Cara Buat Toko di Tokopedia
Peluang Bisnis

10 Cara Buka Toko di Tokopedia Lewat Hp

Cara Buka Toko di Tokopedia – Jual beli online dalam bentuk marketplace saat ini sedang naik daun, salah satunya yakni Tokopedia. Selain dikatakan marketplace, Tokopedia juga dapat dikatakan sebagai mall online yang memberikan kesempatan kepada penjual untuk membuka tokonya tanpa harus mengeluarkan biaya sewa toko.

Melalui Tokopedia banyak pihak yang merasa diuntungkan, baik pembeli atau penjual. Keuntungan yang didapatkan oleh pembeli yakni dapat membeli semua kebutuhannya di Tokopedia dengan aman dan terpercaya.

Sedangkan untuk para penjual tentu saja marketplace Tokopedia ini sangat membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya, karena terbantu oleh inventori hingga ke promosi. Dengan adanya bantuan inventori hingga promosi akan sangat menguntungkan bagi penjual atau pemilik toko Tokopedia, karena mereka tinggal melayani pembeli serta menerima pembayaran secara online atau tanpa harus tatap muka dengan pembeli serta tidak mengharuskan melakukan promosi kemana-mana.

Para pembisnis dapat menjual semua produknya di Tokopedia, seperti fashion, kecantikan, kuliner, elektronik, hingga perlengkapan rumah tangga. Nah bagi anda para pembisnis yang belum memiliki toko di Tokopedia, sebaiknya segeralah bergabung, karena fitur marketplace ini menjadi solusi tepat untuk mengembangkan bisnis.

Cara Membuka Toko di Tokopedia

Cara Membuat Toko Online di Tokopedia

Untuk pembuatan toko di Tokopedia terbilang cukup mudah karena hal yang terpenting yakni memiliki akun Tokopedia terlebih dahulu. Proses pembuatan akun Tokopedia juga cukup mudah, karena anda akan terbantu oleh aplikasi Tokopedia yang terpasang di smartphone atau PC dan dibantu oleh koneksi internet.

Cara Membuat Akun Tokopedia

Untuk memudahkan proses pembuatan akun Tokopedia, anda dapat melakukannya melalui smartphone yang telah terpasang aplikasi Tokopedia. Untuk langkah-langkah pembuatan akunnya, sebagai berikut:

  1. Bagi yang belum memiliki aplikasi Tokopedia, maka anda dapat mengunduhnya/ download melalui PlayStore atau AppStore yang ada di smartphone anda
  2. Aplikasi Tokopedia sudah berhasil di unduh, silahkan dilanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut lalu pilih menu “Lewati” untuk mempercepat proses pembuatan akun
  3. Anda akan ditampilkan layar utama aplikasi Tokopedia. Untuk proses pembuatan akun, maka pilih menu “Masuk” yang ada disebelah bawah kanan layar aplikasi
  4. Tokopedia menawarkan beberapa pilihan pembuatan akun yakni melalui nomor ponsel, email, google, facebook, hingga yahoo. Kali ini kami akan mencontohkan pembuatan akun melalui email, maka tuliskan email secara benar. Jika alamat email sudah dimasukkan, silahkan dilanjut dengan menu “Daftar”
  5. Menu berikutnya, anda diminta untuk mengisi nama lengkap, nomor ponsel, serta pembuatan kata sandi. Jika semua data telah dimasukkan, silahkan dilanjutkan dengan memilih menu “Daftar”
  6. Pihak Tokopedia akan mengirimkan kode aktivasi yang dikirimkan ke alamat email anda. Silahkan buka pesan email tersebut, lalu pilihlah menu “Aktifkan akun anda” atau dapat memasukkan kode aktivasi dengan membuka aplikasi Tokopedia kembali.
  7. Pembuatan akun Tokopedia telah berhasil, anda dapat melakukan pengecekan apakah pembuatan akun sudah benar-benar berhasil maka buka kembali aplikasi Tokopedia dan pilihlah menu akun. Jika akun sudah benar-benar terdaftar maka pada menu akun sudah tertera nama pemilik akun.

Cara Membuat Toko di Tokopedia

Jika telah berhasil membuat akun Tokopedia, maka anda sudah bisa melakukan pembuatan toko di Tokopedia untuk mengembangkan bisnis anda. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan, silahkan simak informasi cara buka Toko di Tokopedia berikut ini. 

  1. Silahkan buka aplikasi Tokopedia yang telah terpasang di smartphone anda. Pastikan smartphone anda terkoneksi internet dengan stabil
    Aplikasi Tokopedia
  2. Kemudian, pilihlah menu “Akun” yang berada di pojok kanan bawah layar aplikasi Tokopedia
    Cara Bikin Toko Tokopedia
  3. Setelah masuk ke menu Akun Tokopedia, kemudian klik menu “Buka Toko Gratis” yang berada di bagian atas menu akun.
    Buka Toko Gratis di Tokopedia
  4. Kemudian akan muncul informasi mengenai peluang dengan membuka toko online secara gratis di Tokopedia. Silahkan baca informasi yang ditampilkan, lalu klik “Buka Toko Gratis“.
    Klik Buka Toko Gratis
  5. Langkah selanjutnya adalah memasukan info Toko.
    Masukan Info Toko
  6. Selanjutnya silahkan mengisi data yang meliputi nama toko serta nama domain. Pastikan nama toko serta nama domain mengandung kata yang mudah diingat dan tidak akan diubah. Jika sudah siklahkan klik “Lanjut“.
    Nama Toko di Tokopedia
  7. Silahkan lakukan pengisian survei singkat tentang berjualan dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Proses ini bertujuan agar pihak Tokopedia lebih mengenalmu dan mampu memberikan pengalaman berjualan yang baik. Anda juga bisa melewati langkah ini dengan cara klik “Lewati“.
  8. Langkah selanjutnya yakni masukkan alamat toko secara lengkap mulai dari jalan, nomor bangunan, RT/ RW, kecamatan hingga kabupaten. Tujuan dari ini yakni mempermudah kurir ekspedisi dalam pengambilan atau pengantaran barang
    Cara Bikin Toko Online di Tokopedia
  9. Kemudian akan muncul pemberitahuan, bahwa pembuatan toko di Tokopedia telah berhasil dilakukan.
  10. Selanjutnya anda akan masuk ke halaman Toko yang berhasil dibuat. Namun status toko belum aktif. Untuk mengaktifkannya, silahkan menambahkan produk untuk dijual dengan cara klik pada bagian bertanda (+).
    Cara Jual di Tokopedia

Sampai di sini anda sudah berhasil membuat toko di Tokopedia. Selanjutnya anda tinggal mengupload produk yang akan dijualan. Apabila dalam waktu dalam jangka waktu 90 hari setelah toko berhasil dibuka tidak mengupload produk, maka pihak Tokopedia berhak untuk menutup atau menonaktifkan toko yang dibuat.

Kesimpulan

Sudah banyak orang yang sukses berkat Tokopedia. Melalui Marketplace tersebut, semua orang bisa membuat toko online secara mudah dan cepat. Terlebih cara buka Toko di Tokopedia bisa dilakukan lewat hp sehingga memudahkan semua orang untuk memiliki toko online.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara buka toko di Tokopedia silahkan simak halaman FAQ di bawah ini. 

Apakah Bisa Membuat Toko di Tokopedia Lewat Hp?

Bisa, anda bisa buka toko di Tokopedia lewat hp ataupun lewat perangkat komputer dan laptop.

Apakah Buka Toko Di Tokopedia Harus Bayar?

Tidak, untuk membuka toko di Tokopedia anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Apa Keuntungan Buka Toko di Tokopedia?

Keuntungan yang pertama adalah gratis, selain itu anda berpotensi mendapatkan penghasilan dalam jumlah sangat besar mengingat Tokopedia merupakan salah satu marketplace terpopuler di Indonesia

Apakah Bisa Buka 2 Toko di Tokopedia?

Satu akun Tokopedia hanya bisa membuat 1 Toko. Apabila ingin memiliki 2 Toko maka harus mebuat akun lagi.

Apa Syarat dan Ketentuan Buka Toko di Tokopedia?

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun yang paling penting adalah harus upload produk dalam jangka waktu 90 hari agar Toko yang dibuat tidak dinonaktifkan / tutup.

Apabila terjadi kendala saat membuat Toko di Tokopedia, silahkan menghubungi Tokopedia Care. Nah demikianlah informasi seputar cara buka Toko di Tokopedia. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Limit Tarik Tunai BCA di ATM” dan beragam informasi menarik lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *