Cara Cek Rekening BRI Aktif Atau Tidak
Perbankan

20 Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak

BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu perusahaan perbankan ternama di Indonesia yang memiliki banyak nasabah. Banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai, bahwa bank BRI memiliki berbagai produk pelayanan terbaik untuk nasabahnya.

Berbagai produk pelayanan mulai dari tabungan, investasi, pinjaman hingga lain sebagainya membuat masyarakat Indonesia semakin yakin untuk bergabung menjadi nasabah bank BRI. Selain produk pelayanan, bank BRI juga memberikan berbagai fasilitas transaksi seperti ATM, buku tabungan, layanan e-Banking, dengan tujuan mempermudah nasabah dalam bertransaksi.

Meskipun bergabung menjadi nasabah bank BRI mendapatkan berbagai keuntungan, tetapi anda juga diharuskan untuk membayarkan biaya adminstrasi setiap bulannya dengan cara memotong saldo rekening. Nah, dengan adanya biaya administrasi perbulan tersebut banyak nasabah bank BRI yang merasa keberatan sehingga mereka berhenti menggunakan rekeningnya untuk bertransaksi.

Tetapi, ada juga nasabah yang menginginkan kembali bertransaksi dengan rekening BRInya meskipun mereka tidak mengetahui apakah rekeningnya masih aktif atau tidak. Nah, bagi anda yang ingin melakukan transaksi kembali sebaiknya lakukan pengecekan rekening BRInya, apakah masih aktif atau tidak.

Lalu, bagaimana cara mengetahui rekening BRI masih aktif atau tidak? silahkan anda simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Tutorial Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak

cara mengetahui rekening bri masih aktif atau tidak

Untuk proses pengecekan rekening BRI apakah masih aktif atau tidak, terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan oleh nasabah. Adapun cara yang harus dilakukan dalam proses pengecekan rekening BRI masih aktif atau tidak, cukuplah mudah.

Agar lebih mengetahui secara detail, bagaimana cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak silahkan simak informasi di bawah ini:

1. Melalui ATM BRI

Sebagai pemilik rekening BRI, pasti nasabah akan dibekali sebuah kartu ATM yang dapat digunakan untuk bertransaksi. Perlu diketahui, bahwa kartu ATM tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk bertransaksi saja tetapi bisa juga digunakan untuk pengecekan rekening BRI apakah masih aktif atau tidak.

Untuk langkah-langkah pengecekan rekening BRI masih aktif atau tidak melalui kartu ATM, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi gerai ATM BRI terdekat
  2. Silahkan masukkan kartu ATM pada slot kartu yang telah tersedia dengan posisi yang benar
  3. Berikutnya pilih bahasa transaksi. Pilihlah bahasa Indonesia, untuk mempermudah proses transaksi
  4. Kemudian masukkan enam digit PIN ATM dengan benar. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali secara berturut-turut, karena secara otomatis sistem akan memblokir kartu ATM
  5. Untuk proses pengecekan rekening BRI masih aktif atau tidak, silahkan dicoba dengan melakukan transaksi seperti cek saldo, tarik tunai, transfer, pembayaran, higga transaksi lain-lain
  6. Jika proses transaksi yang anda pilih gagal atau di tolak, hal tersebut menandakan bahwa rekening BRI anda sudah tidak aktif. Tetapi, jika transaksi berhasil berarti rekening anda masih aktif
  7. Ketika proses transaksi gagal, silahkan pilih menu “Selesai” dan ambilah kembali kartu ATM anda.

2. Melalui Call Center BRI

Cara kedua yang dapat nasabah lakukan dalam proses pengecekan rekening BRI masih aktif atau tidak yakni melalui call center BRI. Cara ini cukup efektif bagi nasabah yang tidak memiliki waktu luang karena proses ini hanya dilakukan melalui telepon ke petugas call center BRI.

Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan hubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017
  2. Jika telah terhububg dengan call center BRI, silahkan ikuti instruksi untuk pemilihan layanan
  3. Silahkan lakukan pemilihan layanan “Info Status Rekening”
  4. Petugas call center akan menanyakan tujuan anda. Silahkan beritahu, bahwa anda ingin mengecek status rekening BRI masih aktif atau tidak
  5. Untuk proses ini, silahkan beritahu nomor kartu ATM kepada petugas call center
  6. Petugas call center akan mengecek status rekening anda terlebih dahulu
  7. Setelah proses pengecekan selesai, petugas call center akan memberitahukan kepada anda mengenai keaktifan atau tidaknya rekening BRI anda.

3. Melalui Kantor Bank BRI

Jika dari kedua cara di atas, anda masih kurang yakin atau ragu maka dapat melakukan pengecekan rekening BRI masih aktif atau tidaknya melalui kantor cabang bank BRI terdekat. Meskipun cara ini terbilang cukup memakan banyak waktu, tetapi segala proses pengecekan akan dibantu sepenuhnya oleh petugas customer service dan nasabah merasa lebih gamblang atau jelas mengenai status rekeningnya.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengecekan rekening BRI masih aktif atau tidak, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa berbagai persyaratan yang meliputi buku tabungan, kartu ATM, hingga kartu identitas berupa KTP pemilik rekening
  2. Sesampainya di kantor cabang bank BRI, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju ke customer service
  3. Jika nomor antrian anda telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yakni mengecek status rekening apakah masih aktif atau tidak
  4. Untuk proses pengecekan status rekening ini, petugas customer service meminta anda untuk menyerahkan beberapa dokumen persyaratan yang meliputi buku rekening tabungan, kartu ATM , hingga KTP. Selain itu, nasabah juga diminta untuk menyebutkan nama ibu kandung , dengan tujuan memastikan bahwa rekening ini benar-benar milik anda
  5. Jika semua data yang telah anda berikan sama dengan data yang ada di sistem bank BRI, maka petugas customer service akan memproses permintaan anda
  6. Petugas customer service BRI akan menginformasikan kepada anda mengenai keaktifan atau tidak aktifnya rekening BRI anda.

Apakah Rekening BRI yang Sudah Tidak Aktif, Bisa di Aktifkan Kembali?

Cara Mengaktifkan Rekening BRI Dormant

Sering kali terdapat pertanyaan mengenai “apakah rekening BRI yang sudah tidak aktif, masih bisa diaktifkan kembali?”. Jawabnya yakni bisa tergantung pada jenis ketidaktifannya yakni rekening pasif atau benar-benar sudah tidak aktif, lalu bagaimana caranya?

Perlu diketahui, bahwa rekening yang sudah tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali hanya berlaku pada jenis rekening pasif atau dormant. Adapun rekening pasif adalah rekening BRI yang masih memiliki saldo, dimana jumlah saldo tersebut masih cukup untuk melakukan perawatan bulanan (pembayaran biaya administrasi). 

Apabila kondisi rekening dalam keadaan dormant atau pasif, maka anda bisa mengaktifkannya kembali dengan cara sebagai berikut “Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI“. 

Lalu bagaimana jika status rekening BRI sudah benar-benar tidak aktif, apakah masih tetap bisa diaktifkan kembali?. Jawabannya sebenarnya bisa tetapi dengan cara, nasabah membuat kembali rekening BRI baru. Tentu saja dengan pembuatan rekening BRI memerlukan syarat serta biaya yang tidak sedikit. Adapun syaratnya silahkan simak pada artikel berikut “Syarat Buka Rekening BRI“. 

Kesimpulan

Demikian langkah-langkah yang dapat nasabah lakukan dalam proses pengecekan status rekening BRI masih aktif atau tidak. Dari ketiga cara di atas, nasabah dapat memilihnya sesuai dengan keinginan masing-masing.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui status rekening BRInya masih aktif atau tidak serta ingin melakukan pengaktifan kembali sebaiknya pilihlah cara dengan mendatangi kantor bank BRI. Karena nasabah cukup mendatangi atau memprosesnya dalam satu waktu.

FAQ 

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Bagaimana Cara Mengetahui Rekening BRI Masih Aktif Atau Tidak?

Untuk mengeceknya silahkan hubungi call center BRI di nomor 14017 / 1500017 atau datang langsung ke kantor cabang. Selain itu, anda juga bisa melakukan pengecekan dengan cara mencoba bertransaksi di ATM

Apa Ciri-Ciri Rekening BRI Sudah Tidak Aktif?

Apabila rekening sudah tidak aktif maka tidak akan bisa digunakan untuk bertransaksi.

Apakah Rekening Yang Sudah Tidak Aktif Bisa Diaktifkan Kembali?

Bisa, selama kondisi rekening dalam keadaan pasif atau dormant

Berapa Biaya Mengaktifkan Rekening Yang Sudah Tidak Aktif?

Untuk biayanya, tergantung pada jenis rekening yang dipilih.

Sekian informasi yang dapat kami llansir dari bri.co.id mengenai cara cek rekening BRI aktif atau tidak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda semua. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya mengenai “Syarat Pinjaman Bank Jateng Untuk Karyawan dan PNS” serta artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *