Cara Mengecek Rekening dan ATM BNI Masih Aktif atau Tidak
Perbankan

Cara Cek ATM BNI Masih Aktif atau Tidak

Bagi masyarakat Indonesia yang membuka rekening bank BNI, tentu saja akan dibekali sebuah ATM untuk bertransaksi. Dari kartu ATM tersebut, nasabah akan lebih mudah melakukan berbagai transaksi baik untuk penyimpanan uang, pengambilan uang, pengiriman uang, pembayaran tagihan, hingga investasi.

Meskipun adanya kartu ATM, nasabah akan lebih mudah melakukan transaksi tetapi mereka juga harus tetap membayar biaya administrasi sebagai perawatan kartu ATMnya. Adapun biaya administrasi tersebut, nantinya akan di potong secara otomatis dari saldo rekening tabungan setiap bulannya.

Adanya biaya administrasi yang ditetapkan oleh pihak BNI, tentu saja ada beberapa pengguna ATM yang merasa kwalahan dalam membayarnya yakni seperti saldo rekening yang tidak mencukupi ataupun hal lainnya. Dengan demikian, dari sekian banyak pengguna ATM BNI yang membiarkan ATMnya begitu saja atau tidak pernah mengisi saldo rekeingnya kembali.

Namun, setelah mereka memutuskan tidak pernah mengisi saldo ATM, ada banyak pengguna yang ingin menggunakan kembali kartu ATM BNI tersebut untuk suatu kepentingan transaksi. Tetapi sebelum menggunakan kembali kartu ATM BNI, sebaiknya anda ketahui terebih dahulu apakah kartu ATMnya masih aktif atau tidak.

Lalu bagaimana cara mengetahui kartu ATM BNI yang masih aktif atau tidak?, silahkan anda simak ulasan ViralOrchard.com di bawah ini:

Cara Mengecek Kartu ATM BNI Masih Aktif atau Tidak

Cara Cek ATM BNI Masih Aktif atau Tidak

Terdapat beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk proses cek kartu ATM apakah masih aktif atau tidak. Adapun langkah untuk mengetahui ATM BNI anda masih aktif atau tidak, cukuplah mudah dan cepat.

Untuk lebih mengetahui bagaimana langkah mengecek kartu ATM BNI masih aktif, atau tidak silahkan simak di bawah ini:

Menghubungi Call Center BNI

Salah satu solusi untuk mengecek bahwa kartu ATM BNI anda masih aktif adalah menghubungi call center BNI. Cara ini cukup mudah dan nasabah tidak perlu bepergian kemana-mana.

Namun, untuk menghubungi call center BNI pastikan nomor anda telah terisi pulsa yang mencukupi, kurang lebih Rp 20.000. Adapun langkahnya, sebagai berikut:

  1. Silahkan hubungi call center BNI di nomor 1500046
  2. Setelah nasabah terhubung dengan call center BNI, silahkan beritahu customer call center mengenai tujuan anda yaitu mengecek kartu ATM masih aktif atau tidak
  3. Dalam proses ini, petugas call center akan meminta data-data anda
  4. Jika data anda telah sesuai dengan data yang ada di sistem, petugas akan memberitahukan mengenai keaktifan atau tidaknya kartu ATM BNI anda.

Mendatangi Kantor Cabang Bank BNI Terdekat

Cara kedua yang dapat anda lakukan dalam mengecek apakah kartu ATM masih aktif atau tidak yakni dengan mendatangi kantor cabang bank BNI terdekat. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa persyaratan seperti kartu ATM, buku tabungan, serta KTP pemilik rekening
  2. Sesampainya di kantor cabang, silahkan ambil nomor antrian untuk menuju customer service dan tunggulah hingga nomor antrian terpanggil
  3. Jika nomor antrian telah terpanggil, silahkan datangi petugas customer service dan beritahu tujuan anda yaitu mengecek apakah kartu ATM BNI anda masih aktif atau tidak
  4. Untuk memastikan bahwa kartu ATM itu milik anda, maka petugas customer service meminta anda untuk menyerahkan buku tabungan, kartu ATM, KTP. Setelah itu, petugas CS akan meminta anda untuk menyebutkan nama ibu kandung
  5. Apabila semua data telah sama, maka petugas CS akan memproses pemintaan anda
  6. Petugas CS akan memberitahu kepada anda mengenai keaktifan atau tidak aktifnya kartu ATM BNI.

Ciri-ciri kartu ATM BNI anda aktif atau tidak

Selain langkah-langkah di atas, sebenarnya terdapat ciri-ciri yang dapat anda ketahui bahwa kartu ATM BNI anda masih aktif atau tidak. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Rekening BNI Masih Aktif: Untuk tanda rekening BNI masih aktif yaitu rekening yang masih membayarkan biaya administrasi.
  2. Rekening BNI Dormant (masih bisa di aktifkan): Ciri-cirinya yaitu apabila tiga bulan berturut-turut saldo rekening Rp 0. Rekening tersebut bisa di aktifkan kembali apabila nasabah melakukan transaksi melalui ATM maupun fasilitas e-Banking.
  3. Rekening Pasif 6 Bulan: Ciri-cirinya yaitu apabila saldo Rp 0 serta tidak melakukan transaksi apapun selama 6 bulan, maka kartu ATM otomatis terblokir.

Kesimpulan

Demikian beberapa informasi yang dapat anda lakukan dalam mengetahui nomor rekening anda masih aktif atau tidak. Meskipun anda dapat mengetahuinya melalui ciri-ciri di atas, tetapi apabila benar-benar lupa mengenai riwayat transaksi maka anda dapat mengetahuinya melalui call center BNI atau mendatangi kantor cabang bank BNI terdekat.

FAQ 

Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai cara cek ATM BNI masih aktif atau tidak, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Apakah ATM yang sudah tidak aktif dapat diaktifkan kembali?

Tentu. Namun hal ini hanya bisa berlaku bagi rekening dormant atau sudah tidak menggunakan ATM BNI selama 3 bulan berturut-turut.

Bagaimana ciri-ciri kartu ATM sudah tidak aktif?

Cukup mudah yaitu apabila nasabah tidak menggunakan kartu ATM selama 3 bulan dan 6 bulan dengan saldo Rp 0 maka kartu ATM sudah tidak aktif.

Berapa biaya pengaktifkan kembali kartu ATM?

Untuk biayanya berbeda-beda, tergantung pada jenis rekening yang di ambil oleh nasabah.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara cek ATM BNI masih aktif atau tidak. Semoga infromasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Jangan lupa untuk menyimak artikel sebelumnya mengenai “Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BCA” dan artikel-artikel menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *