Cara Cek Saldo SMS Banking BCA
Perbankan

5 Cara Cek Saldo SMS Banking BCA : Biaya & Format SMS

Cara Cek Saldo SMS Banking BCA – Sistem pelayanan transaksi di perbankan sewaktu-waktu terus mengalami kemajuan. Tidak hanya kartu ATM atau debit dan buku tabungan saja yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Namun kali ini, bank-bank di Indonesia baik konvensional hingga syariah memiliki kemajuan fitur pelayanan yang cukup pesat. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi.

SMS Banking menjadi salah satu fitur pelayanan terbaru di dunia perbankan. Melalui SMS Banking, nasabah bank dapat melalukan berbagai transaksi seperti dengan kartu ATM yakni pengecekan saldo rekening yang sering kali dilakukan nasabah sebelum melakukan transaksi lainnya.

Banyak nasabah yang memanfaatkan transaksi cek saldo rekening sebelum melakukan transaksi selanjutnya, dengan tujuan memperlancar proses transaksi atau menghindari kendala kekurangan saldi. Nah, untuk proses transaksi melalui SMS Banking seperti cek saldo rekening ini hanya dilakukan melalui format pesan di handphone.

Tentu saja fitur pelayanan ini cukup membantu, karena dapat dilakukan kapan saja dan di manapun tanpa harus menunggu jam kerja kantor atau mendatangi gerai ATM. Tidak hanya itu, proses pelayanan SMS Banking juga dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat, kurang lebih 3 menit maka semua transaksi dapat terselesaikan.

Untuk melakukan transaksi cek saldo melalui SMS Banking, anda dapat menggunakannya di bank BCA. Namun, para nasabah bank BCA harus mendaftarkan SMS Banking terlebih dahulu.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur SMS Banking serta cara transaksi cek saldo, silahkan simak sedikit informasi viralorchard.com di bawah ini:

Tutorial Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

Sebelum membahas mengenai cara cek saldo BCA lewat SMS, mari kita terlebih dahulu mengetahui apa saja keuntungan menggunakan SMS Banking dibanding layanan perbankan lainnya seperti Mobile Banking dan Internet Banking BCA.

  • Bagi pengguna GSM dapat mengakses pelayanan SMS Banking
  • Segala perintah serta jawaban transaksi berupa SMS dapat di simpan di handphone pengguna
  • Pengguna SMS Banking dapat melakukan transaksi di mana dan kapan saja
  • Transaksi akan berjalan dengan nyaman dan cepat, karena pengguna tidak perlu mengantri di gerai ATM BCA.

Cara Mengaktifkan SMS Banking

Agar bisa menggunakan SMS Banking BCA untuk cek saldo, anda harus terlebih dahulu mendaftar di ATM. Cara mendaftarnya sangat mudah, dan bagi yang belum mengetahui caranya silahkan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Silahkan datangi gerai ATM terdekat
  2. Silahkan masukkan kartu ATM ke dalam slot kartu, pastikan posisi kartu benar
  3. Silahkan pilih bahasa transaksi. Terdapat dua bahasa transkasi yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan transaksi, maka pilihlah bahasa Indonesia
  4. Silahkan masukkan PIN ATM yang terdiri dari enam digit angka. Pastikan tidak salah memasukkan kartu ATM hingga tiga kali secara berurutan untuk menghindari terblokirnya kartu oleh sistem
  5. Silahkan pilih menu “Daftar e-Banking” dan dilanjutkan dengan memilih menu “SMS BCA”
  6. Terdapat informasi bahwa anda harus memasukkan nomor handphone milik sendiri serta setuju mengenai syarat dan ketentuan SMS Banking. Jika setuju, silahkan pilih menu “YA”
  7. Silahkan masukkan nomor handphone yang masih aktif dan jika sudah, maka pilih menu “Benar”
  8. Silahkan buat kode akses yang nantinya akan digunakan setiap kali transaksi, kemudian dilanjutkan dengan memilih menu “Benar”
  9. Anda akan ditampilkan mengenai keyakinan nomor handphone milik anda. Jika yakin dan sudah benar, maka pilihlah menu “YA’
  10. Silahkan tunggu hingga proses transaksi pendaftaran SMS Banking dilakukan. Jika berhasil, maka slot print akan mengeluarkan struk sebagai bukti pendaftaran dan pelayanan SMS Banking dapat dilakukan saat itu juga.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai syarat dan cara pendaftaran SMS Banking, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Daftar SMS Banking BCA“. Nah setelah layanan tersebut aktif, maka anda bisa cek saldo BCA lewat SMS Banking. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

Cara Cek Saldo SMS Banking BCA

Setelah nasabah bank BCA berhasil bergabung dengan fitur pelayanan SMS Banking, maka transaksi cek saldo sudah bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan nyaman. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Pastikan nomor handphone sudah terdaftar SMS Banking BCA.
  2. Berikutnya, silahkan buku aplikasi pesan yang terdapat di handphone atau smartphone yang anda miliki.
  3. Silahkan tulis format sms cek saldo SMS, dengan mengetikan “SALDO <spasi>Kode Akses. Contohnya: SALDO 1234
    Format Cek Saldo SMS Banking BCA
  4. Kemudian kirimkan format SMS tersebut ke nomor 69888
    Nomor Cek Saldo SMS Banking BCA
  5. Setelah itu anda akan menerima balasan SMS dari 69888 yang berisi total saldo yang tersimpan di rekening.

Menariknya, cara cek saldo SMS Banking BCA yang kami sampaikan di atas bisa dilakukan di semua tipe hp dan smartphone tanpa perlu koneksi internet. Inilah yang membedakan SMS Banking dengan mobile banking serta internet banking sehingga nasabah bank BCA bisa bertransaksi di mana dan kapan saja.

Bagi yang penasaran ingin mengetahui cara cek saldo rekening BCA lewat Internet Banking dan Mobile Banking silahkan simak informasi sebelumnya mengenai “Cara Cek Saldo BCA Lewat Hp“. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, apakah cek saldo BCA lewat sms dikenakan biaya?

Biaya Cek Saldo BCA Lewat SMS

Sayangnya pengecekan saldo BCA lewat SMS tidaklah gratis. Setiap transaksi akan dikenakan biaya untuk SMS yang dikirim dan SMS yang diterima dengan tarif sesuai operator yang digunakan. Adapun biayanya adalah sekitar Rp. 500 Rp. 1.670 per tranaksi.

Apabila ingin cek saldo secara gratis maka lebih baik menggunakan Mobile Banking BCA. Namun agar bisa cek saldo BCA menggunakan mobile banking BCA anda harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan tersebut. 

Masih banyak nasabah bank BCA yang belum mengaktifkan layanan mobile banking. Mungkin anda salah satunya, dan untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan layanan tersebut, silahkan simak informasi “Cara Daftar Mobile Banking BCA“.

Kesimpulan

Dengan adanya layanan SMS Banking BCA maka nasabah bisa mengecek saldo lewat hp di mana saja dan kapan saja. Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara cek saldo SMS Banking BCA silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Cek Saldo BCA Lewat SMS Dikenakan Biaya?

Yah, setiap transaksi akan dikenakan biaya sms yang dikirim dan SMS yang diterima

Berapa Biaya Cek Saldo SMS Banking BCA?

Tarif cek saldo BCA lewat SMS tergantung dari operator yang digunakan.

Mengapa Cek Saldo Lewat SMS Gagal?

Sebelum cek saldo pastikan telah mengaktifkan layanan SMS Banking dan pulsa mencukupi untuk mengirimkan dan menerima SMS.

Apa Format Cek Saldo BCA Lewat SMS?

Formatnya adalah SALDO<spasi>Kode Ases, kemudian kirimkan ke nomor 69888

Apa Itu Kode Akses SMS Banking BCA?

Kode Akses merupakan kode yang dibuat saat mendaftar SMS Banking BCA di ATM.

Demikianlah informasi cara cek saldo BCA lewat SMS yang kami lansir dari situs resmi BCA. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah Bank BCA yang ingin mengecek saldo secara mudah tanpa perlu ke ATM ataupun kantor cabang. Simak pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia perbankan di Indonesia.

Hanya seorang wanita biasa yang suka menulis dan haus akan informasi terbaru. Semoga artikel viralorchard yang saya tulis bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *