Cara Cek Mutasi BNI
Perbankan

28 Cara Cek Mutasi BNI di ATM, SMS, Internet, dan Mobile Banking

Viralorchard.com – Cara melihat transaksi terakhir rekening BNI adalah dengan cek mutasi rekening. Terdapat beberapa cara cek mutasi rekening BNI, yakni melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking.

Biasanya cek mutasi digunakan untuk mengetahui transferan yang masuk ke rekening BNI. Namun sebenarnya manfaat cek mutasi lebih dari itu.

Cek mutasi rekening sangatlah penting agar bisa mengetahui uang yang masuk dan uang yang keluar dari rekening. Alhasil kita bisa mengetahui semua transaksi yang terjadi pada rekening sehingga bisa mengantisipasi apabila terjadi transaksi ilegal.

Setiap transaksi yang terjadi pada rekening BNI bisa dicek melalui mutasi rekening. Oleh karena itulah kami sarankan untuk selalu rutin melalui cek mutasi, terutama pada saat ada transferan masuk ke rekening. 

Cara Cek Mutasi BNI

cara melihat mutasi rekening bni

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengecek mutasi rekening BNI silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini.

1.  ATM BNI

Bagi yang belum mengaktifkan layananan Internet Banking, SMS Banking, maupun Internet Banking BNI maka hanya bisa cek mutasi rekening di ATM BNI. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu datang ke gerai ATM BNI terdekat dengan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM BNI terdekat dengan membawa kartu ATM
  2. Masukkan kartu ATM BNI pada posisi yang benar agar terhindar dari tertelannya kartu
  3. Silahkan memilih bahasa transaksi, terdapat dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Sebaiknya pilihlah bahasa Indonesia agar mempermudah transaksi
  4. Masukkan PIN ATM, yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM hingga tiga kali, agar terhindar dari terblokirnya kartu secara otomatis oleh sistem.
    Masukan Pin ATM BNI
  5. Terdapat beberapa menu transaksi, kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Informasi dan Mutasi
    Cek Mutasi ATM BNI
  6. Silahkan pilih menu “Cek Mutasi Rekening di Layar“.
    Cara Cek Mutasi Rekening BNI
  7. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Rekening Tabungan
    Cek Mutasi Rekening Tabungan BNI
  8. Silahkan tunggu beberapa saat untuk proses transaksi, jika transaksi berhasil maka layar monitor akan menampilkan informasi tiga transaksi terakhir. .

Kekurangan cek mutasi di ATM BNI adalah hanya bisa melihat transaksi terakhir di layar sehingga anda tidak bisa mencetak bukti transaksi terakhir. Selain itu, informasi yang ditampilkan hanyalah 3 transaksi terakhir.

Untuk mengecek transaksi terakhir secara lengkap, maka anda harus cek mutasi melalui mobile banking BNI ataupun Internet Banking BNI.

2.  SMS Banking BNI

Cara Cek Mutasi SMS Banking BNI

Untuk proses transaksi cek transferan melalui SMS Banking BNI, pastikan nasabah telah mengaktifkan pelayanan SMS Banking. Bagi yang belum, maka harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Adapun caranya silahkan simak informasi berikut “Cara Mengaktifkan SMS Banking BNI“.

Setelah bergabung dengan pelayanan SMS Banking, maka anda dapat melakukan transaksi cek mutasi rekening BNI dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan pulsa pada handphone anda tidak kurang dari Rp 2.000
  2. Pastikan kartu yang terpasang di handphone anda, yang telah terdaftar di SMS Banking BNI
  3. Silahkan buka aplikasi pesan atau SMS pada handphone anda
  4. Ketikkan format pesan mutasi rekening ketik HST dan kirimkan ke nomor 3346

3.  BNI Mobile

Sama seperti SMS Banking, untuk melakukan suatu transaksi melalui Mobile Banking BNI maka harus mengaktifkan fitur pelayanan Mobile Banking terlebih dahulu. Untuk proses pengaktifkan Mobile Banking dapat dilakukan di kantor cabang bank BNI terdekat dengan memenuhi beberapa persyaratan seperti kartu debit, identitas diri KTP, smartphone berkoneksi internet hingga nomor telephone yang masih aktif.

Proses pengaktifan ini akan dibantu oleh petugas customer sevice bank BNI dan aplikasi BNI Mobile Banking yang terpasang di smartphone anda. Selain lewat kantor cabang, anda juga bisa mengaktifkan layanan mobile banking lewat hp. Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar Mobile Banking BNI Lewat Hp“.

Setelah proses pengaktifan telah berhasil, maka anda bisa melakukan cek mutasi BNI lewat aplikasi BNI Mobile. Caranya sangat mudah dan lebih praktis dibanding cek mutasi di ATM BNI. Untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi Mobile Banking BNI yang telah terpasang di smartphone anda. Untuk proses transaksi ini, pastikan smartphone anda terkoneksi jaringan internet yang stabil
  2. Setelah membuka aplikasi Mobile Banking BNI, silahkan lakukan login dengan memasukkan User ID serta M-PIN yang telah dibuat pada saat pengaktifan fitur ini. Jika sudah, silahkan pilih menu “Login
    Cek Mutasi Rekening BNI Mobile
  3. Silahkan pilih menu “Rekeningku
    Cek Transaksi Terakhir Lewat Mobile Banking BNI
  4. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Tabungan & Giro
    Cek Mutasi BNI Mobile Banking
  5. Jika langkah di atas sudah dilakukan, silahkan pilih menu “Mutasi Rekening
    Cek Mutasi Rekening BNI
  6. Silahkan atur periode atau jangka waktu transaksi yang kalian inginkan. BNI Mobile Banking memiliki maksimum rentang tanggal awal dan tanggal akhir mutasi selama 30 hari. Jika telah mengaturnya, silahkan pilih menu “Lanjut
    Jangka Waktu Mutasi
  7. Selanjutnya akan muncul informasi transaksi terakhir seperti transferan masuk, tarik tunai, pembayaran, biaya admin, dll berdasarkan jangka waktu atau periode yang telah ditentukan.

4. Internet Banking BNI

Masih ada satu lagi cara cek mutasi BNI, yakni lewat Internet Banking. Cara ini bisa dipilih apabila ingin mengecek mutasi melalui laptop, komputer, ataupun smartphone. Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Internet Banking BNI di ATM.

Setelah layanan internet banking aktif, maka anda bisa mengecek transaksi terakhir rekening BNI hingga 6 (enam) bulan belakang.

  1. Silahkan buka website resmi BNI dengan alamat “https://ibank.bni.co.id” melalui smartphone atau pc yang terkoneksi internet stabil
  2. Silahkan pilih bahasa transaksi, terdapat dua bahasa transaksi yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, silahkan pilih “Bahasa Indonesia”
  3. Silahkan pilih menu “Masuk” dan lakukan login dengan memasukkan “User ID serta Password“, kemudian dilanjutkan memilih menu “Login
    Cek Mutasi Internet Banking BNI
  4. Anda akan masuk halaman utama BNI Internet Banking, dan pada halaman ini akan ditampilkan beberapa menu transaksi. Untuk transaksi cek transferan masuk, maka pilih menu “Rekening
    Cek Mutasi Rekening BNI Lewat Internet Banking
  5. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Mutasi Rekening
    Mutasi Rekening BNI
  6. Anda akan diberikan pilihan saldo masuk pada rekening. Silahkan pilih “Tabungan & Giro“.
  7. Kemudian dilanjutkan dengan klik “Lanjut
  8. Selanjutnya, anda diminta untuk mengatur periode transaksi atau jangka waktu transaksi. Setelah mengaturnya, maka dilanjut dengan memilih menu “Lanjut
  9. Terakhir, maka anda akan ditampilkan data informasi mutasi rekening baik transferan masuk atau transaksi keluar. Untuk data ini berisi beberapa uraian transaksi, seperti tanggal transaksi, nama pengirim, nominal saldo transferan hingga jumlah saldo pada saat itu.
    Cek Mutasi BNI Lewat Internet Banking

Keuntungan cek mutasi lewat internet banking adalah bisa mengecek transaksi terakhir hingga 6 bulan ke belakang. Apabila ingin pengecekan yang lebih dari itu, maka harus datang ke kantor cabang BNI terdekat.

Pengecekan mutasi di kantor cabang cukup membawa buku rekening, kartu ATM, dan kartu identitas (KTP). Nantinya petugas BNI akan membantu proses pengecekan rekening untuk melihat transaksi terakhir selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun. Selain itu, anda juga bisa meminta rekening korang apabila ingin melihat detail transaksi lebih lengkap.

Kesimpulan

Silahkan memilih salah satu cara cek mutasi rekening BNI di atas. Bagi yang belum mendaftar internet banking, sms banking, dan internet banking maka bisa memilih cek mutasi di ATM BNI terdekat.

Sayangnya cek mutasi di ATM hanya terbatas untuk 3 transaksi terakhir. Begitu pula dengan cek mutasi melalui SMS Banking. Apabila ingin yang lebih lengkap maka bisa menggunakan Internet dan Mobile Banking (BNI Mobile).

Setelah cek mutasi maka kita bisa mengetahui transferan yang masuk ke rekening ataupun yang di debit dari rekening. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara mutasi BNI silahkan halaman FAQ simak di bawah ini.

Apakah Bisa Cek Mutasi Rekening BNI Lewat Hp?

Bisa, anda bisa menggunakan layanan mobile banking (BNI Mobile) atau internet banking.

Apakah Bisa Cek Mutasi Rekening Lewat SMS?

Tentu saja bisa, Bank BNI memiliki layanan SMS Banking yang bisa digunakan untuk cek mutasi rekening BNI lewat sms.

Apakah Cek Mutasi BNI Dikenakan Biaya?

Tidak, proses pengecekan tidak akan dikenakan biaya

Apakah Bisa Cetak Bukti Mutasi di ATM BNI?

Tidak bisa, ATM BNI hanya menampilkan mutasi rekening pada layar ATM. Itupun hanya terbatas untuk 3 transaksi terakhir

Apakah Bisa Cek Mutasi BNI di ATM Bank Lain?

Sayangnya tidak bisa. Pengecetak mutasi rekening hanya bisa dilakukan di gerai ATM BNI.

Nah demikianlah informasi cara cek mutasi di ATM BNI dan beragam layanan perbankan lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan simak pula artikel sebleumnya mengenai “Cara Kredit Barang di Shopee” dan beragam informasi seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *