Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA
Asuransi, BPJS

12 Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA Terbaru 2020

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA  – Jaminan kesehatan sangat diperlukan oleh para masyarakat Indonesia. Hingga saat ini telah jaminan kesehatan yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya khususnya masyarakat Indonesia.

Pemerintah Indonesia menghadirkan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya berupa BPJS. BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang didirikan oleh pemerintah sebagai badan hukum publik, serta memiliki tujuan untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya.

BPJS memberikan kemudahan kepada masyarakatnya mengenai jaminan kesehatan tersebut, karena terbagi menjadi beberapa golongan baik golongan rendah hingga atas. Hal ini sangat membantu masyarakat kepada para rakyat-rakyat kecil di Indonesia.

Program pemerintah mengenai BPJS ini, terbilang cukup sukses karena hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia telah memiliki kartu BPJS baik ketenagakerjaan atau kesehatan. Untuk BPJS kesehatan terbagi menjadi tiga kelas yakni kelas 1, 2 dan 3.

Hal yang membedakan dari ketiga kelas BPJS kesehatan tersebut yaitu pembayaran tagihan setiap bulannya. Dimana kelas 1 memiliki biaya tagihan lebih mahal dibandingkan dengan kelas 2 dan 3.

Nah, bagaimana soal pembayaran tagihan tersebut? Untuk pembayaran tagihan BPJS, pemerintah telah memberikan kemudahan karena saat ini telah banyak perbankan yang telah bekerjasama dengan perusahaan BPJS. Salah satunya terjadi di bank BCA.

Bank BCA telah bekerjasama dengan BPJS untuk memudahkan para nasabah BCA untuk membayar tagihan lewat ATM. Nah untuk mengetahui bagaimana cara bayar BPJS lewat ATM BCA silahkan simak informasi viralorchard.com di bawah ini

Cara Membayar BPJS Lewat ATM BCA

Cara Bayar BPJS di ATM BCA

Manfaat BPJS Kesehatan

Sebelum memahas lebih lanjut mengenai cara bayar BPJS lewat ATM BCA, silahkan terlebih dahulu menyimak informasi mengenai manfaat BPJS Kesehatan yang bisa anda simak di bawah ini. 

  1. Segala penyakit yang dimiliki oleh pengguna akan ditanggung oleh BPJS.
  2. Iuran kepesertaan BPJS yang harus dibayarkan setiap bulannya terbilang cukup terjangkau. Hal ini dikarenakan kartu BPJS terbagi menjadi tiga kelas yakni kelas 1, 2 dan 3 dan semakin tinggi kelas yang anda ambil akan semakin mahal biaya iurannya.
  3. BPJS memberikan kemudahan pembayaran setiap bulannya, karena saat ini BPJS telah bekerjasama dengan bank, kantor pos, minimarket alfamart dan indomart, e-commerce hingga loket pembayaran multitagihan
  4. Calon peserta BPJS tidak perlu melakukan medica check-up sebelum mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS
  5. BPJS memberikan jaminan kesehatan seumur hidup kepada pesertanya
  6. BPJS kesehatan akan memberikan bantuan terhadap peserta BPJS yang sedang sakit, tanpa melihat kondisi peserta BPJS sebelumnya dan tanpa batasan penyakit
  7. Bagi masyarakat Indonesia di wajibkan bergabung menjadi peserta BPJS agar tidak perlu khawatir mengenai masalah kesehatan karena semuanya akan ditanggung oleh BPJS kesehatan
  8. Meskipun memiliki premi yang cukup murah, tetapi BPJS akan tetap memberikan fasilitas kepada pesertanya seperti rawat inap, pembedahan, melahirkan, rawat jalan, obat, hingga cuci darah
  9. Para peserta BPJS akan mendapatkan pelayanan yang mudah saar berobat.

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BCA

Bayar BPJS di ATM BCA

Semua peserta BPJS wajib membayar tagihan perbulan sesuai dengan kelas yang dipilih. Ada tiga kelas berbeda, yakni kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Setiap kelas memiliki biaya iuran berbeda-beda, namun cara pembayarannya tetap sama.

Ada beberapa cara bayar tagihan BPJS. Salah satu yang termudah adalah lewat ATM. Hampir semua bank di Indonesia menyediakan layanan bayar BPJS lewat ATM, tak terkecuali bank BCA.

Cara bayar BPJS lewat ATM BCA juga tidak berbeda jauh dengan bank lainnya. Anda hanya perlu datang ke gerai ATM BCA terdekat, lalu melakukan pembayaran dengan memasukan nomor BPJS.

Apabila dalah satu keluarga memiliki lebih dari 1 anggota BPJS maka anda cukup menginputkan salah satu nomor BPJS saja. Nantinya secara otomatis ATM BCA akan mengakumulasi jumlah tagihan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi cara bayar BPJS lewat ATM BCA berikut ini. 

  1. Silahkan datangi gerai ATM BCA terdekat dengan membawa kartu ATM beserta nomor kartu BPJS anda
  2. Sesampainya di gerai ATM BCA, silahkan masukkan kartu ATM anda ke dalam slot kartu dan pastikan anda memasukkan kartu ATM dalam posisi yang benar. Anda dapat mengikuti tutorial memasukkan kartu ATM yang terdapat di bawah atau atas slot kartu berupa stikker
  3. Berikutnya, anda diminta memilih bahasa yang akan gunakan untuk bertransaksi. Terdapat dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan proses transaksi, silahkan pilih bahasa Indonesia
  4. Silahkan masukkan PIN ATM anda yang terdiri dari 6 digit angka. Pastikan anda tidak salah memasukkan PIN ATM secara berurutan sebanyak 3 kali karena secara otomatis kartu ATM akan terblokir oleh sistem
  5. Anda akan ditampilkan laman utama yang berisi pilihan menu transaksi, untuk transaksi pembayaran iuran BPJS maka pilih menu “Transaksi Lainnya” yang terdapat di sebalah kanan bawah layar monitor
  6. Untuk langkah berikutnya, silahkan pilih menu “Pembayaran
  7. Munculah beberapa menu pilihan pembayaran tetapi untuk memilih menu pembayaran BPJS, silahkan pilih menu “Layar Berikutnya
  8. Kemudian, dilanjutkan dengan memilih menu “BPJS
  9. Halaman berikutnya, anda diminta untuk pemilihan perusahaan pembayaran BPJS. Silahkan pilih menu “Kesehatan
  10. Silahkan masukkan nomor bayar BPJS yang terdiri dari nomor virtual account BPJS di BCA yakni 88888 dan diikuti dengan 11 digit nomor kartu BPJS anda. Contoh: 8888812345678901, jika sudah pilih menu “Benar”
  11. Jika nomor bayar BPJS telah benar, maka layar akan menampikan informasi mengenai data peserta BPJS kesehatan yang akan dibayarkan, meliputi: nama peserta, jumlah peserta, dan jumlah yang harus dibayarkan. Ketika semua data sudah benar, silahkan pilih menu “Ya
  12. Silahkan tunggu proses pembayaran iuran BPJS, dan jika berhasil maka slot print akan mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran. Jangan lupa ambil kembali kartu ATM anda sebelum meninggalkan gerai ATM.

Biaya Pembayaran BPJS Melalui ATM BCA

Melakukan pembayaran BPJS melalui ATM BCA, maka akan dikenakan biaya tambahan atau biaya administrasi sebesar Rp 2.500. Jadi pastikan saldo ATM BCA anda mencukupi untuk melakukan pembayaran iuran BPJS serta biaya administrasinya.

Kesimpulan

Dengan membayar tagihan BPJS secara rutin lewat ATM BCA maka anda akan terhindar dari denda keterlambatan. Selain lewat ATM sebenarnya masih ada metode lainnya, yakni lewat mobile banking dan internet banking BCA.

Agar bisa bayar BPJS lewat Internet Banking BCA anda harus mendaftar terlebih dahulu. Nah bagi yang belum mendaftar layanan perbankan tersebut, silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar Internet Banking BCA“. 

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar informasi yang kami sampaikan di atas, silahkan simak halaman FAQ berikut ini. 

Apakah Pembayaran BPJS Bisa Lewat ATM BCA?

Bisa. Anda bisa membayar BPJS Kesehatan ataupun BPJS Ketenagakerjaan lewat ATM BCA?

Apakah Bayar BPJS di ATM BCA Gratis?

Tidak, karena anda harus membayar biaya admin

Berapa Biaya Admin Bayar BPJS di ATM BCA?

Pembayaran BPJS akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500/transaksi

Apakah Pembayaran Langsung Diterima?

Yah, pembayaran tagihan BPJS akan langsung diterima tanpa perlu konfirmasi terlebih dahulu

Nah demikianlah informasi seputar cara bayar tagihan BPJS lewat ATM BCA. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah bank BCA yang ingin membayar tagihan BPJS secara mudah melalui ATM BCA. Simak pula informasi sebelumnya mengenai cara transfer OVO ke BCA dan cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *