Asuransi, BPJS

10 Cara Bayar BPJS Lewat M-Banking BCA Mobile

Viralorchard.com – Ada banyak cara bayar tagihan BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah melalui aplikasi BCA Mobile. Cara bayar BPJS lewat aplikasi M-Banking BCA tersebut sangatlah mudah. Sebab Bank BCA sudah menyediakan fitur khusus untuk membayar tagihan BPJS.

Melalui Aplikasi Mobile Banking BCA, pembayaran BPJS dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama 24 Jam Non-Stop. Sayangnya tidak semua nasabah Bank BCA bisa menggunakan aplikasi BCA Mobile. Sebab aplikasi tersebut hanya bisa diakses oleh nasabah yang sudah mengaktifkan mobile banking BCA

Bagi yang belum mengaktifkan mobile banking, maka kami sarankan mencoba “Cara Bayar BPJS lewat ATM BCA” yang sudah kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Dibanding lewat ATM, menurut kami cara bayar BPJS lewat M-Banking BCA jauh lebih mudah.

Agar mendapatkan kemudahan bayar BPJS lewat M-Banking BCA maka anda harus terlebih dahulu mendaftar Mobile Banking BCA dan mengaktifkannya. Caranya cukup mudah, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Daftar Mobile Banking BCA“.

Setelah layanan mobile banking aktif maka bisa langsung digunakan untuk bayar tagihan BPJS lewat aplikasi BCA Mobile. Nah untuk mengetahui caranya, silahkan simak informasi yang dirangkum redaksi viralorchard.com berikut ini.

Cara Bayar BPJS Lewat M-Banking BCA

Cara Bayar BPJS Lewat M-Banking BCA

Sebelum melakukan pembayaran BPJS, anda harus terlebih dahulu mengetahui nomor kepesertaan BPJS. Nomor tersebut sangatlah penting karena harus dimasukan saat mengakses menu BPJS di aplikasi BCA Mobile.

Setelah nomor BPJS dimasukan maka akan muncul detail tagihan yang harus dibayarkan. Cara bayar tagihan BPJS lewat M-Banking BCA sangat mudah, dan untuk mengetahui caranya silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi BCA Mobile yang telah terpasang di smartphone, kemudian pilih menu “M-BCA” dan dilanjutkan dengan memasukkan kode akses M-BCA yang terdiri dari enam digit angka. Jika kode akses telah dimasukkan, maka pilih menu “Login
  2. Anda akan ditampilkan beberapa menu pilihan transaksi. Untuk melakukan transaksi pembayaran BPJS maka pilih menu “M-Payment
    Cara Bayar Tagihan BPJS Lewat M-Banking BCA
  3. Setelah langkah di atas terselesaikan, maka pilih menu “BPJS
    Cara Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BCA
  4. Kemudian akan muncul menu pembayaran BPJS. Silahkan klik pada bagian Input No. Bayar
    Cara Bayar BPJS Kesehatan Via BCA Mobile
  5. Untuk proses pembayaran, maka anda diminta menginput nomor bayar. Proses input nomor bayar ini, nasabah diminta memasukkan nomor kode BCA terlebih dahulu (88888) dan diikuti dengan 11 digit nomor kartu BPJS. Perlu anda ketahui bahwa untuk 11 digit nomor BPJS ini dihitungnya dari nomor paling akhir atau dalam memasukkan nomor peserta, maka 2 digit angka di depan dihilangkan. Sebagai contoh : 8888801370576564. Nah, jika telah benar mamasukkan Nomor Bayar, maka dilanjut dengan memilih menu “OK
    Masukan Nomor Bayar BPJS
  6. Setelah Nomor Bayar telah dimasukkan, maka dilanjutkan dengan memilih menu “Send
    Pembayaran BPJS Via BCA Mobile
  7. Selanjutnya, anda akan ditampilkan data detail transaksi yang meliputi nomor peserta, nama peserta, tagihan pembayaran, biaya administrasi, jumlah peserta, hingga periode pembayaran. Jika data detail transaksi sudah sesuai, maka dilanjutkan dengan memilih menu “OK
    Detail Pembayaran BPJS
  8. Untuk menyelesaikan transaksi, maka masukkan PIN M-BCA anda yang terdiri dari enam digit angka. Setelah PIN M-BCA telah dimasukkan maka pilih menu “OK
    Masukan PIN M-BCA
  9. Jika transaksi berhasil, maka anda akan ditampilkan bukti transaksi pembayaran. Selanjutnya, untuk mengakhiri proses transaksi maka pilih menu “OK
    Pembayaran BPJS Berhasil
  10. Setelah itu tagihan BPJS akan secara otomatis terbayarkan.

Biaya Admin Bayar BPJS Via BCA Mobile

Untuk memperlancar proses transaksi, maka pastikan saldo rekening anda mencukupi untuk membayar tagihan serta pembayaran biaya administrasi. Perlu anda ketahui, bahwa pembayaran tagihan BPJS melalui bank BCA dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Pembayaran BPJS melalui Bank Swasta memang dikenakan biaya admin. Namun untuk bank milik BUMN seperti Mandiri, BRI, BTN, dan BNI tidak akan dikenakan biaya admin. Sebagai buktinya, silahkan simak informasi “Cara Bayar BPJS Lewat M-Banking BNI“.

Meskipun bayar BPJS lewat M-Banking BCA dikenakan biaya admin, namun menurut kami sebanding dengan kemudahan yang didapatkan. Sebab nasabah Bank BCA bisa membayar tagihan BPJS Kesehatan dimanpun dan kapanpun melalui aplikasi BCA Mobile.

Kesimpulan

Membayar tagihan BPJS Kesehatan merupakan kewajiban semua peserta BPJS. Pembayaran harus dilakukan secara tepat waktu agar tidak dikenakan denda keterlambatan. Pembayaran yang telat juga mengakibatkan BPJS diblokir sehingga tidak bisa digunakan saat berobat maupun rawat inap.

Silahkan mencoba tutorial cara bayar BPJS lewat M-Banking BCA di atas agar bisa membayar tagihan BPJS secara cepat dan mudah. Cukup sekian informasi yang kami lansir dari bca.co.id, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Bayar Indihome Lewat ATM Mandiri” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *