5 Cara Cek Bantuan UMKM BRI Online Terbaru 2021

Cara cek bantuan UMKM BRI bisa dilakukan secara online melalui situs yang disediakan Bank BRI. Bantuan tersebut hanya dikhususkan untuk UMKM yang terdampak pandemi Covid19. Selain itu, tak semua UMKM bisa mendapatkanya karena ada beberapa persyaratan khusus agar bisa menjadi penerima BLT UMKM BRI.

Untuk saat ini, BLT UMKM tahap pertama telah selesai disalurkan. Bagi yang tidak kebagian tidak perlu kecewa, karena masih ada bantuan BLT UMKM BRI tahap kedua yang akan segera disalurkan pada tahun 2021. Nah untuk mengetahui apakah menjadi penerima bantuan atau tidak, maka harus mengeceknya secara online.

[toc]

Bantuan BLT UMKM sama saja dengan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM). Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 28.8 Triliun untuk menyasar 12 Juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia. Bantuan ini diharapkan bisa memantu para pelaku usaha mikro untuk mengembangkan maupun mempertahankan bisnisnya.

Di era pandemi ini, bantuan dari Pemerintah memang sangat penting. Terlebih sudah banyak UMKM yang gulung tikar karena kesulitan mendapatkan modal untuk mempertahankan bisnisnya. Nah untuk mengetahui apakah anda mendapatkan bantuan UMKM BRI ini atau tidak, silahkan simak informasi cara cek bantuan UMKM BRI online pada artikel viralorchard.com berikut ini. 

Tutorial Cara Mengecek Bantuan UMKM BRI 

Tutorial Cara Mengecek Bantuan UMKM BRI 

Syarat Penerima Bantuan UMKM BRI

Yah, tidak semua orang bisa mendapatkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM). Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar bisa mendapatkan bantuan ini. Nah untuk mengetahui apa saja syaratnya, silahkan simak informasi berikut. 

Persyaratan Umum

  1. Memiliki usaha produksi berskala mikro dengan aset usaha paling banyak Rp. 50 juta (Tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha)
  2. Merupakan seorang WNI (Warga Negara Indonesia)
  3. Penerima bantuan bukan ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI/POLRI, pegawai BUMN maupun BUMD
  4. Tidak memiliki pinjaman di bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  5. Bagi usaha mikro yang alamat pengusahanya berbeda dengan alamat KTP, maka wajib mencantumkan Surat Keteranga Usaha (SKU).
  6. Bantuan ini hanya dikhususkan untuk pelaku usaha mikro yang memiliki penghasilan penjualan tahunan atau omzet paling banyak sebesar Rp. 300 Juta.

Persyaratan dokumen

  1. Surat Keterangan Usaha (SKU).

  2. Nomor Induk Kependudukan (NIK).

  3. Alamat tinggal, sesuai dengan KTP
  4. Bidang usaha yang dimiliki
  5. Nomor telephon yang masih aktif
  6. Bagi penerima yang tidak memiliki nomor rekening, maka dapat dibuatkan pada saat pencairan oleh bank penyalur.

Nah itulah beberapa persyaratan yang dibutuhkan agar bisa menjadi penerima bantuan BLT UMKM BRI. Lalu bagaimana cara agar bisa mendapatkan bantuan tersebut? Salah satu caranya adalah dengan melakukan pendaftaran secara langsung ke Dinas Koperasi dan UMKM setempat.

Selain itu, penerima bantuan UMKM BRI juga bisa diusulkan oleh koperasi yang sudah berbadan hukum, lembaga/kementrian, serta bank penyaluar (Bank BRI). Nah apabila sudah terdaftar, maka tinggal melakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut. 

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM BRI

Cara Cek Bantuan UMKM BRI Online

Bank BRI hanyalah sebagai penyalur bantuan. Sebenarnya bantuan UMKM ini merupakan bantuan BPUM (Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro) yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha mikro yang telah memenuhi persyaratan.

Nantinya Bank BRI akan mengumumkan apabila bantuan BLT UMKM tahap kedua telah disalurkan. Nah agar mengetahui apakah anda menerima bantuan atau tidak, silahkan simak cara cek bantuan UMKM BRI Online berikut ini. 

  1. Silahkan buka website BRI sebagai penyalur bantuan UMKM di alamat “eform.bri.co.id/bpum”
  2. Silahkan lakukan pengecekan pemerima bantuan UMKM dengan cara memasukkan nomor KTP
  3. Kemudian masukan kode verifikasi berupa captcha.
  4. Setelah mengisi nomor KTP serta kode verifikasi, silahkan dilanjut dengan memilih menu “Proses Inquiry
  5. Ketika langkah-langkah di atas telah terselesaikan, maka laman eform.bri.co.id akan menampilkan informasi apakah nomor eKTP yang dimasukan mendapat bantuan UMKM BRI atau tidak. 

Setelah langkah-langkah pengecekan penerima bantuan UMKM dari eform.bri.co.id terselesaikan, kemungkinan anda akan ditampilkan 2 pernyataan yakni sebagai penerima bantuan, atau tidak. Ketika pengguna ditampikan dua pernyataan tersebut, maka terdapat hal yang harus dilakukan yakni sebagai berikut:

Cara Mencairkan Bantuan UMKM BRI

Setelah dinyatakan menjadi penerima bantuan UMKM BRI, maka selanjutnya harus melakukan verifikasi ke bank penyalur untuk mencairkan bantuan UMKM BRI. Proses pencairan dilakukan di kantor cabang BRI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan sebagai berikut.

  1. Kartu Identitas (eKTP)
  2. Kartu ATM
  3. Buku Rekening Tabungan
  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan atau Kuasa Penerima dana BPUM

Pencairan BLT UMKM BRI sangat mudah, nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang terdekat dan menyerahkan semua persyaratan di atas ke petugas Bank BRI. Setelah pencairan berhasil maka dana akan langsung ditransfer ke rekening nasabah yang telah terdaftar. Adapun besaran dana yang diberikan adalah sebesar Rp. 2.4 Juta.

Dinyatakan Tidak Terdaftar UMKM

Kemudian, bagi anda yang tidak terdaftar dengan bantuan UMKM maka pada saat anda mengecek di platfrom eform.bri.co.id/bpum maka akan mendapatkan notifikasi berupa “Nomor e-KTP tidak terdafar sebagai penerima BPUM“. Jika anda mengalami permasalahan tersebut maka itu artinya anda tidak memenuhi syarat sebagai penerima bantuan UMKM BRI. 

Tips Mendapatkan Bantuan UMKM

Tidak hanya persyaratan di atas, namun terdapat cara atau tips yang dapat anda lakukan jika ingin mendapatkan bantuan BPUM UMKM. Untuk tips-tips yang harus anda lakukan, sebagai berikut:

  1. Pastikan nama dan bisnis telah terdaftar di koperasi yang telah di sahkan oleh badan hukum
  2. Pastikan bisnis telah terdaftar di perbankan dan perusahaan pembiayaan yang telah terdaftarkan di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kesimpulan

Adanya bantuan UMKM dari pemerintah Indonesia ini sangat membantu kepada pelaku usaha. Namun untuk bantuan UMKM ini hanya diperoleh bagi pelaku usaha yang tidak memiliki pinjaman kredit di bank maupun Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Nah, bagi anda yang dinyatakan tidak sebagai penerima bantuan maka perhatikan kembali beberapa syarat serta tips untuk mendapatkan bantuan tersebut. Jika masih terdapat kendala, maka anda dapat menghubungi pihak bank BRI terdekat. 

Selain itu, anda bisa menghubungi layanan pengaduan BLT UMKM Kementrian Koperasi UKM via Hotline di nomor 1500-857 atau via WhatsApp ke nomor 0811-1450-587. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara cek bantuan UMKM BRI Online silahkan simak halaman FAQ berikut ini. 

Bagaimana cara mengecek penerima bantuan UMKM melalui penyalur bank BRI

Pengguna dapat melakukan pengecekan hanya melalui webisite bank BRI dengan alamat eform.bri.co.id/bpum

Apabila sudah tertera sebagai penerima bantuan UMKM, langkah apa yang harus saya lakukan?

Silahkan lakukan verifikasi kepada pihak bank BRI terdekat dengan membawa persyaratan seperti yang telah kami sampaikan di atas.

Berapa nominal bantuan UMKM yang kami terima?

Anda akan menerima bantuan UMKM dengan nominal yang cukup tinggi yakni sebesar Rp 2.400.000 untuk tahap awal.

Langkah apa yang harus kami lakukan jika tidak terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM?

Silahkan lakukan konfrimasi kepada pihak bank BRI dengan melengkapi beberapa persyaratan.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam proses cek penerima bantuan UMKM BRI Online melalui eform.bri.co.id. Kami berharap dengan adanya ulasan-ulasan di atas dapat membantu anda dalam melakukan pengecekan bantuan UMKM tersebut. Selamat mencoba dan simak pula artikel sebelumnya mengenai “Syarat Ganti Kartu ATM BNI” dan beragam informasi bermanfaat lainnya. 

Tinggalkan komentar