Biaya Admin Transfer Lewat Alfamart
Belanja Online

Biaya Admin Transfer Lewat Alfamart

Siapa yang tak mengenal dengan mini market Alfamart?, hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai sebuah toko yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Namun perlu diketahui, untuk saat ini Alfamart tidak hanya menyediakan kebutuhan pokok saja tetapi juga menyediakan berbagai jenis transaksi lainnya.

Salah satu jenis transaksi yang dapat anda lakukan melalui Alfamart adalah pengiriman uang atau transfer. Adanya pelayanan transfer di Alfamart, tentu saja akan mempermudah masyarakat Indonesia dalam hal pengiriman uang khusunya bagi mereka yang tidak memiliki rekening tabungan.

Adapun cara pengriman uang di Alfamart jugu cukup mudah, karena yang terpenting anda telah melengkapi berbagai persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Alfamart. Lalu, apakah transfer lewat Alfamart dikenakan biaya admin?

Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui biaya admin uang transfer lewat Alfamart, silahkan simak informasi viralorchard.com berikut ini. 

Biaya Transfer Uang Lewat Alfamart

Syarat Transfer Uang Melalui Alfamart

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya admin transfer lewat Alfamart, maka anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja syarat agar bisa transfer uang lewat Alfamart. Adapun persyaratan yang dibutuhkan silahkan simak di bawah ini. 

  1. Kartu identitas diri pengirim berupa KTP/ SIM/ Paspor
  2. Nomor handphone anda sebagai pengirim
  3. Nomor handphone penerima
  4. Uang tunai yang akan dikirimkan
  5. Biaya administrasi.

Cara Transfer Uang Melalui Alfamart

Setelah menyiapkan semua persyaratan di atas, maka selanjutnya tinggal datang ke Alfamart terdekat dan mengikuti prosedur di bawah ini.

  1. Silahkan datangi Alfamart terdekat dengan membawa berbagai persyaratan yang telah dipersiapkan
  2. Sesampainya di Alfamart, silahkan datangi petugas kasir dan beritahu tujuan anda yakni pengirima uang
  3. Berikutnya, petugas kasir akan menyiapkan sebuah formulir untuk pendataan
  4. Silahkan berikan identitas anda kepada petugas kasir, beserta dengan nomor handphone anda sebagai pengirim dan nomor handphone penerima transferan uang
  5. Anda akan diminta menyerahkan uang tunai pengiriman uang beserta dengan biaya administrasinya kepada petugas kasir Alfamart
  6. Petugas kasir Alfamart akan memproses permintaan pengiriman uang
  7. Silahkan tunggu beberapa saat hingga anda mendapatkan SMS berupa kode MTCN sebanyak 10 digit angka
  8. Petugas kasir juga akan memberikan struk sebagai bukti transaksi transfer berhasil dan di dalam struk tersebut juga berisi kode MTCN. Silahkan simpan baik-baik struk tersebut, jangan sampai hilang
  9. Silahkan berikan kode MTCN tersebut kepada penerima uang transferan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara transfer uang lewat Alfamart, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Kirim Uang Lewat Alfamart“. 

Biaya Admin Transfer Lewat Alfamart

Salah satu syarat transfer uang lewat Alfamart adalah dikenakan biaya admin. Besaran biaya admin teragantung dari jumlah uang yang ditransfer. Sedangkan untuk minimum transaksi sebesar Rp. 10.000 dan maksimal Rp. 5.000.000 per transaksi. 

Sayangnya biaya admin transfer lewat Alfamart cukup mahal jika dibanding transfer uang lewat ATM ataupun layanan perbankan lainnya. Dimana untuk nominal dibawah 1 Juta Rupiah dikenakan biaya admin sebesar Rp. 15.000 per transaksi.

Sedangkan untuk transfer dengan nominal di atas 1 Juta Rupiah dikenakan biaya admin sebesar Rp. 25.000 per transaksi. Meskipun cukup mahal, namun transfer uang lewat Alfamart bisa menjadi solusi bagi yang tidak memiliki rekening bank. 

Cara Pengambilan Uang di Alfamart

Setelah mengetahui bagaimana cara pengiriman atau transfer melalui Alfamart, sebaiknya anda juga ketahui bagaimana cara pengambilannya. Adapun cara pengambilannya, sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi Alfamart terdekat dengan membawa kartu identitas berupa KTP/ SIM/ Paspor, beserta dengan kode MTCN yang telah anda terima dari pengirim
  2. Sesampainya di Alfamart, silahkan datangi petugas kasir dan berikan tujuan anda yakni pengambilan uang melalui kode MTCN atau penerimaan transferan uang
  3. Silahkan berikan kode MTCN kepada petugas kasir, agar proses pengambilan uang segera di proses
  4. Silahkan tunggu beberapa saat untuk proses pencairan uang
  5. Setelah proses berhasil, maka petugas kasir akan memberikan uang tunai kepada anda beserta dengan struk tanda penerimaan uang.

Kesimpulan

Di atas merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya admin transfer uang lewat Alfamart.  Apabila masih terdapat pertanyaan mengenai pengiriman uang melalui Alfamart, silahkan simak FAQ di bawah ini:

Berapa Biaya Admin Transfer Uang Lewat Alfamart

Untuk nominal di bawa 1 Juta dikenakan biaya Rp. 15.000. Sedangkan di atas 5 Juta dikenakan biaya Rp. 25.000.

Apakah kode MTCN, memiliki batasan waktu?

Tentu saja. Untuk batasan waktu kode MTCN hanya 30 hari, jadi apabila lebih dari 30 hari maka uang yang dikirimkan tersebut akan kembali ke pengirim.

Apa Kekurangan Transfer Uang Lewat Alfamart

Salah satu kekurangannya yakni memiliki biaya administrasi lebih mahal dibandingkan dengan transfer antar bank.

Apakah Bisa Transfer Uang Ke Rekening Bank?

Untuk saat ini belum bisa.

Apakah Uang Bisa Langsung Diambil Setelah Proses Transfer Selesai?

Bisa bisa saja, tetapi hal ini tergantung pada jumlah uang cash yang ada di Alfamart. Apabila uangnya tidak mencukupi maka anda bisa pindah ke Alfamart lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengiriman uang di Alfamart. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi sebuah referensi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengatasi BNI Mobile Banking Tidak Dapat Login dan beragam artikel menarik lainnya. 

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *