Cara Cek SLIK OJK Online
Pinjaman & Kredit Online

11 Cara Cek SLIK OJK Online 2021 Untuk Mengetahui Catatan Kredit

Cara Cek SLIK OJK Online – Melakukan pinjaman di bank baik berupa KTA maupun KPR menjadi hal yang tidak asing lagi. Namun, sebagian orang dapat gagal melakukan pengajuan pinjaman tersebut dikarenakan oleh data seluruh riwayat kreditur debitur tercatat jelek oleh SLIK (Sitem Layanan Informasi Keuangan) di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Mungkin masih banyak orang yang asing mendengar SLIK OJK, sebenarnya hal ini sama seperti BI Checking atau sebagai pengganti BI Checking yang memiliki fungsi sebagai catatan riwayat pinjaman atau kredit seorang nasabah bank maupun non bank. Tidak hanya itu, BI Checking juga memiliki fungsi yang lain sebagai bukti lancar tidaknya anda dalam melunasi pinjaman.

Sebenarnya tujuan dari SLIK OJK ini untuk memperluas SID (Sistem Informarsi Debitur) yakni jumlah data yang tercatat melalui SLIK atau yang dikenal sebagai iDEB (Informasi Debitur). Dengan adanya iDEB, maka dengan mudahnya pihak lembaga keuangan dalam mengecek histori kredit seperti apakah calon debitur memiliki riwayat lancar bayar cicilan atau tidak.

Nah, untuk kamu yang menginginkan pinjaman atau kredit maka harus benar-benar memperhatikan apakah memiliki history atau riwayat pembayaran cicilan baik atau buruk. Bagi anda yang memiliki riwayat pembayaran cicilan buruk, maka pengajuan pinjaman atau kredit tidak akan di ACC oleh lembaga pinjaman/ kredit.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda menjaga riwayat cicilan atau pinjaman sebaik mungkin agar tidak mendapatkan skor jelek, sehingga pihak bank atau lembaga keuangan tiak ragu dalam mencairkan pinjaman. Untuk mengetahui bagaimana riwayat cicilan, maka anda dapat mengeceknya di SLIK OJK.

Adapun cara mengecek SLIK OJK, sebaiknya simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Tutorial Cara Cek SLIK OJK Online

Cara Mengecek SLIK OJK Online

Saat ini mengecek SLIK OJK dapat dilakukan melalui cara modern yakni melalui sistem online. Adapun cara cek SLIK OJK online bisa dikatakan lebih mudah, pengguna tidak perlu mendatangi kantornya hanya cukup dilakukan melalui smartphone/ PC/ Laptop yang telah terkoneksi jaringan internet.

Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka website resmi OJK di alamat https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi melalui smartphone/ laptop/ PC yang telah terkoneksi dengan jaringan internet
  2. Setelah membuka website resmi OJK, silahkan isi data seperti jenis pemohon, tanggal layanan, kantor OJK. Untuk pemilihan tanggal layanan, silahkan pilih tanggal serta jam yang masih kosong. Adapun untuk kantor OJK, sebaiknya pilih kantor pusat OJK yakni Jakarta
  3. Silahkan dilanjutkan dengan memilih antrian. Silahkan pilih antrian yang masih memiliki kuota banyak. Jika semua data telah disi, silahkan pilih menu “Lanjut”
  4. Langkah berikutnya anda diminta untuk mengisi data pemohon/ profil debitur yang meliputi nama lengkap, NIK, tempat tanggal lahir, Jenis Kelamin, Nomor Handphone, Alamat Email, Alamat tempat tinggal, Alamat lain (dapat dikosongkan), serta mengupload foto KTP dengan jelas serta data KTP dapat terbaca.
  5. Adapun untuk pesyaratan mengupload foto KTP dapat diganti dengan beberapa data diri lainnya. Namun memiliki beberapa persyaratannya yaitu: Untuk debitur perorangan dapat menggunakan KTP bagi WNI dan Passpor bagi WNA. Sedangkan untuk debitur bidang usaha bisa menggunakan Identitas pengurus (KTP bagi WNI dan Passpor bagi WNA), NPWP badan usaha, Akta Pendirian/ Anggaran Dasar Pertama atau Akta Pendirian/ Anggaran Dasar Terkhir jika akta mengalami perubahan
  6. Berikutnya, anda diminta mengisi alasan permohonan SLIK OJK. Silahkan isi dengan mencentang kolom “Dokumentasi diri sendiri”, “Dokumentasi untuk pengajuan kredit atau pembiayaan”
  7. Silahkan baca serta pahami beberapa informasi persetujuan dan dilanjutkan dengan memasukkan kode capthca. Jika semua data telah diisi dengan benar dan lengkap, silahkan pilih menu “Kirim”
  8. Permohanan akan terkirim dan anda akan mendapatkan kode antrian. Silahkan simpan kode antrian tersebut dan permohonan anda sedang di proses, maka tunggulah hingga anda mendapatkan email dari OJK mengenai status permohonan
  9. Untuk email yang didapatkan, maka anda diminta mengikuti instruksi atau langkah-langkah dalam validasi email yang telah diterima. Untuk intruksinya seperti cetak dan isi data dengan lengkap yang dikirimkan ke email, foto formulir yang telah ditandatangani kemudian kirimkan ke nomor WhatsApp yang tertera di email, kirimkan foto data diri melalui swafoto (selfie) dengan menunjukkan KTP.
  10. Setelah beberapa persyaratan terganti, maka anda akan mendapatkan email hasil verifikasi data, nantinya anda diminta untuk menghubungi nomor WhatsApp yang memiliki tujuan untuk memvalidasi data kalian.
  11. Setelah lolos validasi melalui WhatsApp, maka pihak OJK akan mengirimkan hasil iDeb SLIK dan membaca iDeb melalui email.

Kesimpulan

Untuk saat ini proses cek SLIK OJK sebelum melakukan pengajuan pinjaman atau kredit melalui lembaga bank maupun non bank cukuplah penting. Hal ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana riwayat atau histori pembayaran cicilan anda yakni baik atau buruk, karena jika buruk maka pengajuan pinjaman atau kredit anda tidak dapat dicairkan.

Untuk saat ini, untuk mengetahui riwayat pembayaran cicilan dapat dilakukan melalui online dengan bantuan SLIK OJK jadi anda tidak perlu lagi mendatangi kantor OJK. Bagi anda yang mengalami kendala mengenai cek SLIK OJK maka dapat menghubi customer service OJK.

FAQ

Apabila anda masih memiliki pertanyaan mengenai cara cek SLIK OJK online, simaklah FAQ di bawah ini:

Apa Itu SLIK OJK?

SLIK OJK merupakan singkatan dari  Sistem Layanan Informasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Apakah Bisa Cek SLIK OJK Secara Online?

Bisa, caranya adalah dengan mengakses halaman konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi. Kemudian tinggal mengatur jadwal antrian

Apakah Mengecek SLIK OJK Penting?

Tentu saja. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda agar mengetahui riwayat pembayaran cicilan.

Bagaimana Jika Memiliki Riwayat SLIK OJK Buruk?

Jika memiliki riwayat pembayaran cicilan buruk, maka proses pengajuan pinjaman atau kredit tidak dapat di ACC.

Demikian langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam mengecek riwayat pembayaran cicilan secara online melalui SLIK OJK. Semoga infromasi di atas dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi dalam cek SLIK OJK. Terima kasih dan simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Mengecek Rekening Koran BTN di ATM” dan beragam artikel bermanfaat lainnya. 

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *