Cara Cek Saldo Bank BTN
Perbankan

20 Cara Cek Saldo Bank BTN Lewat Hp, ATM dan Online

Kemudahan transaksi menjadi kunci utama kesuksesan sebuah Bank. Nah agar memudahkan nasabahnya bertransaksi, Bank BTN menyediakan beragam layanan perbankan yang bisa digunakan untuk cek saldo. Ada berbagai macam cara cek saldo Bank BTN, dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi berikut ini.

Bank Tabungan Negara atau BTN, merupakan salah satu perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di jasa keuangan perbankan. Tentu saja dengan berdirinya bank BTN tersebut, memiliki visi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Berbagai produk yang ditawarkan oleh bank BTN juga cukup beragam yakni mulai dari kepemilikan rekening, kepemilikan rumah KPR, kartu kredit, hingga lain sebagainya. Berbagai produk dari bank BTN tentu saja dari waktu ke waktu bertumbuh secara pesat karena mereka melibatkan teknologi modern.

Contoh saja pada proses pengecekan saldo rekening yang dapat dilakukan melalui berbagai cara. Untuk proses pengecekan rekening, bank BTN telah menyediakan berbagai fasilitasnya yakni mulai dari ATM, Mobile Banking, SMS Banking, hingga Call Center.

Lalu bagaimana untuk langkah-langkah proses pengecekan saldo rekening BTN, melalui berbagai fasilitas pelayanan transaksi tersebut?. Untuk mengetahuinya, sebaiknya anda simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Tutorial Cara Cek Saldo Rekening Bank BTN

Cara Cek Saldo ATM BTN

Sebenarnya untuk proses cek saldo Bank BTN dapat dilakukan dengan cara mendatangi kantor cabang bank BTN terdekat dan melakukan cetak buku rekening atau rekening koran. Namun cara tersebut dianggap sebagai cara yang cukup lampau serta memakan banyak waktu karena saat ini terdapat beberapa cara mudah dan lebih efektif.

Untuk mengetahui cara cek saldo Bank BTN dengan cara mudah serta cepat, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Cek Saldo Bank BTN Lewat ATM

Sebagai pemilik rekening BTN tentu saja akan dibekali sebuah kartu debit atau kartu ATM. Melalui kartu debit tersebut kita bisa mengecek saldo rekening lewat jaringan ATM BTN yang tersebesar di seluruh Indonesia. Cara mengeceknya sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti setiap langkah di bawah ini. 

  1. Silahkan datangi gerai ATM BTN terdekat
  2. Sesampainya di gerai ATM, silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu dengan posisi yang benar
  3. Nasabah diminta untuk memilih bahasa transaksi yakni meliputi bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk mempermudah proses pengecekan saldo, maka pilihlah bahasa “Indonesia”
  4. Silahkan masukkan enam digit PIN ATM BTN dengan benar. Pastikan nasabah tidak salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali secara berurutan, karena sistem dapat memblokir kartu ATM secara otomatis
  5. Layar ATM akan memunculkan beberapa menu transaksi. Untuk proses transaksi cek saldo rekening BTN maka pilihlah menu “Transaksi Lainnya
  6. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Informasi Saldo
  7. Silahkan pilih type rekening untuk pengecekan saldo. Untuk hal ini, pilihlah type “Tabungan
  8. Terakhir, layar ATM akan memunculkan informasi yang meliputi nomor kartu ATM, nomor rekening, serta informasi jumlah saldo.

2. Cek Saldo BTN Lewat Mobile Banking

Cara Cek Saldo BTN Lewat Hp

Cara kedua yang dapat anda lakukan dalam proses cek rekening BTN yakni melalui aplikasi BTN Mobile. Namun, untuk cara ini hanya bisa dilakukan bagi nasabah yang telah terdaftar dengan pelayanan e-Banking tersebut.

Bagi yang belum terdaftar, maka dalam melakukan registrasi pendaftaran Mobile Banking BTN melalui kantor cabang bank BTN terdekat. Jika telah terdaftar, maka dapat melakukan pengecekan saldo rekening BTN melalui aplikasi BTN Mobile dengan langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi BTN Mobile yang telah terpasang di smartphone anda. Pastikan smartphone anda telah terkoneksi dengan jaringan internet stabil
  2. Berikutnya, silahkan lakukan login akun BTN Mobile dengan cara memasukkan user ID serta password
  3. Untuk proses pengecekan saldo rekening BTN, maka pilihlah menu “Informasi Rekening
  4. Laman aplikasi BTN Mobile akan menampilkan informasi saldo rekening BTN anda.

3. Cek Saldo BTN Online Lewat Internet Banking

Cek Saldo BTN Online

Selain cek saldo melalui fasilitas mobile banking, nasabah Bank BTN juga bisa mengecek saldo rekening lewat internet banking. Caranya sangat mudah, namun nasabah harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan internet banking dengan mendaftarkan diri melalui mesin ATM BTN atau menghubungi Customer Service Kantor Cabang Bank BTN.

Setelah layanan ini aktif maka anda bisa mengecek saldo secara online melalui browser yang ada di smartphone, komputer, ataupun laptop. Adapun cara mengeceknya silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan buka website internetbanking.btn.co.id
  2. Kemudian login dengan memasukan USER ID serta Password yang didapatkan pada saat mendaftar Internet Banking BTN
  3. Setelah berhasil login, kemudian pilih menu Rekening
  4. Berikutnya tinggal memilih menu untuk pengecekan saldo 

4. Cek Saldo Via Call Center

Langkah mudah terakhir dalam proses cek saldo Bank BTN yakni dengan menghubungi call center BTN. Cara ini cukup mudah dan simpel, karena nasabah tidak perlu mendatangi gerai ATM maupun mendaftar beberapa pelayanan e-Banking.

Namun, untuk cara ini maka nasabah harus membutuhkan jumlah saldo pulsa yang mencukupi untuk melakukan panggilan. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan hubungi call center bank BTN di nomor 1500 286
  2. Nasabah akan terhubung dengan petugas call center BTN. Jika telah terhubung, silahkan beritahu tujuan anda yakni pengecekan saldo rekening BTN
  3. Petugas call center akan membantu anda dalam proses pengecekan saldo, tetapi anda akan dimintai keterangan identitas diri berupa nomor KTP, nomor rekening BTN, nomor kartu ATM, hingga nama ibu kandung
  4. Jika data-data tersebut sesuai dengan pihak sistem BTN, maka petugas call center akan memberitahu kepada nasabah mengenai jumlah saldo rekening BTN anda.

Kesimpulan

Di atas merupakan beberapa referensi mengenai pengecekan saldo rekening BTN. Bank BTN telah menyediakan beberapa fasilitas pelayanan transaksi yang dapat anda pilih sesuai keinginan dalam hal proses pengecekan saldo rekening BTN.

Untuk mempermudah proses pengecekan saldo rekening BTN, sebaiknya pilih cara yang menurut nasabah paling mudah dan efesien seperti ATM ataupun Mobile Banking. Apabila masih terdapat kendala mengenai proses pengecekan saldo rekening BTN, maka dapat mendatangi kantor cabang bank BTN terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

FAQ 

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara cek saldo rekening BTN, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Apakah Cek Saldo BTN Dikenakan Biaya?

Tidak, anda bisa mengecek saldo secara gratis melalui ATM, Internet Banking, ataupun Mobile Banking

Bagaimana Cara Cek Saldo BTN Lewat Hp?

Bagi yang ingin mengecek saldo lewat hp bisa menggunakan layanan Mobile Banking BTN yang bisa diakses melalui aplikasi BTN Mobile. Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan mobile banking BTN

Bagaimana Cara Cek Saldo BTN Online?

Silahkan buka website internetbanking.btn.co.id. Silahkan buka website tersebut, kemudian login dan pilih menu Rekening.

Bagaimana Cara Mengecek Saldo BTN di ATM?

Silahkan datang ke gerai ATM BTN terdekat. Kemudian masukan kartu ATM dan PIN ATM. Setelah itu pilih menu Transaksi Lainnya, lalu pilih Informasi Saldo. Berikutnya pilih menu Tabungan.

Apakah Bisa Cek Saldo BTN Lewat SMS?

Sebenarnya bisa, namun untuk saat ini Bank BTN tidak lagi menyediakan layanan SMS Banking.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara cek saldo rekening BTN. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya mengenai “Syarat dan cara Buka Rekening Tapres BCA” serta artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *