Cara Cek Rekening Penipu Online
Belanja Online

12 Cara Cek Rekening Penipu Online Terlengkap

Cara Cek Rekening Penipu Online – Berbicara tentang penipuan mungkin tidak ada habisnya yaa? saat ini, segala oknum penipuan sudah merajalela. Salah satu penipuan yang sering terjadi yakni penipuan berbentuk online.

Untuk bentuk penipuan online biasanya dilakukan oleh para penjual onlineshop di beberapa media sosial seperti facebook maupun intagram. Jenis penipuan ini biasanya mereka menjual beberapa barang yang sekiranya dapat menarik pembeli seperti murah, menjajikan, serta berbagai promo.

Oleh sebab itu, banyak para pembeli yang merasa dirinya tertarik dengan produk yang ditawarkan tersebut dan langsung membayarnya. Biasanya proses pembayaran tersebut disangkutkan dengan perbankan atau pembeli diminta untuk mentransfernya ke rekening bank.

Namun, untuk proses penipuan ini biasanya setelah pembeli melakukan pembayaran maka semua jalur kontaknya akan segera diblokir. Jika anda mengalami hal ini, sudah pasti anda tertipu dan barang yang dibeli tidak mungkin dikirimkan ke alamat tujuan.

Agar terhindar dari penipuan online, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek nomor rekening yang diberikan penjual sebelum transfer. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimanakan cara cek rekening penipu online? Untuk mengetahui caranya silahkan simak informasi viralorchard.com di bawah ini.

Cara Mengecek Rekening Penipu Online

cara cek rekening penipu

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

Saat ini masyarakat Indonesia sudah bisa membuat rekening secara online. Kemudahan ini justru dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk membuat rekening yang digunakan untuk penipuan. Karena faktor inilah kita harus hati-hati saat berbelanja online agar terhindar dari penipuan. 

Nah, untuk saat ini sebenarnya ciri-ciri penipuan online dapat terlihat dengan mudah. Untuk mengetahuinya, perhatikan ciri-ciri di bawah ini:

  1. Penjual akan menjual produknya dengan sangat murah atau menampilkan beberapa keuntungan lainnya
  2. Foto produk ditampilkan dengan kualitas yang tidak konsisten. Biasanya foto produk yang di jualnya ada di berbagai website lain
  3. Toko online penipu tidak menerima sistem COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat. Pembeli hanya memiliki sistem metode pembayaran melalui transfer ke rekening bank
  4. Penjual tidak menampilkan review atau testimonial pembeli di akun media sosial penjualan tersebut.
  5. Komentar pada setiap foto tidak ditanggapi oleh penjual, karena mereka hanya fokus untuk menampilkan produk-produk tanpa membangun hubungan baik dengan pembeli.

Ada jutaan kasus penipuan online di Indonesia. Agar terhindar dari hal tersebut, maka anda harus berhati-hati saat membeli barang secara online. Pastikan membeli barang dari Marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee Lazada, Blibli, dan berbagai toko online lainnya yang telah terbukti kredibilitasnya. 

Cara Cek Rekening Penipu Online

Cara Cek Rekening Penipuan Online

Apabila membeli barang dari Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee kami jamin sangat aman. Sebab uang baru akan diberikan ke penjual setelah pembeli melakukan konfirmasi bahwa barang sudah diterima dan sesuai dengan yang dipesan.

Namun apabila membeli barang dari Toko Online yang belum terpercaya ataupun dari social media seperti Instagram dan Facebook, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek nomor rekening yang diberikan penjual.

Ada beberapa cara cek rekening penipu online. Namun cara termudah adalah melalui situs cekrekening.id yang merupakan Situs Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia(KOMINFO).

Cekrekening.id akan menampilkan database nomor rekening penipu online yang bersumber dari laporan masyarakat, asosiasi, Aparat Penegak Hukum, dan Bank. Nah untuk mengetahui cara cek rekening penipun online melalui situs tersebut, silahkan simak informasi di bawah ini

  1. Buka halaman  https://cekrekening.id/.
  2. Kemudian Pilih Bank nomor rekening yang akan dicek
  3. Setelah itu masukan Nomor Rekening ke kolom yang tersedia
  4. Berikutnya masukan reCaptcha
  5. Setelah itu anda akan mendapatkan informasi apakah nomor rekening yang dicek masuk ke dalam daftar nomor rekening penipu atau tidak.

Silahkan mencoba cara cek rekening penipu online di atas. Apabila nomor rekening yang dicek sering digunakan untuk penipuan maka akan masuk ke database cekrekening.id

Namun perlu diingat, tidak semua nomor rekening penipu telah terdaftar pada cekrekening.id. Bisa saja penipu menggunakan nomor rekening baru sehingga belum bisa dilacak secara online.Oleh karena itulah anda tetap harus hati-hati saat membeli barang secara online. 

Selain cara cek rekening penipu online di atas, kalian juga bisa mengecek nomor rekening melalui layanan konsulitasi di nomor 0822.1010.1112 atau via email ke cekrekening@kominfo.go.id

Cara Melaporkan Rekening Penipu

Seperti yang kami sampaikan di atas, CekRekening.id merupakan situs resmi dari Kominfo (Kementrian Komunikasi dan Infromatika) yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan database rekening yang terduga sebagai tidak pidana maupun penipuan.

Nah bagi anda yang menjadi korban penipuan online, kami sarankan untuk melaporkan nomor rekening penipu ke cekrekening.id. Tujuannya adalah agar orang lain tidak mengalami hal yang sama dan 

Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan kunjungi halaman webisite https://cekrekening.id/ pada smartphone/ PC/ laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet
  2. Kemudian masukan Nama Bank dan Nomor Rekening. Setelah itu klik tombol Periksa Rekening
  3. Silahkan pilih menu “Laporkan Rekening
  4. Silahkan isi form pembuatan laporan yang meliputi nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, kategori (jenis kegiatan transaksi yang telah dilakukan) jumlah kerugian, media transaksi, hingga kronologi
  5. Kemudian lampirkan bukti transfer berupa tangkapan layar/ foto maupun percakapan dengan penipu
  6. Berikutnya pilih “Submit
  7. Setelah itu tinggal menunggu team Cek Rekening memverifikasi laporan anda.

Kesimpulan

Cara cek rekening penipu online memang sangat mudah. Namun sayangnya database rekening penipu online yang tersedia pada cekrekening.id belum terlalu lengkap. Oleh karena itulah kalian tetap harus hati-hati saat berbelanja online.

Agar terhindar dari penipuan online lebih baik berbelanja melalui Marketplace atau E-commerce yang telah terpercaya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan sebagainya.

Yah, meskipun cara cek rekening penipu online sangat mudah, namun banyak penipu yang sudah pintar dan selalu mengganti nomor rekening saat melakukan penipuan. Hal inilah yang menjadikan nomor rekening penipu sulit dilacak.

Pada intinya kita harus selalu hati-hati saat membeli barang secara online, dan lebih baik jangan membeli barang dari toko online ataupun penjual online yang belum terpercaya 

FAQ

Tutorial cara cek rekening penipu online di atas bisa kalian gunakan untuk mengecek nomor rekening BTPN, Mandiri, BCA, BRI, BNI, Mandiri Syariah, dan berbagai bank lainnya di Indonesia. 

Jika anda masih memiliki pertanyaan seputar cara cek rekening online bank, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Apakah Bisa Cek Rekening Penipu Secara Online?

Bisa, caranya adalah melalui situs cekrekening.id yang merupakan situs database nomor rekening penipuan online dari Kominfo

Mengapa Nomor Rekening Penipu Tidak Terdaftar?

Apabila belum terdaftar berarti nomor rekening yang dicek belum pernah dilaporkan ke cekrekening.id. Sebab database yang ada di situs tersebut bersumber dari pelaporan masyarakat, asosiasi, Aparat Penegak Hukum, dan Bank

Apakah Bisa Memblokir Rekening Penipu?

Untuk melakukan pemblokiran anda harus meminta surat dari Kepolisian, lalu mengurusi pemblokiran di Bank yang bersangkutan.

Apakah Uang Hasil Penipuan Online Bisa Dikembalikan?

Sangat kecil kemungkinan uang bisa dikembalikan ke korban penipuan online.

Semua orang bisa menjadi korban penipuan online. Saya sendiri pernah mengalaminya karena kurang hati-hati saat membeli barang secara online. Agar tidak mengalami hal yang sama, kami sarankan untuk mencoba cara cek rekening penipu online yang kami sampaikan di atas.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Cek SLIK OJK Online” dan beragam informasi bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *