Bank Syariah Terbaik di Indonesia
Perbankan

Bank Syariah Terbaik di Indonesia 2020

Bank Syariah Terbaik 2020  – Bank merupakan lembaga keunangan yang siap menyimpan uang para nasabahnya. Bank di Indonesia terbagi menjadi dua, bank sentral dan bank syariah.

Bank sentral merupakan bagian dari lembaga negara yang bertugas untuk mengatur dan menstabilkan perekonimian negara dengan sistem bank pada umumnya. Sedangkan untuk bank Syariah adalah lembaga keuangan yang bertugas mengatur perekonomian negara dengan sistem bank berdasarkan dengan syariat agama islam dan alquran.

Nah, untuk bank syariah ini sangat digandrungi oleh masyarakat beragama islam. Bank syariah selalu menawarkan sistem perbankan atau pelayanan bank dengan produk keuangan syariah, selain itu bank syariah selalu berjalan berdasarkan syariat-syariat agama untuk menambah keyakinan bahwa tidak terlibat riba untuk menjadi nasabah bank syariah.

Dari waktu ke waktu presentase nasabah bank syariah semakin naik. Nasabah sangat mempercai lembaga keuangan bank syariah sebagai pengatur perekonian.

Indonesia memiliki berbagai macam bank syariah yang dapat anda kenali. Bank syariah di Indonesia sangat bersaing dalam kualitas bank untuk mencapai nasabah sebaik-baiknya, sehigga terdapat beberapa pilihan bank syariah dari memiliki pelayanan terbaik hingga biasa-biasa.

Saat ini banyak orang memilih Banka Syariah sebagai tempat menabung, deposito, KPR Rumah, dan keperluan finansial lainnya. Salah satu alasan memilih bank Syariah adalah karena bisa terhindar dari riba. Lalu yang jadi pertanyaan sekarang, apa sajakah bank syariah terbaik di Indonesia? Untuk mengetahuiya silahkan simak di bawah ini.

Daftar Bank Syariah Terbaik di Indonesia

1. Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat Indonesia
Bank Syariah Muamalat Indonesia

Bank Muamalat merupakan salah satu bank syariah yang memiliki kategori yang terbaik dalam jajaran bank syariah. Bank Mualamat tidak memiliki cabang konvensional seperti bank yang lainnya, hal tersebut menjadikan bank Mualat memiliki kedudukan tertinggi antara yang lainnya.

Muamalat resmi beroprasi di Indonesia pada tahun 1992 dan sampai saat ini.  Bak Mualamat terus beroprasi dengan pelayanan yang memuaskan nasabah dan tentu saja memiliki sistem keuangan berbasis islam sesuai dengan alquran dan hadist.

Pelayanan yang diberikan nasabah bank Muamalat antara lain prinsip pendanaan, seperti prinsip Wadiah (titipan), prinsip Mudharabah. Selain itu, bank Mualamat memiliki prinsip penamaan dana yang antara lain, Al Murababah (jual beli), Ijarah (sewa), serta bagi hasil yang disebut dengan nisbah.

2. Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah
Bank Mandiri Syariah

Kedudukan bank syariah terbaik kedua adalah bank Mandiri Syariah. Meskipun bank Mandiri memiliki bank konvensional, tetapi tidak menutup kemungkinan bank Mandiri Syariah minim nasabah, justru bank ini memiliki pelayanan yang baik hingga dapat dikatakan bank syariah terbaik.

Jenis pelayanan yang diberikan oleh bank Mandiri Syariah untuk nasabahnya yaitu Mudharah, Wadiah, tabungan berencana, pensiun, tabungan mabrur, tabungan saham. Untuk mendapatkan pelayanan dari bank syariah, cukup mudah karena kantor cabang bank Mandiri Syariah telah tersebar diberbagai penjuru kota.

3. Bank BRI Syariah

Bank BRI Syariah
Bank BRI Syariah

Meskipun BRI memiliki bank konvensional yang menduduki nasabah terbanyak, tetapi tidak menutup kemungkinan sepinya nasabah bank BRI Syariah. BRI Syariah telah menduduki peringkat tertiga bank syariah di Indonesia.

Sistem pelayanan yang berpedoman pada alqur’an dan hadist, membuat bank BRI Syariah memiliki banyak nasabah khususnya bagi umat islam. Selain itu , pengguna bank BRI syariah dapat bertransaksi melaui gerai-gerai ATM BRI, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking.

4. Bank BNI Syariah

Bank BNI Syariah
Bank BNI Syariah

Salah satu perusahaan BUMN yang menyediakan bank syariah adalah BNI, selain bank konvensioanal BNI ada juga bank BNI Syariah. Bank BNI Syariah, sangat cocok bagi nasabah beragama islam, karena pelayanan yang diberikan berpedoman pada alquran dan hadist.

Bank BNI dapat dikatakan sebaagai bank syariah terbaik keempat karena memiliki pelayanan yang hebat dan tidak kalah dari BNI konvensional. Pelayanan yang diberikan kepada nasabah, antara lain pembiayaan KPR, cicilan kredit emas dan memiliki kesempatan bagi yang ingin berinvestasi paling menguntungkan.

5. Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah
Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah, sebenarnya telah berdiri sejak lama pada tahun 1990 dan bank ini telah memiliki proses yang cukup panjang hingga sampai saat ini. Tahun 1990 dinamakan bank Tugu dan pada tahun 2001 diambil oleh PT Corp melalui Mega Corpona.

Nah, tiga taun yang akan datang yaitu tahun 2004 dikoverensi menjadi Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI) dengan sistem keungan keislaman dan berpedoman pada qur’an dan hadist. Tahun 2010 hingga saat ini, BSMI diganti namanya kembali menjadi bank Mega Syariah.

Bank Mega Syariah memiliki slogan yang sangat dikenali oleh para nasabahnya yaitu “Tumbuh dan Sejahtera Bersama Bangsa”, sehingga sangat berperan besar pada pertumbuhan makro dan mikro di Indonesia. Untuk pelayanan keunggulan yang dimiliki oleh bank Mega Syariah yaitu tabungan utama IB yang menjadi produk simpanan likuid dengan jangka pendek atau jangka menengah dengan mekanisme wadiah atau titipan (dapat diambil sewaktu-waktu oleh nasabahnya).

6. BCA Syariah

Bank BCA Syariah
Bank BCA Syariah

BCA menjadi salah satu bank swasta yang berkembang sangat pesat di Indonesia. Mulai dari banyaknya nasabah hingga pelayanan yang memuaskan menjadikan BCA berkembang pesat sampai saat ini.

Hingga tahun 2019 BCA Syariah telah memiliki beberapa cabang sebanyak 67 diberbagai penjuru Indonesia. BCA memiliki komitmen yang sangat besar sebagai pemilik saham terbesar, dan dapat dimanfaatkan oleh nasabah BCA Syariah melalui pelayanan tarik tunai dan mesin debit ATM, serta mesin Electronik Data capture, tanp dikenakan biaya.

BCA telah menawarkan produk yang dapat dipilih oleh nasabahnya, yaitu pendanaan (tabungan iB, tahapan rencana iB, Giro iB, Deposito iB, Simple iB, dan mabrur iB) serta pembiayaan.

7. Bank Syariah Bukopin

Bank Bukopin Syariah
Bank Bukopin Syariah

Bank Syariah Bukopin merupakan lembaga keuangan dengan jenis jasa keunganan perbankan. Bukopin dahulunya berasal dari dua bank pasar atau bank koperasi yang berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur.

Dua bank pasar asal Samarinda tersebut ialah BPR Gunung Sindoro dan BPR Gunung Kendeng, nah dari kedua tersebut dilebur menjadi Bank Swansarindo dan diganti kembali menjadi Bank Perserikatan Indonesia. Terakhir, diganti nama kembali karena adanya asistensi dan bantua modal dari bank Bukopin, maka diganti menjadi Bank Syariah Bukopin.

8. Bank Panin Syariah

Bank Panin Syariah
Bank Panin Syariah

Tingkatan bank syariah terbaik ke tujuh di Indonesia adalah bank Panin Syariah. Sebelum dikenal dengan bank Panin Syariah, bank ini dikenal sebagai lembaga keuangan Bank Harta dengan kantor pusat di Semarang.

Bank Panin Syariah memang agak berbeda dengan lainnya, karena hanya memiliki aset dan nasabah yang kecil. Untuk mendapatkan kantor cabang Bank Panin Syariah, terbilang cukup sulit karena hanya memiliki beberapa cabang saja dan hanya dikota-kota saja.

9. Bank BTPN Syariah

Bank BTPN Syariah

Bank BTPN Syariah merupakan anak dari bank BTPN yang memiliki saham sebesar 12% dan menjadi bank syariah ke 12 di Indonesia. Bank BTPN Syariah memiliki visi tujuan mensejahterakan dengan menyediakan jasa keuangan kepada masyarakat terpencil yang belum terjangkau segmen pra sejahtera.

BTPN Syariah dibentuk dari salah satu konversi PT Bank Sahabat Purba Danarta (Bank Sahabat) yang berpusat di Semarang, kemudian menjadi bank Syariah dan dilanjutkan menjadi spin off unit Usaha Syariah BTPN ke Bank Syariah sampai saat ini.

10. Bank BJB Syariah

Bank BJB Syariah

Bank BJB Syariah, menjadi kategori bank syariah terbaik kesepeluh dan bank ini telah berdiri pada tahun 2010. Bank BJB merupakan pemisahan induk perusahaan yang setelah beberapa tahun menjadi USS.

Seluruh produk atau pelayanan yang diberikan ke nasabah dalam bentuk pendanaan dan pembiayaan. Bank BJB menawarkan prinsip jual beli dan bagi hasil atau dapat disebut sebagai (Murababah) demi mempermudah nasabahnya.

Selain bank syariah terbaik di atas, masih banyak lagi bank syarian lainnya yang bisa kalian pilih untuk menabung, investasi, deposito, kpr, hingga tabungan haji. Semua bank sebenarnya sama baiknya. Yang membedakan adalah pelayanan yang diberikan ke pada setiap nasabah. Nah untuk mengetahui daftar bank syariah terbaik lainnya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Bank BTN Syariah
  2. Bank Bukopin Syariah
  3. Bank Sinarmas Syariah
  4. Bank Aceh Syariah
  5. Bank Jateng Syariah
  6. Bank Kaltim Syariah
  7. Bank Bumiputera Syariah

Dengan menabung dan berinvestasi di bank syariah, maka kita bisa terhindar dari riba. Namun riba atau tidaknya tergantung dari sang pecinta. Kita hanya bisa berusaha sebaik mungkin agar terhindar dari yang namanya dosa.

Baca Juga Informasi Lainnya
Bank Terbaik Di Indonesia Bunga Deposito BCA
Cara Blokir ATM BCA Cara Transfer Lewat M-Banking BCA

Di atas merupakan sepuluh urutan bank Syariah terbaik di Indonesia. Masih banyak informasi yang belum kami sampaikan dalam ulasan viralororchad.com di atas, tetapi saya berharap tulisan di atas dapat menambah pengatahuan serta mewakili perasaan anda yang belum tahu mengenai urutan bank syariah terbaik di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *