Perbankan

14 Cara Aktivasi Kartu Debit BCA Untuk Transaksi Online

Cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online bisa dilakukan secara mudah melalui aplikasi BCA Mobile. Namun hal ini hanya berlaku bagi nasabah yang memiliki kartu debit BCA Mastercard. Bagi yang tidak memilikinya maka perlu melakukan penggantian kartu ATM.

Proses penggantian kartu ATM BCA bisa dilakukan melalui CS Digital yang bisa kalian simak caranya pada artikel berikut “Cara Ganti Kartu ATM BCA“.  Selain itu, proses penggantian kartu atm bisa melalui cabang BCA terdekat dengan membawa buku rekening, Kartu ATM BCA dan KTP asli.

Pergantian kartu debit BCA menjadi debit Mastercard akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis kartu ATM yang dimiliki nasabah. Adapun biayanya silahkan simak di bawah ini.

  1. Silver/Blue : Rp. 10.000,-
  2. Gold : Rp. 15.000,-
  3. Platinum : Rp/ 20.000,-
  4. Xpresi : Rp. 25.000,-

Setelah memiliki kartu debit BCA Mastercard barulah bisa melakukan aktivasi. Prosesnya sangat mudah dan yang paling penting akan mendapatkan beragam keuntungan yang tidak akan didapatkan apabila memiliki kartu debit BCA jenis lainnya.

Keuntungan yang pertama adalah bisa diterima sebagai metode pembayaran online di dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai contoh kalian bisa menggunakan kartu debit Mastercard untuk membayar biaya berlangganan Netflix, membeli barang di Amazon, AliExpress, Alibaba, eBay, dan masih banyak lagi lainnya.

Keuntungan lainnya adalah bisa mengatur limit transaksi sesuai kebutuhan. Selain itu, nasabah juga bisa melakukan pemblokiran kartu secara online melalui aplikasi BCA Mobile. Agar mendapatkan semua keuntungan tersebut, silahkan mencoba cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online berikut ini.

Tutorial Cara Aktivasi Kartu Debit BCA Untuk Transaksi Online

Tutorial Cara Aktivasi Kartu Debit BCA Untuk Transaksi Online

Proses aktivasi dilakukan melalui aplikasi BCA Mobile. Itu artinya nasabah harus terlebih dahulu mengaktifkan M-Banking BCA. Nah bagi yang belum mengaktifkan layanan perbankan tersebut, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Daftar Mobile Banking BCA“.

Cara Aktivasi Kartu Debit BCA Mastercard

Aplikasi BCA Mobile memang sangat membantu nasabah BCA dalam bertransaksi. Melalui aplikasi tersebut nasabah bisa mengecek saldo, transfer, bayar tagihan, dan beragam transaksi lainnya. Nah agar bisa menggunakan aplikasi mobile banking tersebut secara optimal maka perlu melakukan aktivasi debit online.

Cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online hanya berlaku untuk kartu debit BCA Mastercard. Bagi yang sudah memilikinya maka bisa melakukan aktivasi dengan cara sebagai berikut.

  1. Silahkan buka aplikasi BCA Mobile, kemudian pilih menu m-BCA dan login dengan akun yang anda miliki.
  2. Berikutnya pilih menu “Akun Saya“.
    Cara Aktivasi Debit Online BCA Mastercard
  3. Selanjutnya akan muncul gambar kartu debit Mastercard dan nomor kartu. Kemudian pilih menu “Kontrol
    Cara Mengaktifkan Debit BCA Untuk Transaksi Online
  4. Setelah itu aktifkan fitur “Transaksi Debit Online
    Cara Aktivasi Kartu Debit BCA Mastercard
  5. Kemudian pilih nomor handphone yang aktif untuk menerima kode OTP. Pastikan memilih nomor handphone yang terhubung dengan aplikasi BCA Mobile agar bisa mendapatkam kode OTP setiap melakukan transaksi online. Jika sudah tinggal pilih “Daftar
  6. Aktivasi kartu debit BCA Mastercard berhasil dan siap digunakan untuk transaksi online

Setelah kartu debit BCA Mastercard aktif maka bisa langsung digunakan untuk beragam transaksi online di dalam maupun luar negeri. Dengan adanya kartu debit ini maka anda tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di luar negeri.

Saat bertransaksi anda hanya perlu memilih metode pembayaran kartu debit Mastercard, kemudian masukan nomor kartu, masa berlaku katu, dan nomor CVV/CVC. Berikutnya tinggal memasukan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor handphone yang telah terdaftar.

Kode OTP tersbut hanya dibutuhkan pada saat bertransaksi di merchant 3DS. Lalu apakah perlu memasukan PIN? Kode PIN tidak diperlukan saat bertransaksi menggunakan fitur debit online sehingga anda harus selalu berhati-hati.

Untungnya Bank BCA menyediakan fitur untuk mengatur limit transaksi dan pemblokiran kartu. Dengan adanya fitur tersebut maka transaksi dapat dilakukan secara aman. Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengatur limit transaksi kartu debit BCA Mastercard silahkan simak di bawah ini.

Cara Mengatur Limit Debit Online BCA

Nasabah BCA bebas mengatur limit transaksi kartu debit Mastercard sesuai kebutuhan. Besaran limit bisa disesuaikan dengan jumlah saldo yang tersimpan di rekening. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile, kemudian pilih M-BCA
  2. Setelah itu login dengan akun m-BCA, lalu pilih menu “Akun Saya“.
    Cara Aktivasi Debit Online BCA Mastercard
  3. Berikutnya pilih menu “Atur Limit
    Cara Atur Limit BCA
  4. Setelah itu tinggal menentukan limit transaksi sesuai kebutuhan.
    Cara Mengatur Limit Kartu Debit Online BCA

Transaksi tidak bisa dilakukan apabila melebihi limit yang telah ditentukan. Inilah salah satu alasan mengapa kartu debit BCA Mastercard aman digunakan. Namun apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan seperti kartu ATM hilang ataupun terjadi transaksi berbahaya maka perlu melakukan pemblokiran kartu.

Cara Memblokir Kartu Debit

Pemblokiran kartu bisa dilakukan secara mudah. Setelah kartu diblokir maka nasabah tidak bisa melakukan transaksi online menggunakan kartu debit BCA Mastercard. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile, masuk ke ke m-BCA lalu login.
  2. Berikutnya pilih menu Akun Saya
    Cara Aktivasi Debit Online BCA Mastercard
  3. Selanjutnya pilih menu Blokir
    Cara Blokir Kartu Debit Online BCA Matercard
  4. Kemudian pastikan nomor kartu sudah benar, lalu pilih Blokir

Kesimpulan

Dengan adanya kartu debit BCA Mastercard maka nasabah Bank bisa melakukan pembayaran di seluruh e-commerce dan toko online yang menerima pembayaran dengan kartu Mastercard. Selain itu, kartu debit ini juga bisa digunakan untuk berlangganan layanan online seperti Netflix, Spotify, Disney Plus, dan masih banyak lagi lainnya.

Soal keamanan transaksi tidak perlu khawatir. Sebab transaksi akan ditolak apabila berpotensi memiliki resiko tinggi dan tidak aman. Transaksi yang dilakukan di merchant 3DS juga membutuhkan kode OTP yang dikirim melalui SMS sehingga transaksi dijamin aman.

Keamanan transaksi merupakan hal yang utama saat bertransaksi secara online. Oleh karena itulah Bank BCA memiliki sistem khusus yang bisa mendeteksi transaksi mencurigakan yang dinggap berbahaya bagi nasabah. Namun setelah transaksi berhasil diproses maka tidak bisa dibatalkan.

Apabila terjadi kendala saat mencoba cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online silahkan hubungi Halo BCA di nomor 1500888 dan simak informasi selengkapnya di https://www.bca.co.id/debitonline.

FAQ

Nah apabila masih ada pertanyaan mengenai cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apa Syarat Aktivasi Kartu Debit BCA Untuk Transaksi Online?

Syaratnya adalah harus memiliki kartu debit BCA Mastercard.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Debit BCA Mastercard?

Anda bisa mendapatkan Kartu Debit BCA Mastercard di kantor cabang Bank BCA terdekat ataupun melalui mesin CS Digital BCA.

Bagaimana Cara Aktivasi Transaksi Online Kartu Debit BCA Mastercard?

Untuk mengaktifkan fitur tersebut melalui aplikasi BCA Mobile, lalu pilih menu kontrol dan aktifkan Transaksi Debit Online. Selanjutnya tinggal memilih nomor handphone yang digunakan untuk kode OTP

Apakah Transaksi Aman Untuk Dilakukan?

Sangat aman, karena sistem akan mendeteksi apabila terjadi transaksi yang membahayakan keamanan nasabah dan transaksi akan ditolak. Selain itu, ada pula verifikasi kode OTP untuk transaksi di merchant yang menggunakan fitur 3D Secure (3DS) 

Berapa Limit Transaksi Online BCA Mastercard?

Nasabah bisa bebas mengatur limit transaksi yang diinginkan

Bagaimana Cara Transaksi Online Menggunakan BCA Mastercard?

Silahkan pilih metode pembayaran kartu debit Mastercard, lalu masukan nomor kartu, masa berlaku, dan 3 angka CVC di belakang kartu. Kemudian apabila merchant mendukung fitur 3D Secure (3DS) maka anda akan mendapatkan kode OTP via SMS.

Apakah BCA Mastercard Bisa Dipakai Diluar Negeri?

Tentu saja bisa. Nasabah bisa bertransaksi di toko online, e-commerce, dan layanan online lainnya yang mendukung metode pembayaran Mastercard

Cukup sekian informasi viralorchard.com kali ini. Semoga bermanfaat bagi nasabah BCA yang belum mengetahui cara aktivasi kartu debit BCA untuk transaksi online. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Daftar Rekening Ponsel CIMB Niaga dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *