Cara Cek Mutasi Rekening BCA di ATM
Perbankan

17 Cara Cek Mutasi Rekening BCA di ATM dan Lewat Hp

 Cara Cek Mutasi Rekening BCA  – Pelu anda ketahui, mutasi rekening adalah riwayat transaki pada rekening bank yang memperlihatkan dana masuk dan dana keluar. Itu artinya kita bisa melihat transaksi terakhir melalui mutasi rekening. Selain itu, mutasi rekening juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

  1. Nasabah dapat mengetahui laporan transaksi dana yang masuk maupun keluar dari rekening kita dalam kurun waktu tertentu
  2. Nasabah juga dapat mengontrol aktivitas rekening agar terhindar dari penyalahgunaan rekening tanpa sepengetahuan kita
  3. Bagi para nasabah yang memiliki bisnis, maka melalui mutasi rekening dapat mempermudah transaksi bisnis seperti pengecekan pembayaran konsumen. Hal ini sangat bermanfaat, karena untuk menghindari kesalahan transfer atau penipuan oleh konsumen.

Pada intinya fungsi cek mutasi rekening adalah untuk melihat transaksi terakhir sehingga bisa mengetahui dan yang masuk dan keluar. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimana cara cek mutasi rekening BCA? Untuk mengetahui caranya silahkan simak berikut ini.

Cara Cek Mutasi di ATM BCA

Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Bagaimana cara cek mutasi di ATM BCA? Pasti banyak nasabah bank BCA yang menanyakan hal tersebut. Sebab pada menu ATM BCA tidak disediakan pilihan untuk mengecek mutasi rekening. Yang ada hanyalah cek informasi saldo, transfer, tarik tunai, dan beberapa menu lainnya.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari customer service BCA, untuk saat ini pengecekan mutasi rekening tidak bisa melalui mesin ATM BCA. Sebagai alternatif, anda bisa cek mutasi rekening BCA melalui KlikBCA, aplikasi BCA Mobile, dan SMS Banking BCA.

Meskipun tidak bisa cek mutasi di ATM BCA, namun masih ada alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk mengecek mutasi rekening secara mudah. Mungkin Bank BCA sengaja tidak menyediakan menu cek mutasi di ATM agar nasabah bank BCA beralih menggunakan layanan perbankan digital miliknya.

Padahal bank lain seperti BRI, Mandiri, BNI, BTN dan beragam bank lainnya rata-rata menyediakan menu cek mutasi melalui ATM.  Pasti anda sedikit kecewa dengan keputusan tersebut. Alhasil mau tidak mau anda harus mengecek mutasi rekening BCA lewat hp dengan cara yang kami sampaikan di bawah ini.

Cara Cek Mutasi Rekening BCA Lewat Hp

Ada tiga cara cek mutasi rekening BCA lewat hp yang bisa anda coba. Cara pertama adalah dengan internet banking BCA melalui situs KlikBCA. Sedangkan cara yang kedua menggunakan aplikasi mobile banking BCA (BCA Mobile) yang bisa digunakan di smartphone Android dan iOS. Lalu cara yang ketiga menggunakan fasilitas SMS Banking BCA. Nah untuk mengetahui cara cek mutasi rekening BCA lewat hp menggunakan layanan perbankan tersebut silahkan simak di bawah ini.

1. KlikBCA

Dikarenakan tidak bisa mengecek mutasi rekening di ATM BCA, maka anda harus menggunakan layanan internet banking BCA (KlikBCA) untuk mengecek mutasi rekening.  Nah agar bisa menggunakan KlikBCA, nasabah bank BCA harus terlebih dahulu mendaftar. Caranya cukup mudah, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Daftar Internet Banking BCA“.

Setelah akun KlikBCA telah aktif, maka anda bisa cek mutasi melalui fitur e-statement di KlikBCA. Fitur tersebut bisa diakses dari smartphone, komputer, maupun laptop yang terkoneksi ke internet. Menariknya, fitur e-statement memungkinkan kita untuk mengecek mutasi hingga hingga bulan Januari 2016.

Nah untuk mengetahui cara cek mutasi rekening BCA melalui KlikBCA silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Buka situs https://ibank.klikbca.com/ dari smartphone, komputer, maupun laptop. Kemudian masukan USER ID dan Pin Internet Banking BCA. Setelah itu klik Login.
    Cara Mutasi Rekening BCA
  2. Setelah berhasil login, kemudian pilih menu e-statement.
    Cara Mutasi Rekening BCA di KlikBCA
  3. Selanjutnya pilih Tabungan dan Giro
    Cara Mutasi ATM BCA
  4. Lalu pilh rekening yang diinginkan
  5. Langkah selanjutnya tinggal memasukan periode pengecekan mutasi yang ingin dilihat.
    Cek Tanggal Mutasi Rekening
  6. Kemudian klik download untuk mengunduh file mutasi rekening BCA dari tanggal yang dipilih.
  7. Setelah itu anda akan mendapatkan file pdf berisi informasi mutasi rekening BCA

2. BCA Mobile

Selain melalui KlikBCA, anda juga bisa cek mutasi rekening BCA melalui aplikasi BCA Mobile. Cara mendapatkan layanan perbankan digital tersebut berbeda dengan Internet Banking BCA. Nah untuk mengetahui cara daftarnya silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar Mobile Banking BRI“.

Melalui aplikasi BCA mobile anda dapat mengetahui mutasi rekening harian hingga maksimum hingga 31 hari yang lalu, dengan periode mutasi yang dapat dipilih 7 hari. Cara cek mutasi BCA melalui BCA Mobile juga sangat mudah.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile
  2. Kemudian pilih menu m-BCA
    Cek Mutasi Lewat m-BCA
  3. Lalu masukan kode akses m-BCA
  4. Selanjutnya pilih menu m-Info
  5. Setelah itu pilih menu Mutasi Rekening
    Cek Mutasi Rekening BCA Lewat Mobile Banking
  6. Selanjutnya pilih Jenis Transaksi. Akan tersedia beberapa opsi mutasi rerekening. Silahkan pilih semua untuk mengecek uang masuk dan keluar.
  7. Kemudian pilih Periode Mutasi. Setelah itu klik Send
  8. Lalu anda harus memasukan PIN m-BCA.
  9. Setelah itu anda akan mendapatkan informasi mutasi rekening dari tanggal yang dipilih.
    Cek Mutasi Rekening BCA Via Mobile Banking

3. SMS Banking BCA

Selain itu, anda juga bisa mencoba cara cek mutasi BCA melalui fasilitas SMS Banking dengan cara ketik Mutasi(spasi)Kode Akses, lalu kirim ke 69888. Namun untuk cek mutasi ATM BCA melalui SMS Banking hanya bisa menampilkan 4 transaksi terakhir dari rekening yang terdaftar.

  1. Contoh : Mutasi 435214, kirim ke 69888
    Cek Mutasi SMS Banking BCA

Perlu kalian ketahui, bahca cara cek mutasi ATM BCA lewat SMS Banking akan dikenakan biaya sesuai dengan kebijakan provider seluler yang anda gunakan. Selain itu, ada harus terlebih dahulu mendaftar mobile banking BCA agar bisa menggunaan fasilitas SMS Banking untuk mutasi rekening.  

Kesimpulan

Meskipun tidak bisa cek mutasi di ATM BCA, namun Bank BCA menyediakan solusinya, yakni dengan mengecek mutasi rekening melalui layanan SMS Banking, Internet Banking (KlikBCA), dan Mobile Banking (BCA Mobile).

Sayangnya ketiga layanan tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk mengecek mutasi rekening. Meskipun cukup ribet, namun keuntungan cek mutasi rekening BCA melalui SMS, Mobile, dan Internet Banking adalah bisa dilakukan lewat hp sehingga bisa mengecek mutasi dimana saja dan kapan saja. 

Apabila masih ada pertanyaan seputar cara cek mutasi ATM BCA silahan simak halaman FAQ di bawah ini. 

Apakah Bica Cek Mutasi di ATM BCA?

Sayangnya tidak bisa. Untuk cek mutasi rekening anda harus menggunakan layanan mobile banking, sms banking, dan internet banking BCA.

Apakah Cek Mutasi Rekening BCA Kena Biaya?

Cek mutasi melalui internet banking dan aplikasi BCA mobile tidakan dikenakan biaya. Namun apabila melalui SMS Banking akan dikenakan biaya sesuai kebijakan masing-masing provider seluler.

Kenapa Mutasi Rekening BCA Tidak Muncul?

Pastikan anda memilih periode tanggal pengecekan yang tepat.

Apakah Mutasi Rekening BCA Bisa Dihapus?

Untuk mengetahui apakah mutasi rekening dapat dihapus atau tidak, silahkan menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 atau datang ke kantor cabang BCA terdekat.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula informasi sebelumnya mengenai cara mengecek saldo di ATM BRI dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *