Cara Aktivasi mToken BRI
Perbankan

7 Cara Aktivasi mToken BRI Lewat Internet

Cara Aktivasi mToken BRI – Sebagai bank ternama di Indonesia, bank BRI selalu memberikan fitur pelayanan yang dapat memuaskan serta menguntungkan para nasabahnya. Tidak hanya fitur pelayanan kartu debit/ ATM, Mobile Banking, serta SMS Banking, melainkan saat ini bank BRI memberikan fitur pelayanan kepada nasabahnya berupa mToken.

MToken ini hampir sama seperti fitur pelayanan lainnya, yakni dapat digunakan untuk semua jenis transaksi perbankan mulai dari tarik tunai, transfer, hingga pembayaran tagihan. Namun, melalui fitur pelayanan mToken maka transaksi nasabah akan lebih terjaga keamanannya.

Bagi anda nasabah BRI yang ingin menggunakan fitur pelayanan mToken yaitu haruslah mengaktifkan Internet Banking terlebih dahulu. Tidak hanya itu, bagi pengguna Internet Banking maka tidak dapat dikatakan mereka sebagai pengguna mToken karena nasabah haruslah melakukan aktivasi mToken terlebih dahulu.

Nah untuk cara aktivasi mToken BRI cukup mudah, karena dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile Banking BRI yang telah terinstal di smartphone anda dengan adanya bantuan koneksi internet. Jika anda sebagai nasabah BRI dan pengguna Internet Banking BRI, berminta menggunakan fitur pelayanan mToken maka simak ulasan-ulasan di bawah ini:

Tutorial Cara Aktivasi mToken BRI

cara registrasi mtoken bri lewat internet

mToken BRI merupakan pengaman tambahan yang dibutuhkan pada saat transaksi keuangan. Sedangkan untuk fungsi mToken sendiri yakni proses indentifikasi pengguna Internet Banking dengan cara melakukan verifikasi kode (token) yang akan dikirimkan melalui nomor handphone yang telah terdaftar Internet Banking BRI.

mTOKEN juga berfungsi sebagai pengaman tambahan saat bertransaksi menggunakan internet banking BRI. Sistem Token yang disediakan Bank BRI memang berbeda dengan bank lainnya, karena menggunakan sistem SMS sehingga nasabah tidak perlu perangka tambahan.

Ketentuan Penggunaan mToken

Tentu saja setiap fitur pelayanan perbankan memiliki ketentuan yang harus anda taati dan lakukan, adapun ketentuan-ketentuan tersebut sebagai berikut:

  1. Nasabah harus terlebih dahulu melakukan registrasi mToken melalui BRI cabang terdekat dan aktivasi mToken
  2. Jika terdapat permintaan mToken, maka sistem akan mengirim pesan SMS berupa mToken
  3. Setiap permintaan mToken, maka user akan mendapatkan 5 mToken melalui SMS
  4. Satu mToken maka hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi
  5. mToken memiliki masa berlaku sesuai yang ada di SMS Stok mToken
  6. Setiap kali nasabah melakukan permintaan mToken, maka mToken sebelumnya akan hangus
  7. Jika nasabah salah memasukkan mToken sebanyak tiga kali maka user ID akan terblokir dan harus menghubungi Call Center BRI untuk membuka blokir
  8. Satu nomor handphone, maka hanya dapat digunakan untuk satu User ID.

Cara Aktivasi mToken BRI Lewat Internet Banking

Cara Mengaktifkan mTOKEN BRI

Sebelum masuk pada cara aktivasi mToken BRI, maka nasabah diminta untuk meginstal aplikasi BRI Mobile terlebih dahulu melalui PlayStore (bagi android) dan AppStore (bagi iOS) pada smartphone. Setelah memastikan bahwa anda sebagai pengguna Internet Banking BRI dan telah memiliki aplikasi BRI Mobile, maka proses aktivasi mToken dapat dilakukan dengan berbagai langkah di bawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi BRI Mobile yang telah terinstal di smartphone pengguna. Pastikan dalam proses aktivasi mToken ini, smartphone nasabah telah terkoneksi jaringan internet yang stabil
  2. Setelah berhasil membuka aplikasi BRI Mobile, silahkan pilih menu “Internet Banking BRI
  3. Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Pelayanan Nasabah
  4. Selanjutnya pilih “Aktivasi mToken
  5. Silahkan buka pesan SMS anda, maka akan mendapatkan pesan SMS dari nomor 3300 yang berisi kode aktivasi mToken BRI
  6. Silahkan buka kembali aplikasi BRI Mobile dan masukkan kode aktivasi yang telah dikirimkan melalui SMS sebelumnya
  7. Kode mToken telah dimasukkan, maka anda akan menerima SMS berupa konfrimasi. Jika telah menerima pesan SMS berupa konfrimasi, maka mToken BRI anda telah aktif dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

Selain melalui aplikasi BRI Mobile, nasabah juga bisa mengaktifkan mToken melalui situs Internet Banking BRI (ib.bri.co.id/ib-bri). Silahkan buka situs tersebut, kemudian login dengan akun Intenet Banking yang anda miliki.

Setelah berhasil login, kemudian masuk ke menu “LAYANAN NASABAH” dan selanjutnya pilih “Aktivasi mTOKEN“. Kemudian anda akan mendapatkan SMS yang berisi kode aktivasi mToken, lalu masukan kode tersebut.

Biaya Penggunaan mToken BRI

Setelah berhasil melalukan aktivasi mToken, maka nasabah sudah bisa melakukan transaksi melalui mToken BRI. Namun, dalam proses penggunaan mToken BRI maka nasabah akan dikenakan biaya SMS sesuai dengan tarif operator yang digunakan.

Nah untuk biaya transaksi mToken BRI tersebut, nantinya akan dipotong dari pulsa. Jadi, pastikan memiliki pulsa yang mencukupi agar transaksi menggunakan mToken dapat dilakukan. Lalu bagaimana jika nomor handphone yang terdaftar hilang?

Cara Mengganti Nomor Handphone mToken

Apabila nomor handphone yang terdaftar mToken BRI hilang atau hangus maka nasabah harus melakukan penggantian nomor handphone. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

  1. Cara yang pertama adalah dengan menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017. Kemudian minta bantuan untuk menghapus nomor handphone yang sebelumnya terdaftar mToken BRI. Setelah itu lakukan registrasi mToken di kantor cabang BRI terdekat dengan nomor handphone Anda yang baru.
  2. Selain itu, anda bisa melakukan penggantian nomor handphone dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Customer Service BRI akan membantu anda menghapus nomor yang terdaftar mToken dan mendaftarkan nomor handphone yang baru.

Kesimpulan

Perlu diingat, proses aktivasi mToken tidak bisa dilakukan lewat Call Center BRI. Aktivasi mToken hanya bisa dilakukan lewat Internet Banking BRI dan kantor cabang terdekat. Namun sebelum melakukan aktivasi, silahkan terlebih dahulu mendaftar Internet Banking. Adapun caranya silahkan simak informasi berikut “Cara Daftar Internet Banking BRI“.

Dari Informasi di atas dapat kita simpulkan bahwa cara aktivasi mToken BRI ternyata sangat mudah. Namun sebelum itu pastikan nomor handphone telah terdaftar internet banking. Adapun nomor yang bisa digunakan adalah nomor dari operator Telkomsel, Indosat, Tri, Telkom Flexi, dan Bakrie Telecom.

Cukup sekian informasi viralorchard.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Bayar IndiHome Di ATM BRI” dan beragam artikel seputar dunia perbankan lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *