Cara Mengecek Saldo E-Money Mandiri
Digital Payment

14 Cara Cek Saldo E-Money di Hp dan ATM Mandiri

Cara Cek Saldo E-Money  – Saat ini transaksi pembelian dan pembayaran bisa dilakukan secara mudah tanpa perlu uang cash. Hal ini bisa terjadi karena teknologi pembayaran digital atau uang digital. Ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Salah satunya adalah Bank Mandiri yang memiliki layanan bernama E-Money.

E-Money menjadi salah satu bentuk uang digital yang diteribitkan oleh bank Mandiri dalam bentuk kartu dengan tujuan melayani kebutuhan transaksi digital di Indonesia atau dapat dikatakan sebagai pengganti transaksi tunai.

E-Money Mandiri  telah mendukung teknologi (Radio Frequency Indentification) RFID yang memungkinkan pengguna atau pemilik kartu melalukan transaksi hanya melalui sentuhan dan membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Salah satu hal yang harus dilakukan pengguna E-Money adalah pengecekan saldo. Pengecekan saldo E-Money Mandiri bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah saldo yang terisisa di dalam kartu E-Money.

Proses pengecek saldo E-Money bisa dilakukan secara mudah lewat hp Android dan iPhone yang mendukung fitur NFC. Lalu bagaimana jika tidak memiliki hp yang mendukung NFC?  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini. 

Tutorial Cara Cek Saldo E-Money Mandiri

Cara Cek Saldo Mandiri E-Money

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam proses cek saldo E-Money Mandiri. Tetapi, sebelum masuk pada pembahasan cek saldo E-Money Mandiri, sebaiknya ketahui beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu mengenai E-Money Mandiri

Keuntungan Penggunaan E-Money

  1. Saldo uang yang tersimpan di kartu E-Money sudah terjamin kemanannya
  2. Untuk penggunaan E-Money saat bertransaksi, tidak perlu membutuhkan tanda tangan atau PIN karena transaksi hanya dilakukan dengan men-tap kartu pada mesin
  3. Maksimum pengisian uang saldo E-Money setiap bulannya cukup tinggi yakni Rp 20.000.000
  4. Pengguna akan mudah melakukan Top Up atau isi ulang diberbagai channel yang telah bekerjasama dengan Mandiri salah satunya Minimarket
  5. Maksimal saldo yang tersimpan di kartu E-Money sebesar Rp 1000.000 dan pengguna tidak akan mendapatkan bunga
  6. Kartu E-Money sendiri dapat dipindah tangankan, sepanjang fisik kartunya berubah
  7. Kartu E-Money dapat dimiliki oleh siapa saja dan tidak mengharuskan nasabah bank Mandiri

Kegunaan E-Money Mandiri

  1. E-Money Mandiri dapat dilakukan untuk membayar Tol (Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya, Makasar, hingga hampir seluruh Tol)
  2. E-Money Mandiri dapat digunakan sebagai alat pembayaran parkir dan TPE
  3. Pengguna E-Money dapat memanfaatkan kartunya sebagai alat pembayaran transportasi umum seperti TransJogja, TransJakarta, Batik Solo Trans, Kereta dan lainnya
  4. Kartu E-Money Mandiri dapat digunakan untuk pengisian bahan bakar di SPBU
  5. Kartu E-Money Mandiri dapat digunakan untuk pembelanjaan di retail Indomart maupun Alfamart
  6. Selain itu, kartu E-Money juga bisa digunakan untuk pembayaran di toko, wahana hiburan, restoan yang belogo E-Money.

Cara Mendapatkan Kartu E-Money Mandiri

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan anda, jika ingin mendapatkan kartu E-Money Mandiri.

  1. Anda dapat mendapatkan kartu E-Money Mandiri melalui kantor cabang bank Mandiri terdekat
  2. Selain itu, anda juga bisa mendapatkannya di minimarket Indomart atau Alfamart terdekat
  3. Kartu E-Money juga bisa didapatkan di sales representative e-Money di beberapa gerbang tol tertentu
  4. Stasiun commuterline, halte Transjakarta,  hingga vending machine e-Money juga menyediakan kartu E-Money
  5. Selanjutnya, anda bisa mendapatkanya melalui merchant-merchant online hingga marketplace.

Bagi yang belum memiliki kartu E-Money, silahkan simak informasi berikut “Cara Membuat Kartu E-Money“.  Setelah kartu berhasil dibuat, kemudian tinggal mengisi saldo sesuai kebutuhan.

Batas maksimal isi saldo setiap bulannya mencapai Rp. 20 Juta. Saldo akan terpotong secara otomatis pada saat bertransaksi menggunakan e-money. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengetahui sisa saldo e-money?

Cara Cek Saldo E-Money Mandiri

Ada tiga cara cek saldo E-Money Mandiri. Cara yang pertama adalah menggunakan aplkasi Mandiri E-Money Info, lalu lewat aplikasi Mandiri Online dan yang terakhir lewat ATM. Untuk mengetahui secara detail bagaimana cara mengecek sisa saldo e-money di hp dan ATM Mandiri silahkan simak di bawah ini

1. Aplikasi E-Money

Cara cek saldo melalui apliaksi E-Money sangatlah efektif, karena proses ini hanya dilakukan melalui aplikasi yang terbantu oleh smartphone dengan jaringan internet. Selain itu, cara ini sangat cocok bagi pengguna E-Money yang tidak belum mendaftar Mandiri Online.

  1. Langkah pertama yaitu download aplikasi Mandiri E-Money Info di Play Store
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut. Lalu tempelkan kartu E-Money anda dibelakang smartphone yang mendukung fitur NFC.
  3. Selanjutnya tinggal menunggu sampai muncul informasi saldo e-Money Mandiri.

Sayangnya cara cek saldo e-Money di hp di atas hanya berlaku untuk smartphone versi lama. Untuk smartphone terbaru kami sarankan untuk menggunakan aplikasi Mandiri Online.

2. Mandiri Online

Bagi nasabah Bank Mandiri yang belum mengaktifkan Mandiri Online, silahkan simak terlebih dahulu informasi “Cara Daftar Mandiri Online“. Setelah aplikasi Mandiri Online aktif maka bisa langsung digunakan untuk mengecek saldo E-Money Mandiri dengan cara sebagai berikut.

  1. Silahkan buka aplikasi Mandiri Online anda yang telah terpasang di smartphone anda. Pastikan smartphone terkoneksi ke jaringan internet yang stabil
  2. Setelah itu tinggal login Mandiri Online dengan memasukkan User ID serta password, kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Login
    Cara Cek Saldo E-Money
  3. Jika login akun Mandiri Online telah berhasil, maka akan muncul menu “E-Money” pada bagian kanan atas. Silahkan pilih menu tersebut.
  4. Anda akan ditampilkan beberapa menu pilihan, silahkan pilih menu “Lihat/Perbarui Saldo
    cara mengecek saldo e money mandiri
  5. Kemudian scan kartu E-Money dengan cara meletakan kartu E-Money Mandiri dibelakang ponsel. Pada proses ini pastikan menggunakan smartphone yang dilengkapi fitur NFC.
    mengecek  Saldo E-Money Mandiri
  6. Silahkan tunggu hingga layar smartphone menampilkan saldo E-Money anda.
    Cek Saldo E-Money

3. ATM Mandiri

Meskipun cara mengecek saldo E-Money lewat Mandiri Online sangat mudah, namun cara di atas hanya dilakukan pada smartphone yang memiliki fitur NFC. Lalu apakah bisa cek saldo E-Money tanpa NFC?

Bagi yang tidak memiliki smartphone dengan fitur NFC, maka satu-satunya cara mengecek saldo E-Money adalah lewat ATM Mandiri. Adapun langkah-langkahnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan datang ke gerai ATM Mandiri terdekat
  2. Kemudian tekan tombol ACCEPT pada keypad yang tersedia di ATM
    Cek Saldo E-Money di ATM
  3. Selanjutnya akan muncul beberapa menu yang terdiri dari Mandiri E-Cash, Link Aja, dan Mandiri E-Money. Silahkan pilh Mandiri E-Money.
    Cara Cek Saldo E-Money di ATM
  4. Setelah itu pilih menu INFORMASI SALDO untuk melihat sisa saldo pada kartu Mandiri E-Money
    Cara Mengetahui Sisa Saldo E-Money
  5. Langkah selanjutnya, tempel kartu Mandiri E-Money di tempat yang telah disediakan. Kemudian informasi sisa sldo akan ditampilkan di layar ATM.

Kesimpulan

Cara mengecek saldo E-Money di ATM Mandiri tidak membutuhkan kartu ATM. Anda bisa mengeceknya secara langsung dengan menempelkan kartu ke tempat yang disediakan. Alhasil pemegang kartu e-money bisa mengecek saldo secara cepat dan mudah.

Bagi yang memiliki smartphone dengan fitur NFC ada baiknya mengecek saldo E-Money dengan aplikasi Mandiri Online. Namun agar bisa menggunakan aplikasi tersebut, anda harus terlebih dahulu menjadi membuat rekening Mandiri di kantor cabang terdekat.

Apabila masih ada pertanyaan seputar cara cek saldo E-Money di hp dan ATM Mandiri, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Hp Apa Saja Yang Bisa Cek Saldo E-Money

Cek saldo E-Money hanya bisa dilakukan di smartphone yang dilengkapi fitur NFC, seperti Vivo V20, Samsung Galaxy A51, Realme 7 Pro dan masih banyak lagi lainnya

Apakah Bisa Cek Saldo E-Money Tanpa Hp NFC?

Bisa, caranya adalah dengan mengecek saldo e-money melalui ATM Mandiri

Apakah Cek Sisa Saldo E-Money Kena Biaya?

Tidak, proses pengecek saldo tidak dikenakan biaya

Berapa Maksimal Saldo E-Money?

Maksimal total saldo per bulan adalah sebesar Rp. 20 Juta

Mengapa Tidak Bisa Cek Saldo E-Money?

Apabila terjadi kendala pada proses pengecek saldo silahkan hubungi Mandiri Call di nomor 14000

Nah demikianlah informasi viralorchard.com pada kesemmpatan kali ini. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi pemilik kartu e-money yang belum mengetahui cara mengecek sisa saldo yang tersimpan didalam kartu e-money. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Maksimal Transfer BCA” dan beragam artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *