Cara Cek Nomo Rekening BCA
Perbankan

4 Cara Cek Nomor Rekening BCA Yang Lupa

Cara Cek Nomor Rekening BCA – Bank Central Asia (BCA) menjadi salah satu perusahaan perbankan milik swasta yang memiliki banyak nasabah. Banyak masyarakat Indonesia lebih memilih menjadi nasabah bank BCA, karena memiliki berbagai fasilitas serta pelayanan yang menarik dan modern.

Berbagai fasilitas transaksi modern yang ada di bank BCA yakni mulai dari ATM, Internet Banking, Mobile Banking, hingga SMS Banking. Namun perlu diketahui, setiap segala aktivitas transaksi yang akan dilakukan tersebut membutuhkan nomor rekening.

Adapun nomor rekening tersebut, biasanya dapat diketahui melalui buku rekening tabungan yang anda terima saat pembukaan rekening di kantor bank BCA. Meskipun demikian, namun banyak nasabah yang teledor dalam buku tabungan tersebut sehingga ketika akan menggunakannya atau hanya sekedar mencari nomor rekening, mereka akan merasa kesulitan.

Dengan adanya keteledoran mengenai nomor rekening tersebut, sehingga nasabah bank BCA tidak dapat melakukan aktivitas transakaksi. Lalu, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kita dapat mengetahui kembali atau mengecek nomor rekening BCA tanpa buku tabungan?.

Untuk jabawannya yakni bisa karena terdapat beberapa cara atau solusinya. Adapun cara atau solusi untuk mengecek rekening BCA, sebaiknya anda simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Tutorial Cara Cek Nomor Rekening BCA

Cara Mengecek Nomor Rekening BCA

Sebenarnya, pihak bank di seluruh Indonesia memiliki peraturan tentang data nasabah yakni termasuk nomor rekening. Hal tersebut dibuktikan serta di atur dengan pasal 40 ayat 1 UU Perbankan yang berbunyi “Bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya, kecuali dalam hal sebagaimana dimaksud”.

Namun dengan adanya pasal tersebut, bank masih dapat membuka data nasabah karena permintaan dari nasabah sendiri karena adanya suatu hal kepentingan. Adapun cara nasabah agar dapat mengetahui nomor rekening BCAnya kembali, sebagai berikut:

1. Melalui Call Center BCA atau Hallo BCA

Bagi nasabah yang merasa kesulitan dalam mengetahui nomor rekening karena buku tabungannya hilang, maka dapat mengecek kembali nomor rekeningnya melalui Hallo BCA. Nasabah cukup melakukan panggilan ke pihak Hallo BCA di nomor 1500 888.

Tentu saja melalui panggilan ke pihak Hallo BCA ini akan lebih praktis, karena proses ini hanya dilakukan melalui telephon genggam dan basabah tidak perlu mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat. Kemudian, untuk proses cek rekening BCA melaluo Hallo BCA maka nasabah hanya membutuhkan data-data seperti nomor kartu ATM BCA, Nomor NIK yang ada di KTP, hingga nama ibu kandung.

Adapun data-data tersebut, berfungsi sebagai proses verifikasi data yang ada di sistem bank BCA. Untuk itu, saat proses menghubungi Hallo BCA, jawabnya segala pertanyaan-pertanyaan verifikasi data dengan benar dan sesuai.

Nah setelah semua data yang ada pada anda dengan data yang ada di sistem BCA telah sama, maka pihak petugas Hallo BCA akan menginformasikan mengenai nomor rekening tabungan anda. Begitu sebaliknya, jika terdapat data yang tidak sesuai maka petugas Hallo BCA akan menolak permintaan anda mengenai nomor rekening.

2. Melalui Kantor Cabang Bank BCA

Cara kedua yang dapat anda lakukan dalam pengecekan nomor rekening BCA yakni dengan mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat. Saat mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat, silahkan nasabah membawa beberapa persyaratannya seperti kartu ATM BCA serta kartu identitas berupa KTP.

Nah bagi nasabah yang ingin menduplikasi buku tabungannya kembali karena hilang atau hal lain, sebaiknya anda membuat surat kehilangan terlebih dahulu dari pihak kepolisian setempat. Adapun surat kehilangan tersebut menjadi dasar bagi anda yang ingin menduplikasi buku tabungannya yang hilang atau rusak.

Setelah persyaratan tersebut terkumpulkan, maka nasabah langsung saja mendatangi kantor bank dan menemui petugas customer service. Sama halnya melalui Hallo BCA, untuk proses ini maka petugas juga akan meminta anda beberapa data sebagai proses verifikasi.

Jika semua data telah sesuai, maka petugas customer service akan menginformasikan mengenai nomor rekening BCA anda beserta dengan buku tabungan baru. Namun, jika data tersebut tidak sesuai maka petugas customer service akan menolak permintaan anda karena takut terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

3. Cek Nomor Rekening BCA Lewat M-Banking

Halo BCA

Bagi nasabah bank BCA yang telah bergabung dengan fasilitas Mobile Banking BCA atau M-BCA, maka melakukan cek rekening bisa dilakukan melalui fitur tersebut. Tentu saja melalui M-BCA, proses cek rekening BCA akan lebih cepat dan mudah karena cukup melalui sebuah aplikasi.

Adapun cara yang dapat dilakukan dalam proses cek rekening BCA melalui M-BCA, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka aplikasi BCA Mobile pada smartphone kalian, dengan bantuan koneksi internet
  2. Pada halaman awal aplikasi, silahkan pilih M-Info
  3. Silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Info Saldo
  4. Secara otomatis, laman akan memunculkan nomor rekening anda yang berada di sebelah kiri informasi saldo.

4. Melalui Internet Banking BCA

Selain cara-cara di atas, nasabah juga dapat melakukan pengecekan nomor rekening BCA melalui fitur transaksi Internet Banking BCA. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan bagi nasabah yang telah melalukan pendaftaran serta aktivasi rekenin anda ke fitur Internet Banking.

Setelah bergabung dengan fitur Internet Banking, maka nasabah sudah bisa melakukan pengecekan nomor rekening melalui fitur tersebut. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka website resmi internet banking BCA di alamat “https://ibank.klikbca.com“. Saat mengakses laman tersebut, pastikan komputer atau ponselmu terhubung dengan jaringan internet stabil
  2. Silahkan lakukan login dengan memasukkan User ID serta PIN Internet Banking BCA
  3. Silahkan pilih menu “Informasi Rekening
  4. Berikutnya, silahkan pilih menu “Informasi Saldo
  5. Selanjutnya, laman Internet Banking BCA akan memunculkan informasi mengenai nomor rekening anda.

Kesimpulan

Di atas merupakan cara-cara mudah yang dapat anda lakukan mengenai cara cek nomor rekening BCA. Sebenarnya, cara pengecekan nomor rekening BCA sangatlah mudah karena nasabah dapat mengetahuinya melalui buku rekening BCA yang telah dimiliki oleh setiap nasabah.

Namun, bagi nasabah yang lupa, hilang atau rusak mengenai buku rekening maka dapat melakukan pengecekan nomor rekening melalui cara-cara di atas. Selain itu, cara-cara di atas juga dapat anda lakukan ketika sedang berada di keadaan terdesak dalam membutuhkan nomor rekening untuk melakukan suatu aktivitas transaksi.

FAQ

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara cek nomor rekening BCA, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Apakah dalam proses pengecekan nomor rekening terdapat biaya?

Tidak, proses pengecekan nomor rekening gratis.

Apakah proses cek nomor rekening melalui kantor bank BCA dapat diwakilkan?

Tidak. Proses tersebut harus dilakukan oleh pemilik rekeningnya karena agar terhindar dari suatu hal yang tidak diinginkan.

Apakah nomor rekening tersebut bersifat penting?

Tentu saja, tanpa adanya nomor rekening maka nasabah tidak dapat melakukan aktivitas transaksi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Cek Nomor Rekening BCA. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda semua. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya, mengenai “Cara Mengisi ShopeePay Lewat ATM BRI” beserta dengan artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *