Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BNI
Asuransi, BPJS

10 Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BNI

Bank BNI menyediakan aplikasi mobile banking yang bisa digunakan untuk bayar tagihan BPJS kapan saja dan dimana saja. Cara bayar BPJS lewat mobile banking sangatlah mudah, karena sudah tersedia menu khusus untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan.

Sayangnya tidak semua nasabah Bank BNI bisa membayar tagihan BPJS lewat mobile banking. Ada satu syarat agar bisa membayar tagihan BPJS melalui aplikasi M-Banking tersebut. Syaratnya adalah harus terlebih dahulu mengaktifkan mobile banking.

Bagi yang saat ini belum mengaktifkan mobile banking, silahakan simak terlebih dahulu informasi “Cara Mengaktifkan Mobile Banking“.  Setelah layanan perbankan tersebut aktif maka nasabah bisa menggunakannya untuk beragam transaksi perbankan dan pembayaran tagihan.

Pembayaran BPJS lewat mobile banking BNI mengharuskan anda memasukan nomor Virtual Account BPJS. Bagian inilah yang terkadang membuat nasabah kebingungan karena tidak tahu  nomor Virtual Account BPJS. Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan simak informasi cara bayar BPJS lewat Mobile Banking BNI berikut ini.

Tutorial Cara Bayar BPJS Lewat M-Banking BNI

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Mobile Banking BNI

Pembayaran tagihan BPJS bagi pemilik kartu BPJS adalah hal yang wajib di lakukan setiap bulannya, namun hingga saat ini masih banyak pengguna yang telat melakukan pembayaran tagihan karena harus mendatangi kantor BPJS. Nah untuk itu, bank BNI memberikan kemudahan kepada nasabah dan pengguna BPJS dalam hal pembayaran tagihan yakni salah satunya melalui fitur Mobile Banking BNI.

Namun dalam proses pembayaran tagihan BPJS melalui Mobile Banking BNI hanya bisa dilakukan bagi nasabah bank BNI yang telah mengaktifkan M-Banking BNI. Setelah berhasil mengaktifkan Mobile Banking BNI, maka proses transaksi dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile Banking yang bisa didownload di Play Store dan App Store.

Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BNI

Sedangkan, untuk proses pembayaran BPJS melalui Mobile Banking BNI memiliki syarat yang harus pengguna ketahui yakni mengetahui kode tujuan bank BNI 88888. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam proses bayar BPJS lewat mobile banking BNI, silahkan simak tutorial viralorchard.com berikut ini.

  1. Langkah pertama yaitu buka aplikasi BNI Mobile Banking yang telah terpasang di smartphone pengguna. Pastikan smartphone anda terkoneksi jaringan internet dengan stabil
  2. Berikutnya, silahkan lakukan login M-Banking BNI dengan cara memasukkan User ID dan MPIN. Jika sudah memasukkan User ID dan MPIN, maka dilanjut dengan memilih menu “Login
    Bayar BPJS M-Banking BNI
  3. Setelah berhasil masuk ke akun M-Banking maka anda akan ditampilkan beberapa menu pilihan transaksi. Nah untuk transaksi pembayaran tagihan BPJS, maka pilih menu “Pembayaran
    Cara Membayar BPJS Lewat M-Banking BNI
  4. Langkah selanjutnya yakni pilih menu “BPJS Kesehatan
    Cara Bayar BPJS Kesehatan Mobile Banking BNI
  5. Silahkan masukkan “Nomor Virtual Account“. Untuk cara input nomor virtual account maka hilangkan dua nomor BPJS paling depan dan diubah dengan kode bank BNI yakni 88888. Contoh: nomor virtual account BPJS 001234567890 maka menjadi 888881234567890
    Cara Bayar BPJS Lewat M-Banking BNI
  6. Agar tidak perlu lagi memasukan Nomor Virtual Account saat ingin kembali membayar BPJS lewat M-Banking BNI, silahkan contreng pada bagian “Simpan Ke Daftar Favorit“. Lalu masukan nama Singkat.
    Cara Bayar BPJS Kesehatan M-Banking BNI
  7. Selanjutnya, silahkan pilih jumlah bulan pembayaran. Jika ingin membayar tagihan 1 bulan maka diisi dengan angka 1, begitupun sebaliknya. Jika nomor virtual account serta jumlah bulan pembayaran telah diisi, maka pilihlah menu “Lanjut” untuk melanjutkan transaksi
    Jumlah Bulan Pembayaran BPJS
  8. Laman aplikasi akan menampilkan data detail transaksi pembayaran tagihan BPJS yang meliputi nama perserta BPJS, jumlah peserta, jumlah bulan pembayaran, nomor rekening, nominal tagihan pembayaran, biaya administrasi, serta total nominal yang harus dibayarkan. Silahkan periksa kembali detail data tersebut dan jika telah sesuai, maka masukkan password Mobile Banking anda.
    Password Transaksi BPJS
  9. Jika password transaksi sudah terisi, maka tinggal klik Lanjut.
  10. Jika transaksi pembayaran tagihan BPJS melalui Mobile Banking BNI berhasil, maka anda akan ditampilkan status bukti transaksi. Nasabah dapat menyimpan bukti transaksi tersebut dengan cara memilih menu “Download”
    Status Pembayaran BPJS Berhasil

Sebagai bukti transaksi pembayaran tagihan BPJS berhasil tidak hanya dapat di lihat melalui status transaksi yang ada di aplikasi BNI Mobile Banking. Tetapi, nasabah dapat mengetahuinya melalui pesan email yang masuk ke alamat email yang telah terdaftar di Mobile Banking sebelumnya. Lalu apakah bayar BPJS lewat M-Banking BNI dikenakan biaya?

Biaya Admin

Untuk saat ini, proses pembayaran BPJS lewat M-Banking BNI tidak dikenakan biaya admin (Gratis). Anda tinggal membayar tagihan BPJS sesuai dengan nominal tagihan yang muncul pada aplikasi BNI Mobile Banking. Setelah itu transaksi akan diproses dan tagihan akan lunas secara otomatis.

Dengan kemudahan cara bayar BPJS lewat Mobile Banking BNI, tentu nasabah akan terbantu dengan kemudahan tersebut. Jangan lupa untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan secara tepat waktu agar nomor BPJS yang anda miliki tidak terblokir.

Nah bagi yang sudah membayar dengan mengikuti tutorial cara bayar BPJS lewat mobile banking BNI di atas, namun pembayaran belum diproses maka kami sarankan untuk menghubungi BPJS Care Center di nomor 1500400.

Sebagai alternatif, anda juga bisa mencoba “Bayar BPJS lewat ATM BCA” yang caranya cukup mudah.  Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Bunga Shopee PayLater” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *