara online menggunakan Internet Banking BNI silahkan simak tutorialnya pada artikel viralorchard.com berikut ini.

Cara Cetak Rekening Koran BNI

Terdapat dua cara yang harus nasabah ketahui mengenai catek rekening koran yakni melalui fitur pelayanan Internet Banking serta kantor cabang bank BNI. Adapun cara-caranya, simaklah ulasan di bawah ini:

1. Internet Banking

Perlu anda ketahui, bahwa cetak rekening koran melalui fitur Internet Banking ini tidak dapat dilakukan oleh semua nasabah bank BNI karena hanya nasabah yang telah mengaktifkan fitur Internet Banking saja. Namun, dari sedikit permasalahan tersebut terdapat keunggulan yang dapat nasabah nikmati yakni tidak akan dikenakan biaya / gratis.

Selain itu, bentuk cetak rekening koran melalui internet banking BNI yaitu soft file PDF. Bagi nasabah yang membutuhkan bukti cetaknya, maka dapat melakukan pemindahan soft file ke exel lalu di cetak/ print out.

Untuk langkah-langkah cetak rekeningnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan akses website resmi internet banking BNI dengan alamat ibank.bni.co.id pada smartphone/ laptop/ PC yang telah terkoneksi dengan koneksi internet stabil
  2. Setelah berhasil masuk pada laman website tersebut, silahkan dilanjutkan login dengan cara memasukkan User ID, Password, serta kode karater. Jika sudah, maka dilanjut dengan memilih menu “Login
  3. Nasabah akan berhasil masuk ke akun Internet Banking BNI anda. Untuk melakukan cetak rekening koran, maka dilanjut dengan memilih menu “Rekening
  4. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Mutasi Tabungan & Giro
  5. Silahkan pilih menu “Histori Transaksi” dan dilanjutkan dengan mengatur periode transaksi sesuai dengan kebutuhan nasabah
  6. Nasabah akan ditampilkan data rekening koran. Jika nasabah ingin mencetaknya, silahkan download data rekening tersebut dalam bentuk PDF dan simpanlah ke flashdisk atau perangkat lainnya
  7. Silahkan lalukan pencetakan rekening koran tersebut pada tempat percetakan atau dapat mengeprintnya sendiri di rumah.

2. Kantor Cabang

Cetak Rekening Koran BNI di Kantor Cabang

Bagi nasabah yang belum menggunakan fitur internet banking BNI, maka bank BNI memberikan solusi yang lain yakni dengan cara mendatangi kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa persyaratan. Adapun persyaratan yang dibutuhkan antara lain:

  1. Kartu identitas diri nasabah berupa KTP yang masih berlaku
  2. Buku tabugan rekening BNI
  3. Kartu debit atau kartu ATM BNI.
  4. Biaya cetak rekening koran sebesar Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per lembarnya.

Nah setelah persyaratan terkumpul, maka nasabah dapat melakukan cetak rekening koran dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan tersebut
  2. Silahkan ambilah nomor antrian untuk menuju ke petugas teller bank BNI dan tunggulah hingga nomor antrian anda terpanggil
  3. Setelah nomor antrian nasabah terpanggil, silahkan datangi petugas teller bank dan berikkan tujuan anda yakni mencetak rekening koran
  4. Petugas teller BNI akan meminta beberapa persyaratan dokumen
  5. Jika persyaratan dokumen telah diserahkan kepada petugas teller, maka proses cetak rekening akan dilakukan
  6. Terakhir, jika bukti cetak rekening telah anda terima. Silahkan dilanjutkan dengan membayar biaya cetak rekening kepada petugas bank.

Kesimpulan

Dari kedua cara di atas, menurut kami yang termudah adalah mencetak rekening koran secara online. Nasabah hanya perlu membuka situs internet banking, lalu memilih menu Mutasi Tabungan dan Giro untuk melihat histori rekening.

Nantinya akan muncul histori rekening yang berisi transferan masuk, transfer keluar, tarik tunai, dan beragam transaksi lainnya. Kemudian tinggal mengunduh data yang didapatkan menjadi rekening koran.

Namun bagi yang belum mengaktifkan internet banking maka bisa mencoba cetak rekening koran di kantor cabang BNI terdekat. Namun nasabah akan dikenakan biaya cetak rekening koran dan harus membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan.

Silahkan anda memilih salah satu metode di atas dan semoga informasi viralorchard.com kali ini bisa menjadi referensi bagi yang belum mengetahui cara mencetak rekening koran BNI secara online maupun di kantor cabang.

Cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Transfer iBanking Bank Jateng” dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *